x

Iklan

Sinta Maulani Perempuan

Mahasiswa aktif program studi sastra Indonesia
Bergabung Sejak: 14 Juli 2022

Sabtu, 16 Juli 2022 05:45 WIB

Sejarah Kelahiran Sastra Indonesia

Lahirnya sastra Indonesia pada tahun 1920. Pada waktu itu para pemuda Indonesia untuk pertama kalinya menyatakan perasaan dan ide yang terdapat pada masyarakat tradisional setempat dan menuangkan dalam bentuk sastra.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kelahiran sastra Indonesia merupakan bagian dari sejarah sastra yang tentu saja terjadi di Indonesia. Hingga saat ini, penentuan awal mula lahirnya sastra Indonesia dan rujukan pada sebuah karya yang disebut sastra Indonesia masih kontroversial. Hingga saat ini, para pengamat sastra sejarah dan sarjana memiliki pertimbangan yang berbeda sehingga menimbulkan perbedaan pendapat mengenai lahirnya sastra Indonesia. Manfaat penulisan artikel ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang kelahiran sastra Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang sejarah sastra kelahiran sastra Indonesia, karena saya ingin mengatahui mengenai kelahiran sastra Indonesia dan juga ingin pada pembaca sekalian untuk bisa mengenal sejarah sastra kelahiran sastra Indonesia melalui bacaan ini. Tujuan penulisan bacaan ini, bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui mengenai sejarah sastra kelahiran sastra Indonesia. Manfaat yang akan saya dan para pembaca dapatkan adalah berupa tambahan sejarah sastra kelahiran Sastra Indonesia. Dan saya berharap melalui tulisan ini, kita semua bisa menghargai bagaimana perjuangan  para pahlawan terhadap negeri ini.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai sejarah sastra lahirnya sastra Indonesia, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu sejarah sastra lahirnya sastra Indonesia. Ketika Kita bertanya mengenai kapan kelahiran sastra Indonesia maka yang menjadi patronnya yaitu ketika munculnya Balai Ppustaka pada tahun 1908-an sampai sekarang, sastra Indonesia berkembang dari waktu ke waktu, bahkan sebelum bahasa Indonesia diresmikan pada 28 Oktober 1928.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada zaman dahulu bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa kerjaan dan bahasa sastra (Purwoko, 2004: 84), hasil-hasil sastra bahasa Melayu yang tidak tertulis juga sudah ditemukan pada abad ke-19. Sejarah sastra khususnya sejarah sastra modern adalah menentukan masa awal sebagai kelahirannya. Banyak para ahli menyatakan pendapat bahwa kelahiran sastra sekitar 1920-an. Bahkan, sejarah sastra berkembang pada abad ke 20 sebagaimana tampak penerbitan pers (surat kabar dan makalah) dan buku, baik dari penerbitan kolonial maupun swasta. Banyak para sastrawan yang berpendapat mengenai kelahiran sastra. Seperti munculnya Balai pustaka pada masa itu dianggap sebagai tonggak penting dalam sejarah sastra Indonesia meskipun balai pustaka merupakan produk yang dibentuk oleh kolonial.

Kelahiran sastra juga memberikan karakrakteristik bagi periode sastra Indonesia. Karakteristik yaitu untuk membedakan dengan periode sebelumnya dan sesudahnya. Periode 1850-1933 membicarakan karya sastra yang bersifat roman, beralur lurus, gaya bahasa yang menggunakan perempumaan dan sebagainya.

Periode 1933-1942 membicarakan karya sastra yang tertulis adalah puisi, cerpen, puisi jenis baru dan sonata. Puisi tersebut menggunakan kata-kata yang indah dan bahasa perbandingan, gaya sajak yang polos dan sebagainya. Periode 1942-1945 membicarakan propaganda dan sarat dengan politik jepang. Dalam mempengaruhi rakyat Indonesia dalam membantu Jepang berperang dalam Asia Raya, pemerintah melalui Balai Pustaka ( Keimen Bunka Shidosho ) yang menerbitkan berbagai karya baik novel, puisi, dan cerpen sebagai kebaikan dan keunggulan Jepang. Selain itu, jepang pun menggunakan sandiwara sebagai media propaganda.

Periode 1945-1961 membicarakan mengembangkan karya-karya puisi ke dalam hak-hak manusia dengan gaya realitas bahkan sainis ironis, disamping mengekpresika kehidupan bati atau kejiawaan, yang mengenakan ilmu filsafat ekstensialisme. Periode 1961-1971 membicarakan gaya periode sebelumnya, dan membahas dampak dari parta-parta corak sastranya bermacam-macam seperti keislaman (Lesbumi), Ide Kenasionalisme (Lesbumi), Ide Rakyat (Lekra), serta ada yang bebas dalam mengabdi kemanusiaan.

Periode 1971-1998 membicarakan tentang selain maraknya karya-karya yang berbentuk popular juga banyak bentuk eksperimentasi sastra dalam sastra. Serta membicarakan bahwa dalam karya puisi memunculkan 4 jenis gaya puisi yaitu mantera, puisi imajinasi, puisi lugu, dan puisi lirik. Periode 1998-sekarang yang membicarakan maraknya puisi, novel, cerpen, yang bertema sosial-politik, khususnya pada pembahasan reformasi. Di mana reformasi yang di mulai pada tahun 1998 banyak yang melatarbelakangi kelahiran karya-karya sastra, puisi, cerpen. Dan novel pada saat itu.

Kelahiran sastra juga ditandai dengan adanya periodesasi. Tujuan dari periodesasi adalah untuk memudahkan dalam perkembangan sejarah sastra, selain itu, periodesasi suatu tonggakan penting dalam penciptaan karya sastra baru oleh para sastrawan. Maka demikian, para sastrawan dapat lebih mudah melihat cakrawala sastra dari lahirnya hingga perkembangannya sekarang dengan jelas untuk melihat serta menghayati sifat atau ciri-ciri di setiap periodesasi. Bahkan demikian mereka akan selalu menciptakan karya sastra yang baru dan menyimpang dari ciri-ciri sastra yang telah ada, baik dalam berekspresi seni, konsep seni, struktur ekstetikanya, maupun dalam bidang masalahnya, seperti pandangan hidup, pemikiran dan perasaan.

Dengan demikian kelahiran sastra dari dahulu hingga sekarang ingatlah marak. Serta banyak nya para sastrawan yang lahir dan membawa bentuk-bentuk Karya Sastra yang berbeda dari sebelumnya sehingga membentuk karya sastra yang baru.

Ikuti tulisan menarik Sinta Maulani Perempuan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB