x

Foto pustaka ilham - mengajari anak membaca sejak dini

Iklan

Mahasiswa Rz

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2022

Jumat, 15 Juli 2022 22:54 WIB

Mendorong Anak Menyukai Literasi Sejak Usia Dini

Literasi sejak dini harus dilakukan oleh orang tua, penting mengajari anak sejak dini, berikut penjabarannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Usia dini yang berkisar antara 0 hingga 8 tahun merupakan usia emas dimana pada saat itu perkembangan otak anak begitu pesat hingga mencapai 80%. Untuk itu pada usia dini diperlukan stimulasi yang baik agar otak anak berkembang dengan baik pula. Di rumah orang tua memegang peranan yang sangat penting sebagai pengawas tumbuh kembang anak, orang tua bertugas untuk menambah pengetahuan khususnya mengenai tumbuh kembang anak.

Namun, orang tua tidak dapat melakukan tumbuh kembang anaknya sesuai dengan keinginannya, seperti menyuruh mereka untuk belajar di luar kemampuan anaknya dengan tujuan agar anak menjadi pintar di masa depan. Yang terpenting sebagai orang tua harus menunjukkan sikap dan perilaku yang baik dengan penuh kasih sayang, anak suka meniru kebiasaan orang-orang terdekatnya.

Oleh karena itu, stimulasi literasi dini pada anak harus dimulai sejak dini, dimulai sejak tahun pertama kelahiran. Bisa melalui cerita atau pengalaman dengan buku. Menurut Officialni (2012; 4) ada tiga jenis literasi, yaitu:

  1. Literasi lisan
    Literasi lisan adalah kemampuan untuk berbicara atau mendengarkan, dilakukan dengan memberikan lirik lagu, puisi dan sajak
  1. Literasi visual
    Literasi visual adalah kemampuan mengenal penggunaan garis, bentuk dan warna yang dibuat dengan gambar sehingga menarik bagi anak.
  2. Literasi teks tertulis
    Literasi teks tertulis merupakan kegiatan yang berhubungan langsung dengan teks tertulis melalui bentuk membaca atau menulis. Contoh literasi dini ini adalah memberikan anak buku bacaan dari dongeng dengan gambar yang dapat menarik minat anak.

    Literasi yang dilakukan sejak dini yang telah dilaksanakan dapat memberikan dampak positif bagi prestasi akademik anak. Anak yang terbiasa diperkenalkan dengan dunia literasi memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik di lingkungannya.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pendidikan literasi yang diberikan pada usia dini akan memberikan banyak manfaat bagi anak yang antara lain:

  1. Menulis untuk anak usia dini lebih baik dalam menulis
  2. Membuat anak-anak lebih baik dalam membaca
  3. Membuat anak pandai berhitung
  4. Anak-anak lebih pintar menyelesaikan masalahnya sendiri
  5. Anak-anak akan lebih siap ketika mereka memasuki taman kanak-kanak atau sekolah dasar

Singkatnya, pendidikan literasi sejak dini akan menjadikan anak lebih cerdas secara psikologis, linguistik, kognitif, emosional, sosial, akademis dan kritis.

Demikian pentingnya literasi bagi anak usia dini yang harus mendapat perhatian dari berbagai pihak. Baik orang tua, guru sekolah, hingga pemerintah. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan budaya literasi sejak dini.

Ikuti tulisan menarik Mahasiswa Rz lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler