x

proses digitalisasi informasi desa taman melalui permohonan domain desa.id oleh mahasiswa KKN Unej kelompok 268

Iklan

KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Senin, 8 Agustus 2022 21:47 WIB

Usaha Mahasiswa KKN Unej Mendigitalisasi Informasi Desa Taman Melalui Permintaan Domain Desa.id

mahasiswa KKN Unej mengusahakan sistem administrasi desa secara daring Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Bondowoso untuk meminta pembuatan website desa Taman

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bondowoso, 2 Agustus 2022 – Website Desa, atau website dengan domain berakhiran desa.id merupakan sebuah website yang dibuat untuk menampilkan informasi tentang suatu desa secara online. Sebelum adanya Permen Kominfo No 05 Tahun 2015, pengembangan desa melalui website belum banyak dilakukan. Salah satu kendalanya adalah belum diaturnya penggunaan domain yang sesuai. Domain go.id milik pemerintah hanya dapat digunakan hingga tingkat kabupaten/kota. Jadi, website desa tidak dapat menggunakannya. Setelah lahirnya undang-undang tentang desa, membangun website desa bukan lagi hal yang sulit. Terutama dengan ditentukannya domain desa.id yang khusus digunakan untuk membuat website desa.

Demi mewujudkan cita-cita Adi Sonhaji selaku Kepala Desa Taman yang ingin membuat sistem administrasi desa bisa diajukan secara daring, Mahasiswa KKN UNEJ Kelompok 268 dibawah bimbingan dr. Yudha Nurdian M.Kes. yang beranggotakan Adhyasta Yuda Adrianto, Aditya Faradina Salsabilla, Anis Fila Klaudia, Dewi Sulistiawati, Efga Chanda Alifiandhi, Fatimatus Zahroh, Irfan Maulana, Lien Govi Yezavado, Tiara Puspita Arisanti, dan Yusrian Darus Syifa melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Bondowoso untuk meminta pembuatan website desa Taman.

Sesampainya di KOMINFO Bondowoso, kami diarahkan untuk menemui divisi IT yang meng-handle urusan website resmi se-Kabupaten Bondowoso. Kami menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan untuk meminta domain desa yaitu Surat Keterangan (SK) Pengangkatan Kepala Desa dan Surat Kuasa yang menerangkan bahwa perangkat desa memberi wewenang pihak KOMINFO Bondowoso untuk mengelola website desa. Setelah mengumpulkan berkas, kami pun diminta untuk menunggu beberapa hari sembari pihak KOMINFO Bondowoso mengirim berkas kami ke Diskominfo Pusat secara kolektif dengan desa-desa lain yang ada di Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu