x

ilustr: youthmanual

Iklan

Desti Fitriani 12080102

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Juni 2022

Kamis, 16 Juni 2022 12:14 WIB

Strategi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Insani

Artikel ini dibuat sebagai tugas untuk memenuhi UTS MK MSDI, dengan Dosen Pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, M.M.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sumber daya insani memiliki peran strategis bagi suatu organisasi.

Betapapun majunya penggunaan teknologi informasi, tersedianya modal dan bahan bagi sebuah organisasi, namun tanpa adanya sumber daya manusia, maka tujuan organisasi tidak akan dapat terwujud. Manusia merupakan satu-satunya sumber daya organisasi yang memiliki kemampuan untuk berfikir, berkreasi serta berketerampilan, berpengetahuan dorongan, daya dan karsa sehingga dengan semua itu dapat memanfaatkan sumber

daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu peningkatan kualitas sumber daya manusia atau skill (Baik Softskill atau Hardskill) sangatlah penting untuk dilakukan karena melihat banyak sekali resiko atau Potensi diharapkan agar mereka mampu lebih bertahan atau Survive terhadap segala resiko serta segala macam tantangan Global.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengembangan sumber daya insani ini merupakan salah satu bentuk upaya yang sangat penting dalam sinergi, dimana karyawan dan suatu lembaga ,mampu bekerjasama secara balance untuk memajukan eksistensi perusahaan. Ini dapat dilakukan dengan meningkatkan berbagai keterampilan dan pengetahuan karyawan yang dapat diwujudkan dalam bentuk nyata.

Strategi manajemen MSDI ini merupakan sebuah mata rantai yang dapat menghubungkan antara peran strategi dan tujuan-tujuan yang menghasilkan pencapaian bentuk kinerja bisnis dan pengembangan budaya organisasi, serta membantu dalam mengembangkan inovasi dan fleksibilitas.

Metode pendekatan yang dilakukan dalam pengembangan MSDI ini mampu untuk memperoleh hasil yang dapat digunakan untuk peningkatan pengetahuan personil, sehingga diharapkan mampu untuk dapat mengimplementasikan pengetahuan lama dengan metode baru yang digunakan.

Analisis Jabatan/Pekerjaan merupakan kegiatan pengkajian mengenai pekerjaan dan menetapkan syarat apa saja yang harus dipenuhi organisasi dan individu yang akan menempati sebuah jabatan. Dengan analisis pekerjaan akan dilakukan penyelidikan mengenai kualifikasi pendidikan, kompetensi, karakter individu, serta kesiapan anggaran serta sumber daya organisasi lainnya.

*)Artikel ini dibuat sebagai tugas untuk memenuhi UTS MK MSDI, dengan Dosen Pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, M.M.

Ikuti tulisan menarik Desti Fitriani 12080102 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB