x

Iklan

Shania ananda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juli 2022

Kamis, 14 Juli 2022 07:18 WIB

Hubungan Manajemen dan Kepemimpinan

kepemimpinan dan manajemen seringkali disamakan pengertiannya oleh banyak orang. Walau demikian antara keduanya terdapat perbedaan. Pada dasarnya kepemimpinan mempunyai pengertian lebih luas dibandingkan dengan manajemen. Namun sesungguhnya, dapatlah dikatakan bahwa manajemen tidak bisa dipisahkan dari kepemimpinan, dan sebaliknya. Dalam kaitan ini, berbicara tentang manajemen berarti berbicara tentang kepemimpinan, karena pada saat pemimpin melaksanakan upaya memimpin, ia memanejemeni.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PENGERTIAN MANAJEMEN

Manajemen adalah hal penting yang di perlukan dalam aspek kehidupan baik individu maupun kelompok. Istilah lain dari manajemen adalah seorang yang dapat bertanggung jawab,mengkoordinasi atau mengontrol sebuah organisasi atau pekerjaan dapat selesai secara efektif dan efisien.

Menurut beberapa para ahli salah satunya : James A.F Stoner dalam Tambunan (2015:150), mendefinisikan manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari kesimpulan di atas mengenai manajemen, bahwa manajemen dalah sebuah rangkaian aktivitas organisasi atau pekerjaan untuk mencapai tujuan Bersama secara efektif dan efisien.

FUNGSI MANAJEMEN

Karena manajemen adalah sebuah rangkaian untuk mencapai tujuan,dapat dipastikan ada beberapa yang harus dilakukan untuk memperoleh sebuah target. Berikut ini adalah fungsi manajemen untuk mencapai tujuan tertentu.

1. Perencaaan (planning)
Perencanaan untuk penentuan apa yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Perencanaan yang baik memuat unsur-unsur pertanyaan seperti what, why, where, when, who, dan how.
Manajemen memerlukan penyusunan untuk rencana dan strategi ketika akan memulai sebuah kegiatan. Dalam perencanaan, memuat strategi yang dirumuskan untuk mencapai tujuan.

2.. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian ialah sebuah fungsi dari manajemen yang bertujuan membagi tugas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Fungsi ini diperlukan untuk mengatur sebuah kelompok atau organisasi. Misalnya, tugas untuk atasan dan bawahan pasti berbeda-beda sesuai dengan bidangnya dan tanggung jawabnnya jelas berbeda-beda.

3. Pengarahan, menggerakkan (actuating)
Pengarahan ini dibutuhkan setelah tugas telah di bagi-bagi kepada individu maupun kelompok sesuai dengan bidangnya masing-masing. agar tujuan bisa di capai dengan baik dan meminimalkan sebuah resiko pada sebuah rencana.

4. Pengawasan dan evaluasi (controlling)
Pengawasan diperlukan agar sebuah pekerjaan mencapai tujuannya. Sedangkan evalusi itu merupakan fungsi untuk melihat pekerjaan yang telah di lakukan dan untuk mengontrol kemajuan dari sebuah rencana yang telah di rencanakan. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, penting adanya fungsi ini sehingga tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik.

TUJUAN MANAJEMEN

tujuan manajemen adalah untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin dengan yang biaya atau usaha seminimal mungkin, Untuk itu, diperlukan sebuah rencana terarah agar tujuan dapat dicapai. Adapun tujuan dari manajemen adalah seperti berikut ini:

1. Menjalankan strategi perencanaan yang telah di konsep sedemikian rupa agar pelaksanaan berjalan sesuai yang telah di rencanakan.

2. Melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan dengan cara kerja kelompok ketika menjalankan tugasnya.

3. Membuat sebuah inovasi baru yang berfungsi meningkatkan kinerja kelompok.

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan itu sendiri adalah bagaimana cara seorang pemimpin mempengaruhi pola pikir orang lain, bawahan atau pengikut agar mau mencapai tujuan yang diinginkan sang pemimpin.

pengertian kepemimpinan menurut para ahli :

menurut George R. Terry, kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam seseorang atau pemimpin dan pengaruh yang lain untuk mau bekerja secara sadar dalam kaitannya dengan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

William G. Scott (1962) , kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan yang diselenggarakan dalam kelompok dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

FUNGSI KEPEMIMPINAN

Fungsi Instruktif

sebagai komunikator untuk menentukan aspek di dalam sebuah organisasi perusahaan. Cara mengerjakan perintah, melaksanakan dan melaporkan hasil, dan mengerjakan perintah harus diperhatikan agar keputusan dapat berjalan dengan efektif.

Fungsi Konsultatif

fungsi ini sebagai komunikasi dua arah digunakan saat pemimpin akan menetapkan kebijakan dan memerlukan pertimbangan dari sebuah kelompok yang dipimpinnya. Dengan begitu, keputusan pun dapat diambil secara efektif dan maksimal.

Fungsi Partisipasi

Fungsi ini melibatkan anggota untuk ikut dalam setiap pengambilan kebijakan atau keputusan. Ini dilakukan agar orang yang dipimpinnya memiliki kesempatan untuk berpartisipasi menentukan yang akan dilaksanakan nantinya.

Fungsi Delegasi

Dalam fungsi delegasi, pemimpin harus bisa mempercayakan seseorang yang dipimpinnya, seperti pelimpahan wewenang dan turut andil dalam penentuan keputusan. Hal ini akan sangat membantu pekerjaan pemimpin dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu, kerja sama antara pemimpin dan anggota sangat diperlukan.

ASPEK PENTING KEPEMIMPINAN

Ada beberapa aspek penting dalam kepemimpinan di antaranya sebagai berikut:

1. Seorang pemimpin harus melibatkan orang lain
Orang lain yang dimaksud adalah orang yang sebagai pengikut,bawahan atau angota kelompok. tanpa adanya bawahan atau anggota memungkinkan terjadi semua sikap dari seorang pemimpin menjadi tidak relevan.

2. Kepemimpinan mencakup distribusi kekuasaan
Aspek ini mencakup distribusi kekuasaan yang tidak sama di antara pemimpin dan para bawahan atau anggota kelompok.  anggota kelompok tetap memiliki kuasa di dalam sebuah organisasi. Akan tetapi, kekuasaan dari pemimpin organisasi cenderung akan lebih tinggi, jika dibandingkan dengan anggota kelompoknya.

3. Kepemimpinan sebagai kemampuan dalam menggunakan kekuasaan
Sebagai kemampuan dalam menggunakan berbagai bentuk kekuasaan yang dimiliki oleh seseorang pemimpin umumnya akan digunakan dalam memengaruhi perilaku anggota kelompoknya. 

HUBUNGANNYA DENGAN MANAJEMEN

1. Kepemimpinan ialah salah satu bagian penting dari manajemen, Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang pemimpin untuk mengarahkan atau mempengaruhi bawahan atau kelompok untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Tidak hanya ada dalam lingkungan organisasi tetapi dapat muncul dan ada dimana saja, ada seseorang yang berusaha mengarahkan dan mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh : seorang sekretaris yang berpengaruh besar merubah perilaku orang lain dapat juga disebut pemimpin

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, kepemimpinan itu bagian yang penting dari sebuah manajemen tetapi tidak sama. seorang manajer harus berperilaku fungsi kepemimpinan tetapi pemimpin belum tentu seorang manajer.

 

Ikuti tulisan menarik Shania ananda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler