x

Iklan

Rakhmat Nur Ilmi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 1 April 2022 14:11 WIB

SMP Negeri 2 Punggelan Lantik Pramuka Garuda

Pelantikan Pramuka Garuda

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banjarnegara – Sebanyak 13 Pramuka Penggalang SMP Negeri 2 Punggelan resmi dilantik menjadi Pramuka Garuda pada Rabu (30/3). Prosesi uji dan pelantikan tersebut dihadiri oleh unsur Andalan Cabang, Andalan Ranting Pembina Gugusdepan, orang tua dan tokoh masyarakat setempat.

Joko Sulistiyono selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan, dalam sambutannya mengaku bangga dan bersyukur sebab untuk pertama kalinya Pramuka Penggalang di SMP Negeri 2 Punggelan mencapai tingkatan Garuda.

“Ini adalah momen bersejarah  bagi sekolah yang patut diapresiasi, karna untuk pertama kalinya kami memiliki Prarmuka Garuda. Mudah-mudahan ini dapat dijaga dan diteruskan ke angkatan-angkatan berikutnya. Anak-anakku semua, jadilah contoh, jadilah teladan untuk teman-temanmu sekalian,” ujarnya memberi semangat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Miskam Andalan Kwartir Cabang Banjarnegara mengatakan, pencapaian Pramuka Garuda tersebut menjadi tolak ukur baru proses pembinaan Pramuka di tingkat Gugusdepan.

“Kami betul-betul mengamati, Pramuka Garuda ini sekarang jadi suatu tolak ukur atau sebutlah capaian baru bagi Gugusdepan untuk membina peserta didik. Kuncinya itu sebenarnya ada di pembina Gudep, sehingga barangkali bisa kami katakan kalau pembinanya aktif dan semangat tidak menutup kemungkinan semua Gudep itu bisa melantik Pramuka Garuda,” tuturnya.

Sementara itu Arif Sugiyanto peserta pelantikan Pramuka Garuda mengaku senang dan merasa berkesan dapat menyelesaikan seluruh persyaratan dan uji Pramuka Garuda kendati selama pandemi kegiatan ekstra Pramuka tidak berjalan seperti biasa.

Sebagai infomasi tambahan seluruh persyaratan Pramuka Garuda dapat dilihat pada Keputusan Kwartir Nasional Nomor 038 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Ikuti tulisan menarik Rakhmat Nur Ilmi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu