x

Iklan

Tyas Rika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Januari 2022

Senin, 21 Februari 2022 10:15 WIB

Resep Super MPASI Berbasis Pangan Lokal ala KKN Unej Peduli Semeru


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Candipuro - Mahasiswa KKN Kolaboratif Peduli Semeru Universitas Jember (Unej) 2022 Grup 11 dibawah bimbingan bapak dr. Yudha Nurdian selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) menggelar praktik literasi membuat MPASI  berbahan dasar ubi ungu. Acara ini dihadiri para remaja putri Dusun Rekesan Timur dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan itu digelar di rumah Sujono, Dusun Rekesan Timur, RT 05 RW 05, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin, (3/2/2022) lalu. Tujuan diadakannya praktik ini adalah agar remaja putri Dusun Rekesan Timur mengetahui manfaat dari ubi,serta sadar gizi dan paham apa itu MPASI.

MPASI merupakan makanan pedamping ASI yang mulai diberikan saat anak berusia 6 bulan. Makanan pendamping ASI adalah makanan yang diberikan kepada anak bersamaan dengan ASI, makanan sapihan ini bersifat melengkapi ASI dan tidak menggantikan fungsi ASI. ASI tetap merupakan sumber energi, protein, serta mikronutrien bagi bayi, sehingga selain ASI harus tetap diberikan sampai usia 2 tahun sebaiknnya bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI mulai 4-6 bulan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Masa Penyapihan merupakan suatu proses dimana seorang bayi secara perlahan memulai makan makanan keluarga atau makanan dewasa, dan secara bertahap, bayi akan semakin kurang tergantung ASI. 

 

Ubi ungu merupakan sumber karbohidrat yang baik yang dapat dijadikan alternatif makanan pendamping ASI (MPASI). Ubi ungu mengandung vitamin B6, vitamin C,  dan kalium yang baik mendukung tumbuh kembang bayi. Vitamin B6 bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak anak, vitamin C dapat membantu memperkuat pembuluh darah anak, dan kalium berguna untuk menjaga kesehatan jantung si kecil. Ubi ungu juga sebagai antioksidan yang membantu membangun sistem imun dan mencegah bayi mudah sakit. 

Mahasiswa KKN Kolaboratif Peduli Semeru Universitas Jember (Unej) 2022 Grup 11 memperkenalkan sekaligus praktik bersama remaja putri Dusun Rekesan Timur. Grup 11 menjelaskan tentang bagaimana cara membuat MPASI  “Es Krim Ubi Ungu”.

 

postr

Ikuti tulisan menarik Tyas Rika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler