x

Iklan

Ali Mufid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Maret 2022

Jumat, 24 Juni 2022 07:32 WIB

Tukang Bakso, Fakta Unik dan Agen Ekonomi Kerakyatan

Tukang bakso adalah agen promosi perkulineran Indonesia. Mereka berjuang demi menjaga stabilitas ekonomi kerakyatan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tukang bakso tengah hangat menjadi perbincangan lantaran baru-baru ini Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mewanti-wanti anaknya, Puan Maharani agar jangan cari pasangan seperti tukang bakso. Sontak membuat jagat maya ramai saling membela tukang bakso.

Kali ini kita tidak akan membahas tukang bakso melainkan bakso itu sendiri. Apakah anda tahu bahwa banyak fakta unik tentang bakso? Jajanan merakyat yang hampir di semua daerah di Indonesia ini ada. Mulai dari bakso gerobak dorong, bakso jumbo dan bakso-bakso modern yang dijual di food court. Apa saja sih fakta mengenai bakso ini. Yuk kita simak fakta berikut ini ;

 

1. "Bakso" Bukan Berasal Dari Bahasa Indonesia

 

Siapa sangka bahwa bakso ternyata bukan berasal dari bahasa Indonesia. Bakso sendiri berasal dari bahasa Hokkien dimana memiliki arti daging babi giling. Nah, karena masyaratak Indonesia mayoritas muslim sehingga bakso diadopsi menggunakan daging sapi.

 

2. Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Tubuh

 

Protein yang terkandung di dalam bakso adalah protein hewani. Protein ini memiliki strukur mirip dengan tubuh manusia. Kalian perlu tahu bahwa protein hewani lebih memiliki daya cerna yang bagus jika dibandingkan protein nabati.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

3. Populer di Berbagai Negara

 

Selain mudah dijumpai di berbagai daerah, faktanya bahwa bakso juga cukup populer di luar negeri loh. Dengan berbagai inovasi, bakso lebih memikat pembeli. Bahkan negara-negara seperti Swedia, Belanda, Italia, sudah banyak pecinta bakso.

 

4. Diolah Dengan Cara Apa Saja

 

Makanan satu ini memang cocok diolah dengan cara apapun. Bisa dibakar, direbus, dipanggang dan masih banyak lagi cara mengolah daging bulat ini.

 

5. Aneka Bentuk Bakso

 

Masyarakat Indonesia sangat kreatif sehingga mampu meghadirkan berbagai inovasi dalam kuliner. Nah, banyak sekali varian bakso mulai dari bakso barbel, bakso beranak, bakso raksasa hingga bakso goreng.

 

Dari fakta unik tadi, masih anggap enteng posisi tukang bakso? Mereka adalah agen promosi perkulineran Indonesia demi menjaga stabilitas ekonomi kerakyatan.

Ikuti tulisan menarik Ali Mufid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB