x

Iklan

Muhamad Rafi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 April 2022

Sabtu, 7 Mei 2022 18:59 WIB

Pembelajaran Sastra di Era Digital Melalui Media Sosial

Era digital saat ini sudah berkembang begitu pesat. Hal itu membuat sebagian orang bisa berinovasi terhadap hal apapun, terutama pada pembelajaran sastra. Menggunakan media sosial sebagai wadah dalam mencari berbagai sumber informasi atau pengetahuan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang begitu pesat sudah merubah segala kehidupan yang ada di dunia. Era digital sudah membuat perubahan pada manusia memiliki gaya hidup baru. Perkembangan teknologi digital yang begitu canggih membuat perubahan yang begitu besar terhadap dunia. Manusia dimudahkan dalam mengakses informasi dengan berbagai cara dan dapat menikmati fasilitas dari teknologi digital secara leluasa.

Namun, berkembangnya teknologi justru sastra mulai kurang diminati oleh kalangan remaja. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan komunikasi yang sudah mengubah segala aspek kehidupan yang ada di dunia. Era digital memberikan tantangan di berbagai bidang kehidupan untuk meningkatkan kualitas, terutama pada pembelajaran sastra. Perkembangan teknologi di era digital diharapkan bisa memberikan dampak yang positif, terutama pada generasi muda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Media sosial adalah sebuah sarana untuk mendapatkan berbagai informasi. Selain itu, media sosial juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk mengembangkan keterampilan berbahasa. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana para pengguna media sosial melibatkan keterampilan berbahasanya, mulai dari membaca, menyimak, dan menyaring berbagai berita hingga mengembangkan keterampilan menulisnya lewat caption yang berisi narasi, puisi, atau tulisan lainnya. Kelebihan dari media sosial, yaitu luasnya jangkauan interaksi dan berbagai informasi (Selwyn, 2009).

Di masa pandemi saat ini, pembelajaran sastra khususnya mata kuliah Teori Sastra memanfaatkan media sosial sebagai wadah pembelajaran. Mahasiswa memanfaatkan media sosial untuk mengunggah materi dengan kecanggihan teknologi yang ada dan juga membuat mahasiswa semakin kreatif. Biasanya semakin kreatif, maka rasa penasaran seseorang mengenai materi yang ada di media sosial semakin tinggi. Itu berarti dengan kekreatifan mahasiswa dapat menarik kalangan umum untuk membaca melalui media sosial. Dijelaskan juga bahwa penggunaan media sosial sebagai wadah pembelajaran yang mandiri. Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran dinilai efektif sebagai penyampaian materi agar lebih akomodatif dan menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan kualitas belajar (Yulita et al., 2016).

Adapun biasanya media yang sering digunakan sebagai pembelajaran sastra, yaitu Instagram. Namun, bukan hanya mata kuliah Teori Sastra saja yang menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran sastra. Pada mata kuliah Sejarah Sastra Indonesia Modern juga menggunakan media sosial sebagai pembelajaran. Beda halnya dengan mata kuliah Teori Sastra yang menggunakan Instagram, sedangkan Sejarah Sastra menggunakan Youtube. Mungkin bukan hanya di UIN Jakarta saja yang pembelajaran sastranya menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran. Akan tetapi, di luaran sana juga banyak yang menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran di era digital saat ini.

Di era digital sekarang ini, harusnya kita sikapi dengan serius agar dapat menguasai dan memberikan peran yang baik terhadap teknologi yang ada. Pendidikan harus dijadikan sebagai media utama dalam memahami, menganalisis, dan menguasai teknologi dengan baik. Gunakanlah media digital sebagai wadah yang bermanfaat, terutama memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Kesimpulan

Berkembangnya teknologi tidak bisa diragukan lagi. Teknologi berkembang mengikuti zamannya, banyak perubahan akibat adanya perkembangan zaman membuat segala hal berubah drastis, tidak terkecuali dunia pendidikan saat ini. Adanya pandemi membuat para pendidik berinovasi dalam memberikan pembelajaran. Media digital dijadikan sebagai wadah untuk memberikan materi atau menyebarkan materi. Media digital yang digunakan tidak lain adalah media sosial, seperti Instagram, Youtube, dan TikTok.

Penggunaan media sosial sebagai pembelajaran sastra di era digital bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif, serta mudah untuk dipahami oleh kalangan mahasiswa atau kalangan umum. Maka dari itu, era digital saat ini harus digunakan dengan sebaik mungkin. Jangan sampai dengan semakin berkembangnya teknologi justru dibuat untuk hal yang negatif. Gunakan media sosial sebagai hal untuk menyebar kebaikan lewat tulisan yang berasal dari ide kita.

Daftar Pustaka

Ridwan, Achmad, Mochamad Bayu, dan Ilmiyatur Rosyidah. "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Sastra di Era Digital". Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional 2021. Universitas PGRI Wiranegara. 2021.

Ikuti tulisan menarik Muhamad Rafi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu