x

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder di sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat 18 Maret 2022. (Foto: Tempo.co)

Iklan

Indra DP

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Februari 2022

Sabtu, 19 Maret 2022 10:04 WIB

Dukung MotoGP Mandalika, Ini Berbagai Infrastruktur TIK Selama Penyelenggaraannya

Ajang balap motor bergengsi MotoGP Mandalika mendapatkan dukung penuh dari berbagai aspek, terutama dukungan berbagai infrastruktur teknologi dan telekomunikasi guna menyukseskan seri perdana MotoGP di Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia Tourism Development Corporation Group (ITDC Group) menjalin kerjasama dengan Telkom untuk membangun infrastruktur teknologi dan telekomunikasi di sekitar kawasan acara penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

Adapun upaya peningkatan infrastruktur teknologi dan telekomunikasi ini antara lain mewujudkan digitalisasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang andal dan terintegrasi serta dapat meningkatkan pelayanan kepada para pelaku usaha di Kawasan Mandalika.

Selain itu, upaya peningkatan infrastruktur teknologi dan telekomunikasi juga mendukung kemeriahan ajang MotoGP di Mandalika, seperti diantaranya memproduksi segala pemberitaan, bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mendorong media media massa utama, dan media sosial memberitakan perhelatan MotoGP Mandalika. Dengan begitu, masyarakat akan dengan mudah mendapat akses informasi dan komunikasi terkait gelaran MotoGP Mandalika.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seri kedua dari MotoGP 2022 yang memiliki nama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia ini akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rangkaian balapan MotoGP Mandalika 2022 sendiri dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai pada Jumat (18/3/2022) dengan sesi latihan bebas pertama berlangsung mulai pukul 8.00 WIB. Berlanjut ke latihan bebas kedua yang digelar pukul 12.15 WIB pada hari yang sama.

Selanjutnya, pada hari Sabtu (19/3/2022) akan digelar latihan bebas ketiga yang berlangsung pada pukul 8.00 WIB. Lalu berlanjut kualifikasi pertama yang berlangsung siang hari pukul 14.05 WIB dan dilanjutkan kualifikasi kedua pukul 11.35 WIB.

Puncak race kelas premier Pertamina Grand Prix of Indonesia akan hari Minggu (20/3) pukul 14.00 WIB. Sebanyak 27 lap balapan akan ditempuh oleh 24 rider di lintasan sirkuit sepanjang 4,31 KM ini.

Nah, apa saja yang dihasilkan dari kerjasama antara ITDC Grup ini dengan PT. Telkom untuk menyukseskan event dunia MotoGP Mandalika ini? Berikut ringkasannya:

Peningkatan Layanan Konektivitas

Telkom sukses melakukan penyelenggaraan jaringan, diantaranya ekspansi backbone, pemasangan fiber optic, hingga penambahan Node B Combat Telkomsel sebesar 7.22 Gbps yang khusus diprioritaskan di area MASIV (Media, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue) dengan layanan yang terintegrasi meliputi View, Internet, dan Phone (VIP).

Selain itu, Telkom juga menghadirkan 1.908 BTS Telkomsel yang telah tercover jaringan 5G, layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920 Mbps, serta layanan Wi-Fi Cepat melalui 125 Access Point berkapasitas 6 Gbps. 

Seluruh layanan tersebut tersebar di 6 area, meliputi paddock, race control, medical center, pit building, tv compound, hingga area tribun untuk penonton.

Penyediaan Sistem Monitoring 

Telkom menyiapkan sebanyak 4 Posko yang dilengkapi Mini Network Operation Center (Mini NOC) serta terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional.

Posko-posko tersebut berlokasi di Witel Mataram dan Mandalika dan dijaga oleh 400 petugas untuk pelayanan 24 jam guna memantau infrastruktur transportasi dan elemen network ICT services TelkomGroup.

Program Nonton Gratis MotoGP Mandalika Bersama IndiHome

Selain menyediakan berbagai infrastruktur TIK yang canggih, untuk memeriahkan gelaran MotoGP Mandalika, Telkom dengan layanan fixed broadband IndiHome Internet Stabil juga mengajak para pelanggan IndiHome menghadirkan program "Experience MotoGP Mandalika with IndiHome".

Melalui program tersebut, pelanggan IndiHome dapat berkesempatan nonton gratis MotoGP series 2022 secara langsung di sirkuit Mandalika. 

Adapun program ini khusus diberikan kepada High Value Customer (HVC) yang berdomisili di Nusa Tenggara Barat dengan kategori platinum untuk jangka waktu berlangganan minimum di bawah 3 tahun.

Untuk mengikuti program ini, pelanggan IndiHome cukup menukarkan satu poin myIndiHome dan Posting foto di media sosial Instagram, Facebook atau Twitter dengan caption yang menarik, serta tag akun @IndiHome menggunakan tagar #AktivitasTanpaBatas #MotoGPbarengIndiHome dan #InternetnyaIndonesia.

Pelanggan yang beruntung berkesempatan mendapatkan tiket gratis dari IndiHome untuk 50 orang dengan masing-masing pemenang mendapatkan 2 tiket, juga dapat berbagai merchandise eksklusif yang menarik.

Hadirnya kembali ajang MotoGP di Indonesia akan membuat sejarah baru. Meskipun demikian, Mandalika GP bukanlah seri pertama MotoGP yang digelar di Tanah Air. Ini karena sebelumnya 25 tahun yang lalu Indonesia sendiri pernah menjadi tuan rumah dalam ajang MotoGP yang digelar pada tanggal 26 hingga 28 September 1997 di Sentul International Circuit.

Juga dengan digelarnya kembali ajang MotoGP di  Indonesia dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sektor pariwisata terutama di kawasan sekitar lokasi Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ikuti tulisan menarik Indra DP lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler