x

Praktik literasi MERAK BERLIPSTIK (mengajak rakyat bersihkan limbah plastik) PAUD KB Mawar

Iklan

Nur Atiqqoh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Februari 2022

Rabu, 16 Februari 2022 12:21 WIB

Asuh Bocil Paud KB Mawar, KKN Unej Peduli Semeru Asah Literasi Merak Berlipsitik


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lumajang – Perogram rakyat bersih sampah plastik ini juga program inisiasi dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang yang di ketuai langsung oleh Ny. Musfarin Thoriq. Perogram ini kelanjutan dari tanaman Pawon Urip yang dikembangkan di lumajang

Melihat hal tersebut Mahasiswa KKN Kolaboratif Peduli Semeru Universitas Jember kelompok 11 dibawah bimbingan bapak dr. Yudha Nurdian selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) melakukan kegiatan praktik Merak Berlipstik (Mengajak Rakyat Bersihkan Limbah Plastik) bersama anak-anak PAUD KB Mawar dengan tujuan meningkatkan kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya di lingkungan PAUD KB Mawar Desa Penanggal.

Pada kegiatan pertama anak-anak diasah kreativitasnya dengan cara mengelola sampah botol plastik menjadi tempat pensil yang menarik, dengan bermodalkan botol plastik, kertas origami, gunting dan lem, anak-anak paud kb mawar membuat tempat pensil yang sangat unik unik sekali.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemudian pada kegiatan selanjutnya mahasiswa KKN kelompok 11 Universitas Jember, menyiapkan  2 buah tempat sampah yang bertulis sampah organik dan sampah anorganik, setelah itu menjelaskan kepada anak-anak paud kb mawar mengenai perbedaan dari sampah organik dan anorganik, kemudian anak anak secara langsung praktik dengan membawa sampah yang ada di sekitar mereka kemudian membuangnya pada tempat sampah dari organik dan anorganik yang telah disiapkan.

Dan Harapan dari kegiatan praktik literasi Merak berlipstik ini dapat mengajarkan anak-anak dalam mengelolah sampah dan dapat memilah sampah dengan benar sesuai dengan tempat sampah yang telah ditetapkan.

Kegiatan tersebut sangat disambut baik oleh guru-guru serta wali murid PAUD KB Mawar, dengan harapan agar kegiatan tersebut dapat memberikan pelajaran serta pemahaman mengenai pengelolahan sampah dan juga memberikan pengalaman yang baru bagi anak-anak PAUD KB Mawar.

Ikuti tulisan menarik Nur Atiqqoh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu