x

Panjerpentul, komunitas penjaga sejarah persiba bantul

Iklan

Ari Wijanarko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Mei 2022

Kamis, 26 Mei 2022 07:09 WIB

Panjerpentul: Komunitas Penjaga Sejarah Persiba Bantul Melalui Jersey

Sepak bola di Indonesia memang cukup terkenal, hampir seluruh wilayah di indonesia mempunyai klub sepak bola, namun yang perlu digaris bawahi adalah tidaknya perhatian khusus bagi sejarah klub sepak bola tersebut, banyaknya arsip yang tersebar hingga sulit ditemukan merupakan hal biasa di sebuah klub, namun perlu disadari bahwa sejarah merupakan hal yang penting dan berguna di masa depan. Panjerpentul, komunitas yang berasal dari Bantul ini merupakan salah satu komunitas yang merawat sejarah klub sepak bola Persiba Bantul melalui Jersey atau seragam main klub.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sepak bola merupakan olahraga yang sudah sejak lama tumbuh dan dikenal oleh sebagian besar masyarakat. Di Indonesia, sepak bola merupakan olahraga yang cukup populer baik dalam permainan olahraga ataupun tentang mendukung suatu klub sepak bola. Yogyakarta misalnya, salah satu kota besar di Indonesia yang menjadi saksi perjuangan lahirnya federasi sepak bola Indonesia ini memiliki tiga klub yang bisa dikatakan mempunyai nama dan jumlah pendukung yang cukup fanatik, yaitu PSIM Jogja, PSS Sleman, dan Persiba Bantul.

Membahas tentang Persiba Bantul, Kabupaten Bantul secara geografis merupakan bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berada di selatan kota Yogyakarta. Kota yang di mana memiliki pariwisata alam yang cukup banyak dan indah, terlepas dari banyaknya pariwisata alam, Bantul sendiri juga memiliki klub sepak bola yang cukup dikenal di publik sepak bola Indonesia. Persiba Bantul, klub yang lahir pada tanggal 21 September 1967 ini mempunyai perjalanan panjang yang cukup mengesankan, mulai pada tahun 2004-2005 Timnas Indonesia U-19 dititipkan di Persiba Bantul, hingga puncaknya pada tahun 2011 klub kebanggan masyarakat Bantul ini, keluar menjadi juara Divisi Utama setelah mengalahkan tim dari Banda Aceh, Persiraja Banda aceh di Stadion Manahan Solo. Dengan skor tipis 1-0. Yang mengantarkan Persiba Bantul ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia (ISL).

Layaknya klub sepak bola pada umumnya, Persiba Bantul juga memiliki pendukung atau suporter yang fanatik seperti Paserbumi, Curva Nord Famiglia, RUF, yang mempunyai berbagai cara dalam mendukung klub, tetapi tetap memiliki satu tujuan, untuk Persiba Bantul.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam sepak bola sesama individu yang memiliki ketertarikan pada suatu nilai yang  terkandung dalam suatu klub sepak bola dapat membuka jalan terbentuknya identitas    kelompok, yang biasa disebut sebagai fans klub. Nilai-nilai ketertarikan individu, yang tengah melakukan observasi terhadap dirinya, terhadap sepak bola biasanya terkait   dengan harga diri, pelarian dari kehidupan sehari-hari, atau sekadar sebagai hiburan.

Suporter adalah suatu bentuk kelompok sosial yang secara relatif tidak teratur dan juga terjadi karena ingin melihat sesuatu. Suporter sepak bola adalah kerumunan yang mana dapat diartikan sebagai sejumlah orang yang berada di tempat yang sama, yang ada kalanya tidak mengenal satu sama yang lain. Kerumunan yang semacam ini hampir sama dengan khalayak penonton karena adanya pusat perhatian yang sama sebagai perkumpulan kelompok orang yang memberi dukungan atau pemberi semangat klub yang sedang bertanding.

Dalam hal ini, suporter memiliki banyak cara dalam mendukung klub kebanggan mereka, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung misalnya datang langsung ke stadion untuk menikmati jalannya pertandingan, dan secara tidak langsung bisa menikmati pertandingan dari media misalnya koran, siaran media sosial, situs web, televisi streaming, podcast, dan media baru lainnya. Namun ada hal yang unik yang dilakukan beberapa suporter di Indonesia salah satunya adalah adanya komunitas yang bergerak dalam bidang pengumpulan arsip. Uniknya, arsip yang dikumpulkan bukanlah berbentuk, tulisan, ataupun foto, melainkan jersey.

Jersey merupakan baju atau seragam yang dikenakan oleh pemain dalam pertandingan di sebuah klub. Ada beberapa macam motif dan warna jersey yang menggabarkan identitas sebuah klub. Tak hanya pemain, jersey juga bisa dikenakan oleh para pendukungnya

Panjerpentul (Pandemen Jersey Persiba Bantul) salah satu komunitas pecinta jersey Persiba Bantul yang secara kolektif mengumpulkan jersey klub Persiba Bantul dari tahun ke tahun. Komunitas yang berdiri pada tahun 2015 ini, hingga saat ini memiliki jumlah anggota 20 orang dari elemen suporter Persiba Bantul dan pecinta Persiba Bantul ini mempunyai satu tujuan yakni menjaga sejarah dan merawat sejarah dari jersey, sebagai mana mestinya. Karena di Indonesia sendiri klub-klub yang memperhatikan hal-hal seperti ini tidaklah cukup banyak, bahkan (mungkin) tidak ada sama sekali. Bangga, setia, menjaga adalah tagline yang dimiliki komunitas ini, dengan harapan tetap bangga, setia dan menjaga klub Persiba Bantul.

Ruang kolektif sebagai suporter, fanatisme yang tidak bisa terbendung serta keributan suporter dalam mendukung klub pasti sering terjadi. Panjerpentul mempunyai harapan dengan adanya komunitas ini mampu mengurangi hal-hal negatif dalam fanatisme suporter, serta merawat sejarah yang entah sampai kapan mendapatkan perhatian dari manajemen klub.

Capaian Panjerpentul pernah mengadakan pameran di tahun kedua komunitasnya dengan tajuk sejarah dan inspirasi. Dalam pameran yang diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun klub Persiba Bantul, Panjepentul mempunyai harapan memperkenalkan jersey atau seragam Persiba Bantul dari tahun ke tahun dan mengajak para suporter untuk lebih menghargai jersey serta mengajak untuk membeli jersey original klub.

Ikuti tulisan menarik Ari Wijanarko lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler