x

Iklan

Kharisma Wulandari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Maret 2022

Sabtu, 26 Maret 2022 12:36 WIB

Beraksi di MotoGP Mandalika, Pawang Hujan Rara Istiati Wulandari Jadi Buah Bibir Masyarakat

Nama Rara Istiati Wulandari tak ayal menjadi buah bibir masyarakat net setelah aksinya melakukan ritual pengusiran hujan dipertontonkan di hadapan semua orang yang menonton ajang MotoGP Mandalika 2022.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

JAKARTA – Event balapan akbar MotoGP 2022 telah sukses digelar di Mandalika, Lombok pada Minggu (20/3/2022). Meskipun berakhir sukses, tak dapat dipungkiri bahwa acara ini menghadapi kendala saat hujan tiba-tiba mengguyur sirkuit sehingga pelaksanaan MotoGP harus ditunda beberapa menit. Pengelola pagelaran tersebut pun dengan sigap mengeluarkan Rara Istiati Wulandari untuk melakukan ritual pengusiran hujan. Hal ini sontak menjadi buah bibir masyarakat di jejaring sosial.

Berbagai tanggapan mulai bermunculan di media sosial. Mulai dari komentar negatif yang menganggap apa yang dilakukan oleh penyelenggara sama saja dengan mempercayai hal mistis yang bertentangan dengan hukum agama yang dianut oleh mayoritas masyarakat.

Meski cukup banyak komentar negatif yang bertebaran, jumlah komentar positif yang mendukung keputusan pengelola acara pun tak dapat dikatakan sedikit. Sebagian masyarakat beranggapan bahwa upaya tersebut merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan tradisi dan kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tak hanya tanggapan negatif dan positif, tanggapan bersifat edukatif pun turut muncul di jejaring sosial TikTok. Salah satunya adalah seorang content creator dengan nama akun @ar.dante12 yang menyuarakan pemikirannya bahwa penggunaan pawang hujan merupakan bentuk upaya gimmick marketing yang dilakukan oleh pengelola.

Pria bernama Dante tersebut menyimpulkan hal tersebut karena pengelola acara dengan sengaja menayangkan dan mengeluarkan Rara pada detik-detik terakhir hujan turun. Menurut Dante hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian penonton internasional sehingga terarik untuk mencari tahu mengenai Indonesia secara lebih dalam. Harapannya ialah untuk turut menarik wisatawan mancanegara di waktu mendatang.

Pemikiran tersebut pun telah mendapatkan lebih dari 1,5 juta likes dan 37.200 komentar. Salah satu komentar datang dari seorang dosen Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran yang juga merupakan seorang content creator TikTok, Ira Mirawati. Dalam komentarnya, Ira Mirawati menyetujui pemikiran yang disuarakan oleh Dante.

Ikuti tulisan menarik Kharisma Wulandari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

17 jam lalu

Terpopuler