x

Solar Water Heater

Iklan

Ivan Eka Putra Lukman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2021

Senin, 14 Februari 2022 15:24 WIB

Cara Kerja Solar Water Heater

Mari ketahui bagaimana cara kerja solar water heater yang dapat menghasilkan air panas dengan menggunakan energi matahari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solar water heater merupakan salah satu inovasi yang berbasis energi terbarukan yang memanfaatkan panas matahari sebagai energi utamanya. Pemanfaatan energi matahari pada solar water heater ini yang nantinya akan menghasilkan air panas.

Berbagai inovasi yang dilakukan untuk mendapatkan air panas secara instan telah terjadi dari tahun ke tahun. Jika dahulu orang memasak air terlebih dahulu untuk mendapat air panas, sekarang tugas tersebut menjadi lebih mudah dengan kehadiran water heater.

Salah satu metode terbaru dari water heater adalah dengan memanfaatkan energi matahari yang kemudian dikonversi menjadi air hangat. Inilah yang disebut dengan solar water heater.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu, bagaimana cara kerja solar water heater? Mari simak penjelasan di bawah ini!

Cara Kerja Solar Water Heater

Berbicara mengenai solar, tentu saja membuat pikiran Anda tertuju pada matahari. Tapi apakah Anda tahu bagaimana prinsip kerja antara matahari dengan alat dan sistem yang terjadi pada satu alat bernama Solar Water Heater ini?

Pada umumnya, panas matahari yang didapat memang digunakan untuk memanaskan air yang memiliki suhu rendah yang akan dinaikan ke suhu yang lebih tinggi. Yang nantinya akan digunakan untuk keperluan rumah tinggal dan komersial.

Panel Kolektor

Pada Solar Water Heater akan selalu ada panel kolektor sebagai alat untuk menyerap panas matahari. Panel kolektor ini pada umumnya memiliki lapisan kaca tempered dan alur tembaga di dalamnya yang berfungsi sebagai penghantar panas. Dan juga memiliki ruang untuk berlangsungnya proses pemanasan air.

Tangki Penyimpanan

Setelah matahari terserap atau dikumpulkan oleh panel kolektor, selanjutnya masuk pada alur tangki penyimpanan.

Tangki penyimpanan memiliki peran penting dalam menyimpan air panas yang telah dipanaskan secara langsung pada panel kolektor. Di dalam tangki terdapat material tambahan sebagai alat anti korosi agar tangki tidak mudah bocor.

Thermosyphone System

Sistem yang terjadi untuk memproses air baku menjadi air panas yang terjadi adalah dengan sistem thermosyphone.

Mungkin Anda sudah tahu, bahwa massa jenis air panas memiliki massa yang lebih ringan dibandingkan dengan air baku. Terjadinya proses ini dapat berlangsung sempurna jika air yang akan diproses telah terisi secara penuh pada bagian tangki dan panel kolektor. Sehingga, air yang ada di dalam panel kolektor sudah panas bisa naik ke atas tangki, dan air yang ada di dalam tangki yang masih memiliki suhu rendah bisa turun ke panel kolektor untuk dipanaskan secara langsung oleh panas matahari.

Beberapa merek water heater yang menggunakan sistem solar seperti Solahart, Wika dan Rheem. Brand-brand tersebut mengusung solar water heater yang digadang-gadang lebih ramah lingkungan, ketimbang water heater konvensional yang menggunakan energi listrik ataupun gas.

 

Ikuti tulisan menarik Ivan Eka Putra Lukman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB