Susun Program Kerja, Mahasiswa KKN Tematik Unej Observasi UMKM Desa Taman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Selasa, 26 Juli 2022 18:58 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Susun Program Kerja, Mahasiswa KKN Tematik Unej Observasi UMKM Desa Taman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso


    Dibaca : 965 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kuliah Kerja Nyata Tematik yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNEJ ini menjadi perwujudan merdeka belajar yang diawali melalui pengamatan potensi UMKM yang terdapat di masyarakat. Selain itu, KKN Tematik UNEJ juga dapat memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup dan mengabdi di tengah masyarakat sehingga diharapkan mahasiswa mampu berpikir kritis untuk mengembangkan potensi dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa.

     

    Berdasarkan arahan dosen pembimbing lapang, dr. Yudha Nurdian, M.Kes., mahasiswa KKN Tematik UNEJ kelompok 268 yang beranggotakan Adhyasta Yuda Adrianto, Aditya Faradina Salsabila, Anis Fila Klaudia, Dewi Sulistiawati, Efga Chandra Alifiandhi, Fatimatus Zahroh, Irfan Maulana, Lien Govi Yezavado, Tiara Puspita Arisanti, dan Yusrian Darus Syifa melakukan kegiatan observasi lokasi UMKM potensial di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso pada Jumat (22/07/2022).

    Kegiatan observasi dipandu oleh Bapak Suhartono selaku Kaur Perencanaan Desa Taman dengan mengunjungi beberapa UMKM desa. Desa Taman memiliki beberapa UMKM dalam berbagai bidang usaha. Dalam bidang usaha makanan terdiri dari usaha pembuatan tempe, tahu, tape, dan kerupuk bayam. UMKM lain yang menjadi andalan Desa Taman yaitu usaha pembuatan batu bata dan pengrajin anyaman bambu.

    UMKM sebagai pilar pembangun perekonomian desa mampu menyerap tenaga kerja sehingga berkontribusi dalam mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan. Oleh karena itu keberadaan UMKM ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai segi kehidupan.

    Kami berharap agar mahasiswa yang melaksanakan KKN di Desa Taman mampu mengembangkan dan memberikan inovasi terbaru dari produk UMKM dengan mengikuti perkembangan teknologi saat ini,” Ujar Pak Suhartono.

    Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.