x

image: EMLV

Iklan

Fachri al farizi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Juni 2022

Selasa, 14 Juni 2022 17:25 WIB

Pengadaan Kerja dalam Praktek

Pengadaan kerja dalam praktek yang di dalam nya terdapat beberapa cara untuk mengrekrut pekerja di suatu perusahaan,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Rekrutmen

Setelah suatu perusahaan mempunyai gambaran tentang hasil analisis pekerjaan dan rancang pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan, maka tugas departemen SDM adalah mengisi jabatan dengan SDM yang cocok dan berkualitas untuk pekerjaan itu. Pengisian jabatan-jabatan dengan SDM yang mempunyai pengetahuan dan keahlian serta sikap mental yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan termasuk salah satu kunci keberhasilan usaha. Dengan.

SDM yang dapat menjalankan berbagai fungsinya akan menghasilkan kinerja perusahaan yang memberikan manfaat bagi perusahaan, masyarakat dan para karyawan itu sendiri. Salah satu fungsi MSDM yang khusus mendapatkan calon calon karyawan untuk kemudian diseleksi mana yang paling baik dan paling sesuai dengan persyaratan yang diperlukan salah satunya melalui recruitment. Semuanya ini menjadi tugas dan tanggung jawab utama dari departemen SDM.

  1. Overtime (kerja lembur) Metode yang barangkali paling banyak digunakan untuk menghadapi fluktuasi jangka pendek dalam volume kerja adalah melalui penggunaan tenaga kerja overtime atau kerja lembur. Metode ini dapat menolong baik pemberi kerja. maupun para pekerja itu sendiri. Pemberi kerja dapat menerima manfaat dengan menghindari biaya rekrutmen, seleksi dan latihan. para pekerja itu sendiri mendapatkan manfaat dengan menerima bayaran yang lebih tinggi.
  2. Temporery employees biaya total dari karyawan tepat pda umumnya diperkirakan 30 sampai 40% di atas total coast ini tidak termasuk biaya rekrutmen. untuk menghindari biaya-biaya dan untuk mempertahankan fleksibilitas pada saat pekerjaan bervariasi.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tujuan Rekrutmen

Rekrutmen adalah serangkaian kegiatan yang dimulai ketika sebuah perusahaan atau organisasi memerlukan tenaga kerja dan membuka lowongan sampai mendapatkan calon karyawan yang diinginkan kualified sesuai dengan jabatan atau lowongan yang ada. Dengan demikian, tujuan rekrutmen adalah menerima pelamar sebanyak-banyaknya sesuai dengan kualifikasi kebutuhan perusahaan dari berbagai sumber, sehingga memungkinkan akan terjaring calon karyawan dengan kualitas tertinggi dari yang terbaik.

Proses Dan Sumber-sumber Rekrutmen

Rekrutmen dapat juga dengan strategi Selain itu, perlu diselaraskan rencana kegiatan yang diinginkan dan juga kebutuhan khusus yang ditentukan oleh para perusahaan, maka berdasarkan analisis pekerjaan dan permintaan para manajer yang membutuhkan itulah para rekruter akan mengidentifikasi lowongan pekerjaan. Setelah lowongan tersebut teridentifikasi maka rekruter mempelajari persyaratan dengan mereview info analisis pekerjaan yang khususnya deskripsi/uraian pekerjaan dan spesifikasi tugas. Dalam proses ini pararekruter akan menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Dari sumber internal perusahaan, yakni SDM yang ditarik adalah berasal dari perusahaan/lembagaa itu sendiri. Dengan cara ini perusahaan mencari karyawan yang ada di dalam lingkungan sendiri untuk ditempatkan pada posisi tertentu. Perekrutan dalam perusahaan dapat dilakukan melalui :

  1. Penawaran terbuka untuk suatu jabatan ( job posting programs)
  2. Perbantuan pekerja (departing employees)
  3. Dari sumber ekstemal di dalam negeri perekrutan melalui:
  4. Walk-ins, dan Write-ins (Pelamar yang datang dan menulis lamaran sendiri)
  5. Walk-ins, dan Write-ins (Pelamar yang datang dan menulis lamaran sendiri)
  6. Pengiklanan (surat kabar, majalah, televisi, radio dan media lainnya).
  7. Agen-agen keamanan tenaga kerja negara.
  8. Agen-agen penempatan tenaga kerja.
  9. Lembaga-Iembaga pendidikan dan pelatihan yang menggunakan tenaga kerjakhusus yang menghasilkan SDM yang berkualitas dan siap kerja
  10. Departemen tenaga kerja selalu menampung SDM yang mencari pekerjaan dan menyalurkan ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.
  11. Tenaga-tenaga profesional mencari perusahaan.
  12. Organisasi-organisasi profesi/keahlian.
  13. Asosiasi -asosiasi pekerja.
  14. Operasi-operasi militer.
  15. Program pelatihan kerja yang diselenggarakan pihak swasta biasanya juga sebagai lembaga yang secara khusus menyediakan jasa pelatihan tertentu.
  16. Pekerja-pekerja sewaan.
  17. Open house.

Pengertian Sleksi

Seleksi adalah kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses rekrutmen selesai dilaksanakan. Hal ini berarti telah terkumpul sejumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk kemudian dipilih mana yang dapat ditetapkan sebagai karyawan dalam suatu perusahaan. Proses pemilihan ini yang dinamakan dengan seleksi. Proses seleksi sebagai sarana yang digunakan dalam memutuskan pelamar mana yang akan diterima. Prosesnya dimulai ketika pelamar melamar kerja dan diakhiri dengan keputusan penerimaan.

Proses Dan Tahapan Sleksi

Proses seleksi adalah langkah-langkah yang harus dilalui oleh para pelamar sampai akhirnya memperoleh keputusan ia diterima atau ditolak sebagai karyawan baru. Proses ini berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Proses tersebut pada umumnya meliputi evaluasi persyaratan, testing, wawancara, ujian fisik, Dalam proses seleksi itu di pakai berbagai macam jenis dalam mengevaluasi persyaratan dan terutama untuk testing. Ada dua konsep penting yang harus diperhatikan untuk peralatan seleksi ini, yaitu reliabilitas dan validitas.

 

 

Ikuti tulisan menarik Fachri al farizi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB