x

ilustrasi crypto fear and greed

Iklan

Nabilla J. Amanda

Penulis
Bergabung Sejak: 29 Oktober 2021

Kamis, 23 Juni 2022 19:58 WIB

Mengenal Crypto Fear and Greed Index

Banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi kondisi pasar aset kripto, mulai dari kondisi ekonomi, kebijakan politik, dan pemberitaan lainnya terkait aset kripto. Kamu bisa mengetahui sentimen pasar melalui Crypto Fear and Greed Index.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi kondisi pasar aset kripto, mulai dari kondisi ekonomi, kebijakan politik, dan pemberitaan lainnya terkait aset kripto. Selain itu, sentimen pasar juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga aset kripto.

Lantas, bagaimana cara mengetahui sentimen pasar saat ini? Kamu dapat mengetahuinya dengan menggunakan Crypto Fear and Greed Index

Apa Itu Crypto Fear and Greed Index?

Fear and Greed Index adalah indeks atau alat ukur yang dapat digunakan dalam mengetahui sentimen pasar aset kripto secara real-time. Melalui indeks ini, kamu akan menemukan data seputar sentimen investor terhadap pasar aset kripto. Seperti apakah pasar sedang bullish atau bearish, atau seperti apa kondisi pasar aset kripto saat ini. Pada Crypto Fear and Greed Index, terdapat dua indikator yang menggambarkan sentimen pasar, yakni ketakutan (fear) dan keserakahan (greed).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Indikator pada Crypto Fear and Greed Index menggunakan angka yang dimulai dari 0 hingga 100. Apabila skor indeks ini berada di antara 0 dan 24 artinya terjadi Extreme Fear, kemudian apabila skor berada di antara 25 dan 49 adalah level Fear. Indikator dianggap netral apabila indikator berada di kisaran angka 50. Ketika skor berada di antara 51 dan 74, artinya sentimen pasar berada di level Greed, sedangkan apabila dengan skor indeks lebih dari 75 artinya terjadi Extreme Greed.

Hal yang Mempengaruhi Penilaian Fear and Greed Index

Terdapat enam indikator yang mempengaruhi hasil skor Crypto Fear and Greed Index. Di bawah ini merupakan hal-hal yang menjadi faktor penilaian Crypto Fear and Greed Index.

  • Volatilitas (25%) 
  • Market Momentum/Volume (25%) 
  • Media Sosial (15%) 
  • Dominasi Pasar (10%)
  • Tren Terkini (10%)
  • Hasil Survei (15%) 

Secara fundamental, faktor-faktor di atas membantu untuk menggambarkan emosional investor terhadap kondisi yang tengah terjadi di pasar crypto. Dengan begitu, analis akan lebih mudah untuk mendapatkan skor untuk indeks ini.

Perannya dalam Membuat Keputusan Trading Kripto

Investasi aset kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, dan lainnya, telah menarik banyak perhatian dalam waktu singkat. Dengan demikian, banyak ahli dan alat panduan telah datang untuk menyambut pendatang baru.

Crypto Fear and Greed Index memberikan paparan bagi para investor untuk mendapatkan pembacaan langsung dari sentimen seputar pasar aset kripto. Sehingga para investor maupun trader dapat mengetahui langkah seperti apa yang sebaiknya diambil di tengah sentimen pasar yang tengah terjadi.

Namun perlu diingat bahwa indeks ini hanya dapat digunakan sebagai informasi pendukung. Bukan dijadikan acuan utama dalam membuat keputusan investasi aset kripto. Ada baiknya untuk melakukan riset yang lebih dalam untuk membuat keputusan investasi kamu.

Ikuti tulisan menarik Nabilla J. Amanda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu