Polres Metro Depok Sediakan Lahan Untuk Penitipan Motor Selama Mudik

Minggu, 16 April 2023 09:05 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Polres Metro Depok menyiapkan lahan parkir bagi warganya yang ingin menitipkan sepeda motor saat pulang kampung.

Menjelang musim mudik lebaran 2023, Polres Metro Depok menyiapkan lahan parkir bagi warganya yang ingin menitipkan sepeda motor saat pulang kampung.

Kapolres Metro Depok Kombes Ahmad Fuady mengatakan, mudik tahun ini pihaknya jelas melaksanakan operasi Ketupat Jaya 2023 dan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Salah satu wujud operasi itu adalah memberikan pelayanan kepada warga Depok yang ingin mudik ke kampung halaman selama libur lebaran.

“Mudik ini kita jelas melaksanakan operasi Ketupat Jaya 2023 yang tentunya dilaksanakan seluruh Indonesia. Kemudian personel yang kita turunkan ada 170 personel ya untuk membackup delapan titik pos pengamanan. Bagi masyarakat yang mau nitip motor itu kita persilakan di polsek-polsek,” kata Ahmad Fuady kepada wartawan, di Polres Metro Depok, Jumat (14/04/2023).

Selain menyiapkan lahan parkir sepeda motor, Polres Metro Depok juga menyiapkan 8 titik pos pengamanan dengan 170 personel selama arus mudik tahun ini.

Kemudian syarat pemudik yang ingin menitipkan sepeda motor di Polres Metro Depok, agar membawa fotokopi STNK. Pemudik juga dianjurkan memeriksa aki motor agar tidak tekor selama ditinggal mudik.

“Nanti kita juga memberikan persyaratan harus mengirimkan fotokopi STNK, memastikan motornya ini saat ditinggal itu saat diambil lagi itu tidak tekor akinya. kita harap dicabut akinya supaya pas nanti mereka pulang nggak tekor," katanya.

Lebih lanjut Fuady menambahkan, tidak ada kuota bagi pemudik yang ingin menitipkan kendaraannya selama lahan parkir masih memadai. Pihaknya juga telah mengintruksikan jajarannya untuk responsif jika warga ingin menitipkan sepeda motor di Polsek.

“Tentunya, dari seluruh masyarakat Kota Depok kalau mau menitipkan motor silakan nanti kita sebar juga nomor telepon masing-masing polsek. Nggak ada kuota silakan, kalau nanti halaman Polsek masih muat silahkan tapi dengan ketentuan tadi ya,” tuturnya.

Program ini, lanjut Fuady, bertujuan untuk menghindari pemudik menggunakan sepeda motor. Hal itu dilandasi beberapa pernyataan ahli bahwa mudik menggunakan sepeda motor lebih riskan dan berbahaya.

“Itu untuk menghindari para pengemudi itu mudik menggunakan motor kan beberapa pendapat dari ahli transportasi mengemudi menggunakan motor sangat berbahaya, riskan untuk terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, lelah mengemudi, bahaya ya di jalan ya terus capek kondisi fisik. Kita lihat seperti itu,” kata Fuady.

Kemudian sebagai upaya melancarkan operasi Ketupat Jaya 2023, pihaknya juga melibatkan instansi terkait, seperti Kodim 05/08, Satpol PP, Linmas, PMI, Damkar, dan lain sebagainya. Pihaknya akan lebih banyak konsentrasi di pos pengamanan yang saling terintegrasi satu sama lain.

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Ali Mufid

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler