x

Mahasiswa KKN UNEJ mendampingi pembuatan marketplace di facebook

Iklan

Siva Putri Setyaningtias

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Januari 2022

Jumat, 18 Februari 2022 16:55 WIB

KKN Unej Peduli Semeru Dampingi Digitalisasi Pemasaran Telasih Bik Resti


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pemasaran sangat penting bagi semua bisnis, tidak memandang bisnis tersebut  besar maupun kecil. Apabila dalam suatu bisnis tidak adanya pemasaran, maka konsumen tidak akan mengetahui tentang sebuah produk yang dihasilkan dari bisnis tersebut dan membuat penjualannya menjadi rendah. Salah satunya adalah bisnis telur asin, bisnis ini akan berkembang dan terkenal apabila dapat dipasarkan secara luas.

Produksi dan penjualan UMKM telur asin di Dusun Rekasan Timur desa Penanggal Kec. Candipuro Kab. Lumajang ini yang sudah berjalan usahanya hanya 1 saja yaitu Bapak Gito dan setelah diadakan nya sosialisasi mengenai bisnis telur asin terdapat 3 peternak bebek yang berminat untuk menjalankan bisnis telur asin, akan tetapi kendala yang mereka hadapi adalah masih belum maksimal dalam pemasaran nya, padahal terdapat banyaknya pedagang konvensional yang ada di Kabupaten Lumajang menyebabkan persaingan semakin ketat. Sehingga pembisnis telur asin yang kurang terkenal akan tersisih. Dengan model pemasaran online diharapkan dapat menambah penghasilan mereka dengan memajang harga yang bersaing.

Pada segi strategi, banyak yang bisa kita lakukan seperti untuk pemasaran produk telur asin dapat kita lakukan secara digital, membuat label sendiri untuk produk telur asin yang menarik, beri kombinasi produk telur asin lain dari yang lain agar pembeli tertarik untuk memilih produk kita dan masih banyak lagi yg dapat kita lakukan secara digital. Pemasaran Telur Asin bisa dikatakan belum maksimal terutama pemasaran nya yang hanya dilakukan secara offline. Padahal dengan banyaknya pesaing usaha telur asin menjadi sesuatu yang penting bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produk nya melalui platform online agar terjangkau lebih luas lagi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh karena itu mahasiswa KKN Kolaboratif Peduli Semeru Universitas Jember Kelompok 11 didampingi Dosen Pembimbing Lapangan yaitu dr. Yudha Nurdian, M.Kes, berinisiatif melakukan pendampingan terhadap UMKM dan yang baru berminat dalam bisnis telur asin. Pendampingan ini meliputi pemberian contoh kemasan, poster produk yang lebih menarik serta minim biyaya pembuatan, mendampingi dalam pengambilan gambar produk agar terlihat  lebih bagus, dan mendampingi dalam pemasaran produk Telur Asin melalui media sosial. Kegiatan ini bertema PICU HOKI, KKN UNEJ PEDULI SEMERU DAMPINGI DIGITALISASI PEMASARAN TELASIH BIK RESTI (Telur Asin Gurih Bikinan Rekasan Timur).

 

Tahap awal yang dilakukan yaitu melakukan kunjungan ke UMKM dan para peternak bebek yang berminat dalam usaha Teur asin untuk mensosialisasikan digital marketing yang di mulai pada tanggal 12 Februari 2022.  Selanjutnya di lakukan pengambilan gambar produk Telur Asin yang akan dipajang/ di promosikan di media sosial. Digital marketing di lakukan di media sosial serta online shop seperti Facebook, WhatsApp Busines, dan Google Bisnisku. Kami juga memberikan desain poster yang sudah jadi kepada mereka agar dapat di gunakan pada saat pemasaran secara offline serta kami juga membantu menyebarkan poster tersebut ke market terdekat seperti catring dan warung makan. Langkah terakhir yaitu apabila para UMKM yang baru berminat sudah melakukan produksi telur asin kami akan membuatkan google bisnisku sekaligus mengedukasi cara penggunaanya.

Kegiatan ini di apresiasi dengan baik oleh pemilik UMKM dan peternak bebek tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dan selalu memantau situasi dan kondisi sekitar ketika pendampingan. Dengan diadakannya kegiatan ini kami berharap dengan adanya platform digital marketing ini dapat membuat Telur Asin buatan dusun rekasan timur ini lebih di kenal luas serta dapat memaksimalkan penjualannya.

 

 

Ikuti tulisan menarik Siva Putri Setyaningtias lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler