x

Calon pemudik yang terjaring razia penyekatan berjalan menaiki bus yang akan membawa mereka ke Terminal Pulogebang, Jakarta, di Pintu Tol Cikarang Barat, Bekasi, Kamis, 21 Mei 2020. Para pemudik diarahkan kembali menuju Jakarta karena penerapan larangan mudik Lebaran. ANTARA/Nova Wahyudi

Iklan

Ali Mufid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Maret 2022

Sabtu, 15 April 2023 21:15 WIB

Sejumlah Titik Agen Bus di Depok Mulai Dipadati Pemudik

Beberapa penumpang lebih memilih mudik lebih awal dengan alasan menghindari kemacetan panjang yang menjadi rutinitas setiap kali musim mudik lebaran.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lebaran Idul Fitri 2023 tinggal seminggu lagi. Beberapa penumpang memilih mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan. Mereka banyak menggunakan moda transportasi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Pantauan di beberapa agen PO Bus di Kota Depok, beberapa penumpang lebih memilih mudik lebih awal dengan alasan menghindari kemacetan panjang yang menjadi rutinitas setiap kali musim mudik lebaran.

Terlihat beberapa calon penumpang berdatangan dan menunggu bus yang digunakan untuk pualgn kampung. Nampak beberapa penumpang menenteng barang bawannya, mulai dari koper, tas, hingga kardus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Saya memilih mudik lebih awal supaya tidak terjebak macet. Tahun lalu macet di tol sampai dua hari. Sekarang pengin mudik lebih awal,” kata salah seorang penumpang, Rosyidi (34) di agen bus Bojongsari, Depok.

Rosyidi mengatakan, ia memilih mudik lebih awal dikarenakan tidak mau berlama-lama di perjalanan karena padatnya arus mudik.

“Iya, kan kalau mendekati lebaran pasti ramai banget. Itu saya enggak mau berlama-lama di perjalanan,” imbuhnya yang mudik ke Demak, Jawa Tengah.

Hal senada dikatakan Rasman (28) pemudik tujuan Tegal, Jawa Tengah. Ia yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang nasi goreng ini memilih pulang kampung lebih awal. Alasannya sama untuk menghindari kemacetan yang panjang di perjalanan.

“Capek aja sih kalau harus macet-macetan lama di jalan. Apalagi kan kemacetan arus mudik selalu jadi pemandangan setiap musim lebaran ya,” ujarnya.

Salah satu pengurus tiket bus, Hendri (30) mengatakan, sejauh ini banyak calon penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik dengan tujuan kota-kota di Jawa Tengah. Namun demikian, dua minggu sebelum lebaran pihaknya masih menilai bahwa jumlah penumpang masih relatif normal.

“Rata-rata penumpang yang mau mudik itu tujuannya ke Jawa Tengah. Biasanya nanti lonjakan penumpang terjadi H-7,” tuturnya.

Ikuti tulisan menarik Ali Mufid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler