x

Foto di subuh hari

Iklan

News BM3

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Maret 2022

Kamis, 3 Maret 2022 16:03 WIB

Subuh dan Keutamaan Mereka yang Terjaga Lebih Awal

Maka berbahagialah mereka yang memiliki kebiasan bangun subuh dan bersedekah sesudahnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menikmati secangkir kopi dan duduk menghadap matahari senja yang jingga kemerahan lalu ditemani dengan rangkaian puisi. Begitulah kira-kira trend masa kini yang kerap disebut anak indie. Tapi pernahkah kamu berfikir untuk menikmati waktu lebih syahdu adalah di subuh hari. Melebihi puisi maupun secangkir kopi.

            Namun sayangnya masih banyak dari kita yang masih kesulitan dalam bangun subuh atau belum dapat membiasakan diri untuk bangun lebih pagi. Padahal manfaat bangun pagi begitu berdampak baik untuk kehidupan kita yang dapat dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

            Siapa sih yang tidak menginginkan tubuh yang bugar dan pikiran yang segar? Maka dengan membiasakan diri untuk bangun subuh hal tersebut menjadi tidak mustahil untuk kita miliki. Berikut ini kita akan membahas manfaat bangun subuh yang dapat kita rasakan secara langsung maupun tidak langsung sebagai pilihan membangun kebiasan positif dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Waktu Persiapan Aktivitas Harian
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bangun subuh akan membuat kita memulai aktivitas dengan persiapan yang lebih baik sehingga akan membuat kita mengawali hari dengan perasaan positif. Bangun subuh akan memberikan kita banyak waktu untuk merencanakan segala kebutuhan maupun segala bentuk tindakan seharian penuh.

Persiapan adalah hal yang begitu penting dan tidak bisa dianggap sepele. Tentu kita tidak ingin melewati hari yang berantakan karena tidak dapat mempersiapkan aktivitas tersebut sebaik mungkin.

  1. Hati Yang Lebih Bahagia

Secara tidak langsung jika kita mengawali hari dengan tenang dan waktu yang cukup luang tanpa tergesa-gesa yang dapat membuat perasaan menjadi kacau. Suasana pagi yang begitu tenang dengan udara segar dan kicauan burung yang terdengar harmoni. Lengkap sudah bangun subuh adalah waktu yang kita butuhkan dari segala rutinitas seharian yang melelahkan.

  1. Memiliki Tubuh Lebih Sehat Dan Bugar

Jika kita dapat mengatur ulang waktu istirahat dengan baik dan mengembalikan kebiasaan bangun lebih pagi. Maka kita akan merasakan dampak yang positif untuk fisik. Tubuh akan terasa lebih bugar saat kita bangun subuh karena lebih menyegarkan dengan menghirup udara yang masih bersih sejuk. Bangun subuh akan membuat tubuh kita rileks sehingga lebih bersemangat menjalani hari.

Orang yang bangun subuh juga dapat memanfaatkan waktunya dengan berolahraga ringan dan peregangan otot yang kaku. Seperti jogging keliling komplek, senam yoga, dan olahraga ringan lainnya sebelum memulai aktivitas seharian.

  1. Membuat Kesehatan Ruhiyah Lebih Baik.

Tentu subuh adalah waktu yang sangat istimewa untuk menunaikan ibadah sholat subuh bukannya malah dijamak dengan sholat duha. Hal tersebut akan bermanfaat untuk pikiran serta hati kita. Bangun subuh tidak akan menghadirkan pikiran serta perasaan khawatir yang tidak sehat lainnya untuk mentalitas ruhiyah kita. Sebab bangun subuh akan membantu kita dalam memenajemen akitivitas seharian penuh.

  1. Mengutip Rezeki di Subuh Hari

Pasti kita pernah mendengar pepatah mengatakan “ Bangun siang rezeki dipatok ayam”. Pepatah tersebut dapat dikatakan benar meskipun tidak bisa diartikan secara harfiah. Banyak hasil studi menenjukan bahwa bangun lebih pagi dapat berdampak pada kesuksesan seseorang meskipun tidak terlepas dari kapasitas dan kepribadian orang tersebut.

Hal ini kemudian dikaitkan dengan kemampuan seseorang dalam memanajemen aktivitas lebih baik dibandingkan dengan orang yang bangun lebih siang. Sehingga orang yang bangun subuh memiliki potensi waktu lebih produktif sehingga memberikan kesempatan lebih besar untuk menjadi sukses.

Kemudian yang paling menentukan dari pada itu adalah ketika kita bangun subuh adalah kita dapat kesempatan yang luar biasa yaitu dengan bersedakah subuh. Tentu khasiat sedakah subuh tidak pantas untuk kita ragukan lagi. Ketika kita bersedakah subuh terdapat dua malaikat yang datang mendoakan kita, orang beruntung mana yang dapat tamu dua malaikat di subuh hari dan didoakan pula. Dikabulkan permintaannya melalui doa yang dipanjatkan. Serta menjadikan harta lebih berkah.

Tapi bagaimana yang ingin bersedekah bukannya sholat subuh tidak menjalankan kotak infaq seperti sholat Jum’at? Tenang, kamu dapat menyalurkan infaqmu di lembaga amil zakat Baitul Maal Merapi Merbabu (BM3) dan akan dipergunakan untuk perbaikan umat dan orang-orang yang lebih membutuhkan. Sila kunjungi sosial media BM3. Maka berbahagialah mereka yang memiliki kebiasan bangun subuh dan bersedekah sesudahnya.

Ikuti tulisan menarik News BM3 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler