Belajar Ngaji via Metaverse Pertama di Dunia - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KH. Ahmad Jamil mencoba ngaji di metavers

PPPA Daarul Quran

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Agustus 2020

Selasa, 29 Maret 2022 20:13 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Belajar Ngaji via Metaverse Pertama di Dunia

    Terbaru Laznas PPPA Daarul Quran meluncurkan model pembelajaran Al-Quran futuristik, yakni melalui metavers. Peresmian program tersebut dilaksanakan tepat pada milad ke-15 Laznas PPPA Daarul Quran, Selasa (29/3) di STMIK Antar Bangsa, Kota Tangerang. Dengan peluncuran ini maka Laznas PPPA Daarul Quran adalah pencetus pembelajaran Al-Quran pertama di dunia metaverse.

    Dibaca : 1.185 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sejak beberapa tahun terakhir istilah metaverse semakin santer terdengar di jagat dunia maya. Metaverse sendiri adalah bagian internet dari realitas virtual bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata dalam dunia internet tahap kedua. Metaverse digambarkan sebagai teknologi yang memungkin orang berkumpul dan berkomunikasi dengan masuk ke dunia virtual.

    Metaverse semakin dikenal setelah Facebook berganti nama menjadi Meta Platforms Inc., atau disingkat Meta. Sejak saat itu perkembangan metavers semakin gencar dan hingga saat ini banyak orang yang telah mengaksesnya.

    Pesatnya perkembangan teknologi ternyata dapat mempengaruhi model pendidikan menjadi lebih variatif. Seperti yang dilakukan oleh Laznas PPPA Daarul Qur'an. Metode pembelajaran Al-Qur'an yang selama ini dilaksanakan secara langsung antara asatidz dan santri telah dibuat lebih sederhana dengan hadirnya program Qur'an Call, di mana masyarakat dapat belajar Al-Qur'an menggunakan voice call dan video call.

    Terbaru Laznas PPPA Daarul Qur'an meluncurkan model pembelajaran Al-Qur'an futuristik, yakni melalui metavers. Peresmian program tersebut dilaksanakan tepat pada milad ke-15 Laznas PPPA Daarul Qur'an, Selasa (29/3) di STMIK Antar Bangsa, Kota Tangerang. Dengan peluncuran ini maka Laznas PPPA Daarul Qur'an adalah pencetus pembelajaran Al-Qur'an pertama di dunia metaverse.

    Direktur Utama Laznas PPPA Daarul Qur'an Abdul Ghofur berkata, "InsyaAllah, dengan izin Allah, tepat di milad ke-15 ini, kami juga akan meresmikan program terbaru yaitu pembelajaran Al-Qur'an pertama di dunia metavers, mohon doanya semoga semakin luas manfaatnya."

    Orang yang pertama kali mencoba pembelajaran Al-Qur'an melalui metavers adalah Pimpinan Direktorat Pendidikan Daarul Qur'an, KH. Ahmad Jamil. Ia berkesempatan untuk mencoba teknologi ini dengan menggunakan kacamata augmented reality, kacamata khusus untuk mengakses dunia metaverse.

    Melalui kacamata tersebut, KH. Ahmad Jamil dapat melihat santri yang sedang belajar Al-Qur'an dalam bentuk avatar. Mereka juga dapat berkomunikasi secara langsung dan bahkan berjabat tangan di dunia metaverse.

    Digambarkan, ruang metaverse untuk belajar Al-Qur'an tersebut layaknya ruangan belajar pada umumnya dengan meja, dinding, gadget dan Al-Qur'an. Para pengajar dan santri saling berhadapan menggunakan avatar mereka. Sedangkan audio dari lawan bicara di dunia metavers dapat didengar menggunakan earphone yang menyatu dengan kacamata augmented reality.

    "MasyaAllah, seperti kita masuk ke dalam dunia alam ghoib," ucap KH. Ahmad Jamil seraya tertawa.

    Ia menambahkan, dengan diluncurkannya program tersebut maka semakin memperjelas bahwa perjalanan Isra Mi'raj adalah nyata. "Dan sekarang semakin jelas, semakin terang, bahwa perjalanan Isra Mi'raj itu nyata, masyaAllah," katanya.

    Dalam kesempatan tersebut, KH. Ahmad Jamil juga sekaligus meresmikan program pembelajaran Al-Qur'an di dunia metavers. Harapannya terobosan ini dapat bermanfaat bagi perkembangan teknologi di dunia pendidikan Islam terutama Al-Qur'an. Terlebih dalam upaya melahirkan jutaan penghafal Al-Qur'an di Indonesia dan dunia. []

    Ikuti tulisan menarik PPPA Daarul Quran lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.