Cara Membuat Daftar Gairah yang Selalu Menginspirasi Anda - Urban - www.indonesiana.id
x

image: Best Fun Quiz

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 23 April 2022 13:40 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Membuat Daftar Gairah yang Selalu Menginspirasi Anda

    Mari kita hadapi fakta—kehidupan tidak selalu merupakan parade 24/7 yang ceria dan menginspirasi. Kita menghadapi kesulitan, kita bosan, kita putus asa. Mungkin kita tidak mencintai pekerjaan kita. Mungkin kita hanya tidak merasa termotivasi atau terinspirasi oleh daftar hasrat atau gairah dan tujuan kita saat ini. Alih-alih menunggu dan berharap inspirasi datang kepada kita secara ajaib, bagaimana jika kita bisa memanggil inspirasi ke pintu kita kapan pun kita mau?

    Dibaca : 849 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mari kita hadapi fakta—kehidupan tidak selalu merupakan parade 24/7 yang ceria dan menginspirasi. Kita menghadapi kesulitan, kita bosan, kita putus asa. Mungkin kita tidak mencintai pekerjaan kita. Mungkin kita hanya tidak merasa termotivasi atau terinspirasi oleh daftar hasrat atau gairah dan tujuan kita saat ini.

    Dan mungkin sangat sulit untuk mengambil tindakan atau mengejar hal-hal yang kita inginkan dalam hidup ketika kita tidak merasa terinspirasi.

    Alih-alih menunggu dan berharap inspirasi datang kepada kita secara ajaib, bagaimana jika kita bisa memanggil inspirasi ke pintu kita kapan pun kita mau?

    Inspirasi adalah Apa yang Memberi Anda Kehidupan

    Ternyata kita bisa. Inspirasi adalah apa yang membuat Anda merasa hidup, apa yang membuat Anda ingin mengambil tindakan segera, dan apa yang membuat Anda ingin melompat dari tempat tidur, terhubung dengan orang lain, dan lebih terlibat dengan kehidupan.

    Saat kita terinspirasi, kita menghirup kehidupan ke dalam berbagai proyek dan hubungan dalam hidup kita. Kita mendapatkan inspirasi untuk membeli hadiah untuk teman atau pasangan kita. Atau kita mendapatkan inspirasi untuk mengerjakan proyek tambahan di tempat kerja. Atau kita terinspirasi untuk menari di tengah jalan.

    Inspirasi adalah percikan yang mendorong kita untuk lebih terlibat dengan kehidupan, dan api yang menyalakannya adalah gairah kita.

    Saat kita sedang bergairah tentang sesuatu, rasanya seperti kita bisa melakukannya tanpa henti, seperti saat kita sedang asyik mengobrol hingga larut malam, atau saat kita sedang asyik bermain video game dan hanya perlu mengalahkan “satu level lagi, ” atau saat kita sedang bersemangat menari di klub.

    Dan kita sebenarnya bisa memetakan gairah itu untuk menciptakan formula inspirasi yang datang setiap saat.

    Bahkan jika Anda merasa seperti Anda bukan orang yang bersemangat—atau tidak ada yang benar-benar menyalakan api Anda—saya menyebut gertakan Anda. Setiap orang memiliki hal-hal yang membuat mereka hidup, hal-hal yang menghidupkan mereka sendiri.

    Anda mungkin telah menghabiskan begitu banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak bergairah dalam hidup Anda sehingga Anda menumpulkan kepekaan Anda terhadap daftar gairah hidup Anda. Namun, kita dapat menyalakan kembali api itu dengan cukup mudah.

    Kita hanya perlu menjelajahi apa yang sensitif bagi Anda.

    Gairah Ada dalam Sensitivitas Anda

    Ketika kita merasa benar-benar terinspirasi, jauh lebih mudah untuk menjadi terinspirasi karena kita peka terhadap inspirasi dan semangat pada saat-saat itu. Di sisi lain, ketika kita tidak merasa terinspirasi, rasanya hampir mustahil untuk sampai ke sana.

    Ketika kita masih anak-anak, kita biasanya jauh lebih sensitif terhadap hasrat kita daripada ketika kita dewasa, hanya karena kita bisa melakukan lebih banyak hal yang menginspirasi. Jauh lebih mudah untuk tetap terinspirasi saat kita bermain game daripada membayar tagihan atau mengemudi di kemacetan.

    Namun, itu berarti bahwa kita dapat menemukan kembali gairah-gairah itu dengan cukup mudah dengan memulai dengan apa yang peka terhadap kita dalam hidup dan kemudian membuat daftar gairah.

    Setiap orang memiliki kepekaan unik yang mereka miliki sejak mereka lahir. Beberapa orang sensitif terhadap musik, dan lagu yang tepat dapat mengubah suasana hati mereka secara instan. Orang lain sensitif terhadap kebebasan, dan mereka mulai merasa terjebak dengan sangat cepat.

    Sensitivitas adalah hal-hal yang kita rasakan. Itu termasuk gairah kita, tetapi juga termasuk rasa sakit kita. Jadi, jika kita tidak merasa sangat bergairah, berfokus pada hasrat yang tidak dapat kita akses hanya akan membuat kita merasa lebih buruk tentang diri kita sendiri.

    Sebaliknya, mari kita mulai dengan hal-hal yang menyebalkan.

    Petakan Rasa Sakit Anda untuk Menemukan Gairah Anda

    Ambil selembar kertas atau buka dokumen Word, dan jawab pertanyaan berikut:

    1. Apa salah satu momen paling menantang atau membuat frustrasi dalam hidup Anda (yang tidak terasa trauma kembali untuk dipikirkan)?
    2. Apa lima hal yang Anda rasakan saat itu? (Misalnya, “Aku merasa marah, kecewa, terjebak, tidak cukup baik, dan malu.”)
    3. Sekarang, balikkan. Apa yang lebih ingin Anda rasakan pada saat itu? (Misalnya, “Aku ingin merasa tenang, bersemangat, termotivasi, berharga, dan bangga.”)
    4. Ambil kata-kata dari Pertanyaan #3 dan mulailah membuat daftar kapan pun Anda pernah merasakan kata-kata itu di masa lalu. Apakah Anda merasakannya dengan teman tertentu? Apakah Anda merasa mereka bermain game atau hobi apa pun? Apakah Anda merasa mereka melakukan proyek kerja?
    5. Mulailah memperhatikan pola di masa lalu dan buat daftar gairah untuk masa depan (misalnya, "Aku merasa bangga pada hari pernikahanku. Terhubung dengan teman dan keluarga membuat aku merasa bangga dan merupakan gairahku.")

    Cara Membuat Daftar Gairah yang Sangat Mudah

    Mungkin perlu beberapa upaya untuk mengubah contoh kepekaan Anda di masa lalu menjadi pengalaman saat ini. Misalnya, Anda mungkin tidak lagi terlibat dalam hobi itu, memiliki pekerjaan itu, atau bergaul dengan teman-teman itu. Jadi, saat Anda mulai mendaftar, bersikaplah realistis tentang apa yang akan berhasil untuk gaya hidup Anda saat ini.

    Hal penting yang perlu diperhatikan adalah Anda pernah merasa hidup di suatu tempat sebelumnya, dan klta dapat memetakan kepekaan yang membuat Anda merasa hidup dan bersemangat, lalu meniru perasaan itu.

    Katakanlah salah satu kata yang ingin Anda rasakan adalah "terhubung". Di masa lalu, mungkin Anda merasa terhubung dalam percakapan yang mendalam dengan teman-teman. Meskipun kecil kemungkinan Anda akan memiliki waktu atau ruang untuk percakapan mendalam dengan teman setiap hari, Anda tahu bahwa terhubung dengan teman membuat Anda bersemangat.

    Jadi, mungkin Anda tahu bahwa begitu Anda merasa tidak bersemangat, Anda mengirim pesan teks singkat ke teman dekat. Ini mungkin bukan percakapan panjang yang terjadi di masa lalu, tetapi pasti akan memberi Anda sedikit inspirasi.

    Atau katakanlah salah satu dari kata-kata itu adalah "main-main." Anda ingat merasa bermain di kotak pasir sebagai anak kecil. Anda mungkin tidak menuju ke taman bermain sebagai orang dewasa, tetapi Anda tahu bahwa waktu kreatif tanpa tekanan penting bagi Anda. Lain kali Anda merasa tidak bersemangat untuk memenuhi tenggat waktu itu, luangkan waktu satu jam dengan buku mewarnai Anda dan kemudian dapatkan inspirasi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

    Pilih Tiga Hal yang Harus Dilakukan Setiap Hari

    Anda mungkin—dan mudah-mudahan—memiliki daftar hasrat yang panjang sekarang. Lihatlah daftar dan pilih tiga hal di dalamnya yang dapat Anda lakukan secara realistis setiap hari. Ini tidak perlu menjadi hal-hal yang monumental. Bahkan, yang terbaik adalah jika mereka super sederhana dan praktis untuk dilakukan setiap hari.

    Mungkin Anda memilih untuk menari selama tiga menit setiap hari sebelum mandi agar terasa menyenangkan. Atau mungkin Anda mulai minum teh chamomile setiap malam untuk merasa rileks. Atau mungkin Anda memulai daftar tugas pagi untuk merasa fokus.

    Tidak masalah apa itu, selama Anda dapat melakukannya secara realistis setiap hari, dan itu membuat Anda merasakan sebagian dari kata-kata itu.

    Semakin sering Anda melakukannya, semakin sensitif Anda terhadap hal-hal yang membuat Anda merasa bergairah dan terinspirasi, dan semakin mudah untuk menjadi terinspirasi pada saat itu juga.

    Kesukaan lainnya—yang tidak Anda lakukan setiap hari—menjadi daftar cadangan Anda. Setiap kali Anda membutuhkan sedikit dorongan ekstra, lihat saja daftar gairah itu, dan Anda dapat merasa terinspirasi kapan pun Anda mau.

    Mengapa Ini Bekerja?

    Masalah dengan sebagian besar saran gairah dan inspirasi adalah bahwa itu cukup umum — dan itu mungkin berhasil atau tidak untuk Anda secara khusus. Namun, jika kita mulai dengan kepekaan dan pengalaman Anda di mana Anda sudah merasakan kepekaan itu, maka kita memiliki formula yang terbukti yang bekerja untuk Anda secara khusus.

    Alih-alih mendorong diri Anda untuk menjadi seseorang yang bukan diri Anda, jauh lebih mudah untuk menemukan inspirasi tentang siapa Anda sebenarnya dan apa yang sudah membuat Anda sensitif.

    Jika Anda merasa banyak frustrasi atau sakit di sekitar isolasi, kemungkinan Anda sensitif terhadap koneksi dan merasa lebih terinspirasi saat Anda terhubung. Jika Anda merasa sangat frustrasi atau sakit karena merasa tidak aman, kemungkinan besar Anda sensitif terhadapnya dan merasa lebih terinspirasi saat Anda aman.

    Jadi, jika Anda merasa terhubung atau aman atau apa pun yang perlu Anda rasakan, maka Anda akan merasa terinspirasi, dan kita dapat menggunakan formula itu untuk membangun kehidupan berdasarkan daftar gairah Anda dan apa yang membuat Anda bersemangat.

    Selalu Terinspirasi

    Sama seperti tetap bugar, cara terbaik untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan tidak pernah keluar darinya. Semakin sedikit inspirasi yang kita rasakan tentang kehidupan, semakin tidak sensitif kita terhadap inspirasi. Kabar baiknya adalah bahwa kita masing-masing memiliki kepekaan dan hasrat unik kita sendiri tentang bagaimana kita merasa terinspirasi.

    Jika kita membuat daftar hasrat itu dan membuatnya tetap berguna—dan bahkan melakukan tiga hal darinya setiap hari—maka kita memiliki formula yang sangat mudah untuk mendapatkan inspirasi dengan mudah, dan kita terus-menerus menjadi semakin sensitif terhadap inspirasi itu setiap hari.

    Inspirasi tidak memerlukan pekerjaan tertentu, waktu berjam-jam, atau bahkan sejumlah uang tertentu. Bahkan jika kita hanya memiliki waktu luang lima menit sehari, kita dapat melakukan hal-hal yang kita tahu menempatkan kita pada jalur inspirasi dan tindakan baru. Karena, ketika kita terinspirasi, kita termotivasi untuk mengambil tindakan baru dan mulai mengubah hidup kita menjadi lebih baik.

    ***
    Solo, Sabtu, 23  April 2022. 8:14 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.