Petakan Implementasi PHBS, Mahasiswa KKN Unej Survei Rumah Tangga di Dadapan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN 270 DADAPAN UNEJ

Kelompok KKN 270 Desa Dadapan UNEJ
Bergabung Sejak: 22 Juli 2022

Senin, 8 Agustus 2022 06:44 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Petakan Implementasi PHBS, Mahasiswa KKN Unej Survei Rumah Tangga di Dadapan

    Pemantauan terhadap tingkat kesehatan masyarakat melalui survei PHBS dilakukan oleh kader PKM dan Posyandu dengan menggandeng Mahasiswa KKN Tematik UNEJ. Survei yang dilakukan didasarkan kepada indikator PHBS yang telah ditentukan dari pihak Puskesmas Grujugan. Kegiatan survei dilakukan secara door to door kepada masyarakat Desa Dadapan.

    Dibaca : 362 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. PHBS harus dimulai dari tatanan rumah tangga, karena rumah tangga yang sehat merupakan aset modal pembangunan dimasa depan yang perlu dijaga. Dalam upaya untuk menjaga tingkat kesehatan masyarakat perlu dilakukan adana pemantauan secara berkala. Pemantauan tersebut bertujuan untuk bisa melihat bagaimana masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat. 

    Pada hari Rabu tanggal 3 Agustus 2022, Ibu Ucik selaku kader posyandu desa Dadapan mengajak mahasiswa KKN Unej untuk melakukan survei. Pada kesempatan kali ini, mahasiswa KKN kelompok 270 dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak dr. Yudha Nurdian, M. Kes yang beranggotakan 10 orang meliputi Luky Tri Hermawan, Rika Sofi Nurlaili, Nurhapisah, Ika Herta Suryaningsih, Bergas Wahyu Sejati, Attalarik Zulva Ar Rafi, Dimas Ristian Putra, Nur Fahmi Hidayat, Ghea Permata Fadillah dan Mochammad Fakhri Roivansah berkesempatan untuk mengetahui tingkat PHBS di desa Dadapan dan turut serta dalam menyukseskan survei PHBS.

    Dalam survei tersebut terdapat beberapa indikator yang digali untuk mengetahui tingkat PHBS 
    masyarakat. Adapun indikator dalam survei PHBS tersebut antara lain :
    1. Cuci tangan setelah kegiatan
    2. Menggunakan jamban sehat
    3. Konsumsi buah dan sayur
    4. Melakukan aktivitas fisik setiap hari
    5. Tidak merokok dalam rumah

    Pemantauan Tingkat PHBS Masyarakat Desa Dadapan

    Tujuan dari survei tersebut untuk mengetahui presentase rumah tangga sehat di wilayah desa Dadapan. Tingkat kesehatan masyarakat juga menjadi salahs atu indikator dalam penilaian keberhasilan desa mengatasi permasalahan kesehatan masyarakatnya. Dalam survei tersebut juga ditekankan kepada masyarakat untuk bersama sama menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.


    Hasil dari data survei PHBS akan menjadi dasar dalam melakukan pemetaan permasalahan PHBS di desa Dadapan dan dapat memantau pencapaian Rumah Tangga ber-PHBS di lingkungan Desa Dadapan setiap tahun melalui pencatatan survei PHBS Rumah Tangga.

    Ikuti tulisan menarik KKN 270 DADAPAN UNEJ lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.