Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai Aksi Pencegahan Stunting

Kamis, 28 April 2022 16:47 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa KKNT-MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur menggelar sosialisasi di SDN Srigading, Rabu (20/4) sebagai upaya peningkatan pemahaman terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) demi mencegah dan menekan kasus stunting di Mojokerto

Mahasiswa KKNT-MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur menggelar sosialisasi di SDN Srigading, Rabu (20/4) sebagai upaya peningkatan pemahaman terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) demi mencegah dan menekan kasus stunting di Mojokerto.

Melalui salah satu skema dari Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM), yaitu skema Desa Bebas Stunting, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk turut berkontribusi langsung dalam mencegah dan menekan kasus stunting di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur sebagai salah satu universitas negeri di Surabaya turut mengikutkan mahasiswanya untuk berkontribusi pada program tersebut. Salah satu daerah sasaran skema tersebut adalah Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Kelompok 108 KKNT-MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur menggelar sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar.

Berlokasi di Desa Srigading, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tepatnya di SDN Srigading, sosialisasi dihadiri oleh seluruh anggota kelompok 108 KKNT-MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur dan siswa-siswi kelas 5 SDN Srigading.mMateri yang disosialisasikan adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan sekolah. Materi tersebut meliputi mencuci tangan dengan sabun, penggunaan jamban bersih dan sehat, serta membuang sampah di tempatnya.

Dimulai pukul 08.00, siswa-siswi kelas 5 SDN Srigading tampak antusiasi dan bersemangat dalam mengikuti sosialisasi tesebut. Selain penyampaian materi, kelompok 108 KKNT-MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur juga membagikan hadiah bagi siswa-siswi dengan nilai post-test terbaik.

Stunting merupakan permasalahan gizi yang diindikasikan pendeknya tubuh anak akibat kekurangan gizi kronis selama 1.000 hari pertama kehidupan. Saat ini stunting juga masih menjadi masalah nasional di Indonesia. Adanya sosialisasi ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sedini mungkin, sehingga dengan adanya pemahaman tersebut, kasus stunting dapat dicegah dan ditekan.

Bagikan Artikel Ini
img-content
KKNT 108 UPN "Veteran" Jawa Timur

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler