Taman Bacaan Lentera Pustaka Berikan Santunan 40 Anak Yatim Jompo dan Keluarga Miskin - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Minggu, 24 April 2022 17:38 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Taman Bacaan Lentera Pustaka Berikan Santunan 40 Anak Yatim Jompo dan Keluarga Miskin

    Ngalap berkah Ramadhan 1443 H, Taman Bacaan Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak beri santunan 40 anak yatim, jompo, dan keluarga miskin. Agar ada senyum di kalangan mereka.

    Dibaca : 643 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka memberikan santunan lebaran ke 40 anak yatim, jompo, dan keluarga miskin senilai Rp. 12 juta. Selain menjalankan aktivitas taman bacaan, taman bacaan di kaki Gunung Salak Bogor ini pun mengajak masyarakat untuk meraih berkah puasa di bulan Ramadhan 1443 melalui kebiasaan sedekah. Karena sedekah atau zakat mal sekaligus menjadi pembersih atas harta dan kekayaan yang dimiliki.

     

    “Alhamdulillah, sore ini TBM Lentera Pustaka didukung teman-teman menyalurkan 40 santunan lebaran ke anak yatim dan jompo binaan, serta keluarga miskin. Agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin jelang Idul Fitri. Insya Allah, diberkahi Allah SWT” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka di Bogor (23/4/2022).

     

    Saat ini TBM Lentera Pustaka pun memiliki program menyantuni 14 Yatim BInaan (YABI) dan 8 kaum JOMpo BInaan (JOMBI) secara rutin setiap bulan, termasuk beasiswa sekolah ke 4 anak yatim SD, SMA, dan kuliah. Program ini bertujuan untuk membantu anak-anak yatim agar tetap dapat sekolah, di samping kaum jompo tetap bisa masak sehari-sehari. Spirit ini sangat dijunjung tinggi TBM Lentera Pustaka sebagai cara sederhana untuk meraih kemudahan dalam menjalankan aktivitas literasinya selama ini.

     

    Didukung sahabat-sahabatnya, Pendiri TBM Lentera Pustaka, setiap bulan secara rutin menggelar pengajian anak yatim dan jompo binaan untuk memberikan santunan bulanan. Sekaligus ikhtiar untuk mentradisikan tadarusan dan membaca doa untuk menggapai ridho Allah SWT. TBM Lentera Pustaka memiliki komitmen untuk terus membina anak-anak yatim agar tidak putus sekolah, di samping membina kaum jompo agar bisa sedikit “bernafas lega” dalam hal keuangan. Agar keberadaan taman bacaan dapat memberi dampak dan manfaat kepada masyarakat sekitar. Karena taman bacaan bukan sekadar tempat membaca.

     

    Di bulan Ramadhan 1443 H ini, TBM Lentera Pustaka pun menggelar program “Ngabubu Read” dengan membiasakan tadarusan di sore hari pada Rabu, Jumat, dan Sabtu sekaligus khataman Al Quran seminggu sekali yang diikuti 100-an anak-anak pembaca aktif. Seusai tadarusan pun setiap anak diberikan takjil berbuka puasa dengan cara mengantre sebagai pelajatran akhlak. Tiap Sabtu dan Minggu pun disediakan buka puasa Bersama untuk para wali baca dan relawan taman bacaan yang membantu aktivitas taman bacaan di bulan puasa.

     

    Melalui santunan lebaran anak yatim, jompo, dan keluarga miskin, TBM Lentera Pustaka mengingatkan pentingnya meraih berkah ekonomi  melalui kebiasaan sedekah. Karena di zaman sekarang, semakin banyak orang yang gemar memperbesar investasi dunia dan mencari kekayaan dunia. Namun lupa terhadap investasi untuk akhirat, tempat semua manusia akan kembali. Maka bersedekahlah untuk sesama, khususnya anak-anak yatim dan kaum jompo. Agar hidup lebih bermanfaat dan berkah, insya Allah. Salam literasi #NgabubuRead #SantunanLebaran #TBMLenteraPustaka

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.