Mahasiswa KKN Unej Lakukan Mentoring Pada Kelompok Belajar Siswa SD di Sidomukti - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKNUMD 06

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 April 2022

Rabu, 15 Juni 2022 15:15 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Unej Lakukan Mentoring Pada Kelompok Belajar Siswa SD di Sidomukti


    Dibaca : 444 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tujuan pendidikan sekolah dasar itu sendiri adalah meletakkan kecerdasan dasar, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, dan keterampilan untuk hidup secara mandiri dan mengikuti pendidikan secara lanjut. Mahasiswa KKN Tematik UMD UNEJ kelompok 6 adakan bimbingan kelompok belajar selama masa KKN 3 bulan. Kegiatan ini di lakukan di wilayah KKN di Desa Sidomukti, Kecamatan Mayang, Jember. Sasaran utama peserta didik Sekolah Dasar Desa Sidomukti.


    Kegiatan ini dilakukan akibat adanya pandemi, semua sekolah menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh, namun beberapa siswa mengeluhkan kesulitan dalam pemahaman materi selama Pembelajaran jarak jauh. Sehingga mahasiswa KKN mencoba membantu masyarakat dalam aspek pendidikan melalui program kerja kegiatan bimbingan belajar yang menjadi sarana siswa untuk belajar langsung dengan mahasiswa.


    Bimbingan belajar ini di lakukan di berbagi tempat, yaitu rumah siswa yang di buat titik kumpul untuk melakukan kelompok belajar. Ada 3 rumah siswa dan setiap rumah ada 2 mahasiswa KKN yang membimbing belajar. Terlebih lagi pada anak-anak jenjang SD, dimana orangtua yang harus memahami dan menjelaskan kepada anaknya secara langsung. Sehingga dengan adanya kegiatan bimbingan belajar akan sangat menguntungkan karena mahasiswa membantu untuk memberi pemahaman, penjelasan, dan bantuan pada tugas sekolah.


    “Saya sebagai Orang tua murid merasa terbantu karena sudah membantu anak saya dalam proses mengingat materi-materi yang sudah di ajarkan di sekolah. Karena kami sebagai orang tua sibuk dengan kerjaan rumah , sehingga jarang mendampingi anak kami dalam belajar,” kata ibu Maulida, salah satu wali murid.

    Ikuti tulisan menarik KKNUMD 06 lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.