x

Berbicara sastra dan pendidikan karakter merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Iklan

nugi wibowo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2022

Jumat, 15 Juli 2022 22:27 WIB

Minimnya Pengetahuan Generasi Muda Tentang Ilmu Sastra

Minimnya Pengetahuan Generasi Muda Tentang ILMU SASTRA

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa yang kalian ketahui tentang ilmu sastra?. Di kutip dari wikipedia,ilmu sastra adalah ilmu yang mempelajari tentang karya sastra secara ilmiah dengan berbagai gejala dan masalah sastra. Sedangkan,sastra adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium,dan bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial. 

Namun saat ini tidak banyak generasi muda yang berminat untuk mempelajari tentang ilmu sastra,padahal sarjana lulusan ilmu sastra cukup diperhitungkan di dunia pekerjaan. Terutama di media massa,baik media cetak maupun media elektronik.


Pada tanggal 7 juli 2022,seorang mahasiswa universitas pamulang dari jurusan sastra indonesia telah melakukan survei pada beberapa orang yang tidak dikenal mengenai pengetahuannya tentang hari besar sastra. Dan hasilnya,rata-rata dari mereka tidak mengetahui hari-hari besar sastra. Dari 7 orang yang di survei hanya ada 1 orang yang mengetahui tentang hari besar sastra,dan itu pun hanya hari buku nasional saja. Ia mengingatnya hanya karena menunggu diskon di toko - toko buku besar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Dari hasil survei diatas tentunya sangat mengkhawatirkan,karena itu berarti pengetahuan dan keingintahuan generasi muda di bidang ilmu sastra sangatlah minim. Hal ini sangat disayangkan apabila tidak ada perubahaan kedepannya,karena bangsa Indonesia bisa saja akan kekurangan sastrawan hebat dan orang-orang yang mau berpikir kritis.


Maka dari itu sangat penting untuk kita selaku pelaku sastra untuk selalu mensosialisasikan kepada generasi muda agar karya-karya yang ada tidak hilang,akan tetapi justru sebaliknya akan banyak sastrawan-sastrawan muda yang akan muncul dengan segudang karya nya dan dapat berpikir secara kritis.

Ikuti tulisan menarik nugi wibowo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu