Mahasiswa KKN MBKM Unej Peduli Penguatan PAUD di Desa Sukojember - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

kegiatan bersama tenaga kerja guru Paud dalam membantu kegiatan belajar mengajar

KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2022

Selasa, 19 April 2022 13:36 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN MBKM Unej Peduli Penguatan PAUD di Desa Sukojember

    Mahasiswa KKN MBKM UNEJ Peduli dalam menguatkan kegiatan yang ada di Sekolah/Paud di desa Sukojember

    Dibaca : 650 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sukojember, Jember- Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) MBKM Unej Membangun Desa (UMD) Universitas Jember minggu ke dua (2) diawali dengan kegiatan mahasiswa yang telah di siapkan  di desa masing-masing. KKN kelompok 7 diterjunkan ke Desa Sukojember, Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember.

    Sekolah/PAUD berada didusun krajan barat desa sukojember tepat nya di belakang masjid An-Nur memiliki 3 tenaga pekerja, dimana 2 tenaga kerjanya mengajar TK dan 1 tenaga pengajar Paud. Dari pernyataan tersebut dapat di analisa bahwa  kurang nya tenaga kerja yang dapat mengajar dalam satu ranah Pendidikan Sekolah/PAUD dimana dengan ada anggota KKN “UMD” kelompok 7 dalam membantu dalam memudahkan kegiatan belajar -mengajar.

    Kegiatan minggu ke dua (2) KKN kelompok 7 diawali dengan perencanaan serta menata persiapan dan merancanakan kegiatan di hari selanjutnya yang berkaitan di ranah pengembangan potensi sekolah/PAUD.

    Hari Kedua kegiatan dari kkn kelompok 7 yaitu melakukan kegiatan ke sekolah/ PAUD yang berada di dusun krajan barat. Kegiatan di awali dengan perkenaalan 2 personil anggota KKN kelompok 7 yaitu Izlan Saifu Adi dan Laila Adhani Putri Malik kepada para siswa serta tenaga pengajar. Para anggota KKN kelompok 7 melakukan kegiatan pendampingan kegiatan belajar mengajar yang terdapat di sekolah/PAUD. Ada pun kegiatan yang dilakukan pada hari kedua meliputi kegiatan menulis huruf alfabet F dan melakukan kegiatan menebak gambar yang terdapat didalam buku belajar mengajar.

    Hari Ketiga KKN kelompok 7, melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah/ PAUD didampingi oleh tenaga pengajar yang terdapat di sekolah. Ada pun kegiatan yang dilakukan di hari ketiga meliputi diawali degan berdoa Bersama dilanjutkan kegiatan menebak gambar hewan dan mewarnai hewan yang telah di siapkan oleh Anggota KKN Kelompok 7, dilanjutkan dengan kegiatan menebak suara hewan dan bernyanyi Bersama dan diakhiri dengan berdoa Bersama.

    Hari Keempat KKN kelompok 7, melanjutkan kegiatan belajar di sekolah/PAUD di Dusun Krajan Barat yang dimana meliputi kegiatan olahraga/senam yang dilakukan untuk merangsang saraf sensorik para siswa serta membuat siswa lebih menyukai kegiatan yag ada di sekolah dimana sekolah yang dikaitkan dengan kegiatan belajar tanpa adanya kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan diawali dengan membaca doa dan dilanjutkan dengan kegiatan menebak gerakan hewan yang ditampilkan oleh para anggota KKN kelompok 7 dan dilanjutkan dalam mengajarkan bahwa sanitasi untuk menjaga diri agar selalu terhindar dari penyebab penyakir dikarenakan kurangnya pengetahuan sanitasi dan dipraktekkan dengan kegiatan mencuci tangan yang baik dan benar yang di arahkan oleh para anggota KKN kelompok 7 yaitu Laila Adhani Putri Malik, Izlan Saifu Adi dan Wahyuni Lisi Sekliana.

    Hari terakhir mingguan KKN, ditutup dengan melakukan Pertemuan Satu Minggu Sekali (PERSULI) dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu dr. Yudha Nurdian, M.Kes. Pertemuan yang dilakukan satu minggu sekali yaitu membahas tentang hasil survei yang sudah dilakukan dan program yang akan dilakukan kedepannya. Program yang akan dijalankan yaitu diantaranya pembentukan TPQ . Berdasarkan laporan yang sudah disampaikan, Pak dr. Yudha Nurdian, M.Kes selaku DPL memberikan bebrapa saran dan masukan mengenai program yang sudah direncanakan agar lebih matang saat pelaksanaannya.

    Ikuti tulisan menarik KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7 lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.