x

Iklan

KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2022

Selasa, 28 Juni 2022 15:46 WIB

Gaspol Literasi, Mahasiswa KKN MBKM Unej Luncurkan Perpustakaan Digital di Desa Sukojember


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada hari Kamis 22 Juni 2022 mahasiswa KKN MBKM Kelompok 7 telah melaksanakan sosialisasi dengan  masyarakat desa Sukojember yang bertema “Literasi Digital dan Informasi”. Persoalan literasi masih menjadi masalah yang harus dibenahi oleh Indonesia. Berdasarkan survei yang  dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis  Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia  menempati peringkat ke 62  dari 70 negara, atau  merupakan 10 negara  terbawah yang memiliki tingkat  literasi rendah. Menurut data UNESCO, minat  baca masyarakat Indonesia  sangat memprihatinkan, hanya  0,001%. Artinya, dari 1,000 orang  Indonesia, hanya 1 orang yang  rajin membaca.

Berdasarkan masalah tersebut mahasiswa KKN MBKM Universitas Jember kelompok 7 bersama dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dr. Yudha Nurdian, M.Kes. memberikan wadah untuk masyarakat desa Sukojember dengan menghadirkan perpustakaan digital. Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi dalam era modern ini mendorong adanya pengembangan terutama di dunia pendidikan. Perpustakaan digital adalah suatu koleksi informasi yang dikelola berikut pelayanannya, dimana informasi disimpan dalam format digital dan dapat diakses melalui jaringan.

Tujuan utamanya adalah untuk mendukung peningkatan literasi dan ilmu pengetahuan. Dan lebih jauh, diharapkan upaya itu dapat memajukan dunia pendidikan di Indonesia khususnya wawasan masyarakat Desa Sukojember melalui akses literasi perpustakaan digital. Sebab keberadaan perpustakaan, rumah pintar, dan taman bacaan menandakan adanya denyut kegiatan literasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Koleksi buku dalam perpustakaan digital Desa Sukojember sesuai dengan informasi yang diberikan kepada masyarakat Desa Sukojember yaitu mengenai literasi penanggulangan stunting, perkinahan dini, dan pemberdayaan perempuan. Tidak hanya itu, dalam perpustakaan digital Desa Sukojember juga memiliki koleksi informasi buku digital lainnya. Pintu perpustakaan digital selalu terbuka lebar setiap saat, sehingga pengguna atau khususnya masyrakat Desa Sukojember dapat berkunjung setiap saat secara maya.

Setelah melakukan sosialisasi mengenai perpustakaan digital antusias masyarakat Desa Sukojember cukup baik, karena mahasiswa KKN MBKM kelompok 7 memberikan akses berupa link yang mudah diakses oleh seluruh kalangan masyarakat khususnya masyarakat Desa Sukojember.

Ikuti tulisan menarik KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB