Cara meningkatkan mutu pendidikan yang rendah
Pendidikan sebagai suatu sistem terbuka dan tidak terlepas dari masalah, baik dari masalah mikro dan makro, apa itu masalah mikro? Masalah mikro adalah masalah yang timbul dalam komponen komponen yang terdapat di dalam sebuah pendidikan sedangkan masalah makro adalah masalah yang muncul dalam pendidikan itu sebagai suatu sistem dengan sistem lainnya
Rendah nya kualitas pembelajaran merupakan permasalahan yang dihadapi sampai sekarang oleh bangsa indonesia, hal ini di karenakan oleh kurang nya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak bangsa terlebih lagi kurang nya peran serta dari pemerintahan akan meningkatkan kualitas dalam pembelajaran secara formal maupun non formal.
Salah satu permasalahan dalam pendidikan di indonesia juga terletak pada mutu pendidikan yang rendah, salah satu penyebab dari rendah nya mutu pendidikan bisa saja di sebabkan dari perspektif masyarakat secara umum. Yang dimana menuntut ilmu bukan sebagai kewajiban atau kesadaran diri yang merupakan bentuk kewajiban terhadap diri sendiri. Karena berguna untuk bekal untuk hidup kedepannya, sayang nya pada era sekarang kewajiban ini mulai bergeser di karenakan pendidikan digunakan untuk mengincar gelar dan mencari pangkat atau peringkat inilah salah satu yang membuat sebuah mutu dalam pendidikan menjadi menurun
Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan antara lain dengan data UNESCO tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala yang menunjukkan, bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999).
Rendahnya mutu pendidikan menghambat penyediaan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan, keahlian, dan keterampilan untuk memenuhi tuntutan pembangunan bangsa di berbagai macam bidang lain
semua permasalah pendidikan perlu di atasi, sehingga memerlukan cara yang tepat agar pendidikan di indonesia bisa lebih berkualitas lagi yang dapat menunjang tercapai nya tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang cerdas, terutama masalah pendidikan merupakan pilar permasalahan utama untuk pembangunan negara yang maju
sedikit tentang pendidikan adalah usaha yang sadar dan terencanakan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan dalam pengendalian diri, kepribadian yang baik,kecerdasan,akhlak yang mulia serta keterampilan didalam berbagai hal untuk menjalankan tugas apapun
cara mengukur pendidikan yang bermutu adalah dari kedudukan dalam ikut serta nya mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kebudayaan nasional, pendidikan yang berhasil membuat generasi muda cerdas, berkarakter, bermoral, dan berkepribadian yang baik itulah pendidikan yang bermutu
ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas dalam pendidikan seperti meningkatkan kualitas guru karena guru yang memiliki posisi yang lebih penting dapat membuat pengembangan potensi yang di bisa di miliki peserta didik, gurulah yang bisa memberikan dorongan terhadap pengembangan pada peserta didik nya dan memberikan ilmu yang bisa di telan oleh peserta didik apabila guru yang kurang bertanggung jawab atas tugasnya maka mutu dari sebuah pendidikan itu tidak bisa di kembangkan dan membuat para peserta didik mengikuti jalur guru tersebut dan tidak mempunyai pendidikan sama sekali
berikutnya ada peningkatan materi dalam mengajar di perlukan sebuah materi dan materi tersebut harus bisa di terima dan di pahami oleh pihak sebelah dan apabila dari materi tidak jelas atau tidak benar maka akan sulit untuk di terima dan membuat timbul nya banyak pertanyaan dan kebingungan dan kenapa pentingnya peningkatan materi adalah membuat luas nya akan pengetahuan bagi peserta didik dalam menjalankan segala hal dengan baik dan memberi potensi seluruh peserta didik dapat mengerjakan beberapa hal
peningkatan kualitas belajar juga bisa menggunakan beberapa metode seperti dalam pembelajaran tersebut menggunakan sebuah kompetisi dan lomba agar membuat seluruh peserta didik lebih giat untuk mengikuti pembelajaran dan selain membuat lomba ada juga memberikan hukuman dalam arti yang mendidik bukan memarahi pesesrta didik hukuman tersebut juga merupakan dari materi agar memperbaiki kesalahan yang bisa terulang
sering melakukan monitoring dan evaluasi gunanya monitoring dan evaluasi ini adalah memperhatikan kegiatan berjalan baik dan tidak ada nya kesalahan dan setelah itu mengevaluasi tentang kegiatan yang sudah terjadi atau terjalankan seperti memberikan masukan terhadap suatu kegiatan yang telah terjadi agar kedepan nya tidak terulang lagi
pemberian bantuan operasional juga penting apa itu pemberian bantuan operasional? Pemberian ini merupakan pemberian alat kelengkapan dalam menjalani pembelajaran agar peserta didik dapat lebih nyaman menjalani pembelajaran sering terjadi beberapa masalah dalam kelengkapan pembelajaran yang kurang membuat peserta didik kurang menikmati perlengkapan yang di berikan, apalagi pembelajaran sekarang dilakukan secara daring diperlukan setidak nya kuota untuk mengikuti pembelajaran secara online agar tidak mengurangi mutu pembelajaran
Agar pembelajaran dapat dilakukan selama pandemi maka di buat sebuah aplikasi yang dapat di akses oleh guru dan peserta didik yang membuat pembelajaran terus berjalan dan memberikan ilmu yang penting bagi peserta didik, ini sudah di konfirmasi oleh semua sekolah di lakukan secara daring maupun offline
Dengan ada nya aplikasi ini bisa membantu pembelajaran di saat pandemi seperti ini karena beberapa sekolah masih belum boleh melakukan pelajaran tatap muka untuk mencegah terjadi hal yang tidak di inginkan
referensi dari :
https://ditsmp.kemendikbud.go.id/mekanisme-peningkatan-pendidikan-di-tingkat-satuan-pendidikan
inovasi dan pengembangan produk
(Jovian Hermawan / 115190145)
Ikuti tulisan menarik Jovian Hermawan lainnya di sini.