x

Antusiasme anak-anak dalam praktik pembelajaran pawon urip

Iklan

Nur Atiqqoh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Februari 2022

Sabtu, 12 Februari 2022 08:28 WIB

Dampingi PAUD KB Mawar, KKN Unej Peduli Semeru Tingkatkan Literasi Pawon Urip


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lumajang – Istilah Pawon Urip sudah tidak asing lagi khususnya bagi masyarakat Lumajang, melainkan kegiatan tersebut menjadi program unggulan dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang yang di ketuai langsung oleh Ny. Musfarin Thoriq. Tanaman Pawon Urip ini antara lain sayur- sayuran, dan bumbu dapur atau rempah-rempah, dengan memamfaatkan lahan kosong di halaman rumah. Pawon Urip ini bertujuan untuk ketahanan pangan dan gizi keluarga pada masyarakat Lumajang.

Melihat hal tersebut Mahasiswa KKN Kolaboratif Peduli Semeru Universitas Jember Kelompok 11 dibawah bimbingan bapak dr. Yudha Nurdian selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) melakukan kegiatan peraktik menanam Pawon Urip bersama anak-anak PAUD KB Mawar dengan tujuan meningkatkan literasi tentang Pawon Urip di halaman PAUD KB Mawar Desa Penanggal.

Kegitan tersebut pertama mahasiswa KKN kelompok 11 Universitas Jember, menjelaskan nama-nama sayuran yang akan ditanam di polybag,disini tanaman yang akan ditanam di polybag berjumlah 5 jenis tanaman yakni tanaman tomat, cabai, terong, sawi putih, dan gubis. Anak-anak sendiri diberitahu bagaimana manfaat dalam makan sayur-sayuran agar dari anak- anak PAUD KB Mawar dalam menalankan kehidupan sehari-hari dapat hidup sehat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemudian anak-anak PAUD KB Mawar di bariskan dihalaman,pertama-tama yang dilakukan yakni dengan mengasih arahan tata cara menanam dari jenis tanaman yang dipersiapkan oleh teman-teman KKN 11 Unej. Terdapat 35 tanaman dari kelima jenis tanaman yang telah dipersiapkan.

Setelah diberi pengarahan maka langsung setiap 1 anak menanam 1 tanaman yang sudah dipersiapkan,setiap tanaman sendiri sudah persiapkan polybag dan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk sehingga nantinya tanaman yang telah ditanam dapat tumbuh dengan baik. Dan Harapan dari kegiatan peraktik literasi Pawon Urip ini dapat mengajarkan anak-anak dalam menanam tanaman pada kegiatan sehari-hari.

Kegiatan tersebut sangat disambut baik oleh guru-guru serta wali murid PAUD KB Mawar, dengan harapan agar kegiatan tersebut dapat memberikan pelajaran serta pemahaman mengenai peraktik literasi Pawon Urip dan juga memberikan pengalaman yang baru bagi anak- anak PAUD KB Mawar.

Ikuti tulisan menarik Nur Atiqqoh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu