Mata Pelajaran yang Sebaiknya Ditekuni Sungguh-sungguh agar Tak Menyesal di Kemudian Hari - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Senin, 6 Juni 2022 10:01 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Mata Pelajaran yang Sebaiknya Ditekuni Sungguh-sungguh agar Tak Menyesal di Kemudian Hari

    Sebagai seseorang yang telah lulus SMA dan sedang menyicipi perguruan tinggi, berikut ini beberapa pelajaran di bangku sekolah SD-SMA yang menurut saya sangat penting untuk Anda pelajari dengan sungguh-sungguh.

    Dibaca : 944 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Rasa kewalahan yang dulu saya rasakan saat menghadapi banyaknya mata pelajaran yang harus saya pelajari setiap harinya bukanlah perasaan yang saya rasakan seorang diri, dan pertanyaan-pertanyaan seperti "apa gunanya belajar X?" "banyak sekali yang dipelajari, apa nanti di dunia nyata bakal ada gunanya?" "kalau belajar semuanya susah rasanya untuk bagus di semua mata pelajaran, kira-kira mana pelajaran yang worth untuk saya investasikan waktu dan usaha saya?" bukanlah pertanyaan yang hanya saya tanyakan di masa-masa sekolah, mayoritas bahkan dengan percaya diri saya mengatakan bahwa semua orang pernah minimal satu kali merasakan dan mempertanyakan hal tersebut. 

     

    Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan sedikit opini saya mengenai mata pelajaran yang saya rasa sangat-sangat penting untuk dipelajari dengan sungguh-sungguh agar tidak menyesal dikemudian hari. Apa saja pelajaran tersebut? simak detailnya di bawah ini.

     

    Pelajaran Sekolah yang Penting untuk Dipelajari Dengan Sungguh-Sungguh

    Sebelum masuk ke list, pertama saya akan memberikan disclaimer bahwa dipelajari dengan sungguh-sungguh bukan berarti Anda harus ahli atau hebat dalam pelajaran tersebut, sungguh-sungguh disini maksudnya adalah Anda setidaknya paham dasar-dasarnya dan selalu berusaha untuk memahami lebih banyak. Oke tanpa banyak bicara, berikut ini listnya :

     

    1. Bahasa Indonesia

    Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan negara Indonesia, dari sini harusnya Anda sudah tahu apa pentingnya mata pelajaran ini. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang menjembatani perbedaan bahasa ibu dari masyarakat indonesia yang sangat beragam, Bahasa Indonesia juga bahasa yang digunakan dalam urusan-urusan formal, kemudian informasi yang beredar di skena internet Indonesia merupakan konten yang menggunakan Bahasa Indonesia, jadi apabila Anda tidak paham atau tidak bisa menggunakan Bahasa Indonesia bukan kecil kemungkinannya Anda akan mendapatkan banyak masalah yang seharusnya bisa dengan mudah Anda hindari.

     

    Masalah-masalah seperti berkomunikasi dengan orang yang berbeda daerah, masalah mengurus dokumen, hingga masalah melamar pekerjaan bisa Anda hadapi hanya dengan modal paham Bahasa Indonesia.

     

    2. Bahasa Inggris

    Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, paham dan bisa menggunakan Bahasa Inggris meski secara grammar buruk sekalipun bisa mendatangkan banyak keuntungan. Dengan bisa Bahasa Inggris Anda bisa mengakses banyak informasi yang jarang dibahas di Indonesia, Anda bisa dapat banyak perspektif lain yang jarang terdengar di Indonesia, Anda bisa memperluas jaringan pertemanan dengan orang luar negeri, Anda bisa bekerja di luar negeri (khususnya di negara yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris), intinya banyak hal yang bisa Anda dapatkan dengan bisa Bahasa Inggris.

     

    Contoh dari pengalaman saya sendiri, saya suka dengan konten-konten militer dan di Indonesia lumayan sulit untuk mendapatkan konten militer berkualitas karena biasanya banyak Youtuber konten militer di Indonesia yang Chauvinis yang terlalu overestimate kemampuan TNI dan terlalu underestimate kemampuan militer negara lain sehingga konten-konten yang mereka hasilkan super bias, kemudian konten yang mereka hasilkan pun seringkali dasarnya tidak ada atau tidak jelas dan pada dasarnya sumber informasi mereka hanyalah "trust me, bro". Memang channel konten Militer di Indonesia yang berkualitas juga ada, tapi jumlahnya sedikit, dan tidak jarang juga saya mendapati topik yang saya cari belum dibahas oleh channel-channel tersebut (contoh: Pembahasan program Next Generation Squad Weapon US ARMY, Pembahasan sistem pertahanan rudal balistik nuklir, Pembahasan Load out unit elit militer Russia). Singkatnya, apabila ada suatu topik atau informasi yang anda tidak ada/jarang yang bahas di Indonesia maka besar kemungkinan banyak yang bahas di luar negeri dan mereka biasanya pakai bahasa Inggris.


    3. Matematika

    Matematika dalam artian matematika dasar merupakan pelajaran sekolah yang wajib Anda pahami, konsep aritmatik dan geometri dasar merupakan salah satu contoh matematika dasar yang sangat penting karena akan dipakai di banyak bidang lain seperti Ekonomi dan Fisika, kemudian matematika dasar juga penting dalam kehidupan sehari-hari, contoh : menghitung total harga belanja kebutuhan, mengukur luas kamar untuk menentukan lebar karpet, menghitung volume kamar untuk mencari besarnya watt lampu atau lumens yang diperlukan.

     

    Memang mencoba memahami matematika dari buku pelajaran itu susah sekali karena entah kenapa di Indonesia ini sepertinya tidak menekankan pada pemahaman konsep, saya saja baru tahu belum lama alasan kenapa rumus volume kubus itu Sisi³, sebelumnya ya ngikut saja apa yang buku dan guru katakan, yang penting bisa mengerjakan soal, oleh karena itu coba cari sumber belajar lain yang lebih menekankan pada pemahaman konsep dan seringlah berlatih soal untuk melatih penerapan konsep yang telah Anda pelajari.

     

    4. Ekonomi

    Dengan belajar dasar ekonomi seperti hukum permintaan dan penawaran, teori ekonomi mikro dan makro, Anda akan tahu (atau setidaknya punya pemahaman yang lebih baik) tentang bagaimana pasar dan dunia secara umum bekerja, isu-isu/permasalahan dunia, nasional, dan masalah kehidupan sehari-hari juga akan lebih mudah dicerna.

     

    5. Pendidikan Agama

    Punya kepercayaan agama dan mempelajarinya bukan merupakan suatu hal yang buruk, dari kepercayaan tersebut anda bisa mendapatkan nilai-nilai hidup, kedisiplinan, nilai moral dan etik. Hal-hal tersebut merupakan hal yang penting dalam menjadi seorang manusia yang baik, kemudian mempercayai adanya suatu entitas yang lebih tinggi juga bisa membantu Anda menghindari perbuatan-perbuatan tercela yang melanggar norma atau hukum yang ada, layaknya ketika ada polisi di pinggir jalan yang mengawasi Anda, setidaknya Anda akan pakai helm dan berkendara dengan lebih tertib.

     

    6. Pendidikan Kewarganegaraan

    Dalam pendidikan kewarganegaraan Anda akan diajari tentang sejarah bangsa dan negara Indonesia, sistem politik, HAM, kewajiban dan hak warga negara, dan sebagainya. Dengan mempelajari dan memahami hal-hal tersebut Anda setidaknya tahu sejarah negara Anda sendiri, apa hak dan kewajiban Anda sebagai seorang warga negara, apa saja sistem politik yang ada dan apa sistem politik yang sedang kita pakai saat ini. Meski dalam buku pelajaran terkadang ada yang kurang lengkap dan terkadang ada bias, setidaknya Anda kini tahu sedikit dan mungkin bisa membuka minat untuk mencari tahu yang kurang atau mengulas ulang dari perspektif lain yang punya biasnya tersendiri.

     

    Itulah dia pelajaran sekolah yang menurut saya wajib untuk Anda pelajari, kembali lagi tulisan ini hanya opini yang berdasarkan pengalaman saya, namun saya harap opini ini bisa berguna untuk Anda semua yang membacanya. Untuk hal-hal di luar sekolah yang perlu Anda pelajari mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya, sekian dan terimakasih atas waktu yang telah Anda luangkan untuk membaca artikel ini.

    Ikuti tulisan menarik Anas Muzaki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.