x

Iklan

KKN UNEJ Desa Tegalmijin - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2022

Senin, 15 Agustus 2022 13:39 WIB

Kerelawanan Mahasiswa KKN Unej Ikut Sukseskan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional di Tegal Mijin

Mahasiswa KKN UNEJ 2022 kelompok Kelompok 267 yang beranggotakan Pinsensius Andreas, Fandika Firman Wijaksana, Risang Hadi Wasesa, Tusiana Putri Nelumbium, Widya Lestari, Dwi Mutia Hassny, Novinka Sinta Isnainiyah, Nafila Syahrani, dan Siti Hamidah ikut serta dalam kegiatan Sukseskan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional di Tegal Mijin. DPL: dr. Yudha Nurdian, M.Kes

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa KKN UNEJ Kelompok 267 yang beranggotakan Pinsensius Andreas, Fandika Firman Wijaksana, Risang Hadi Wasesa, Tusiana Putri Nelumbium, Widya Lestari, Dwi Mutia Hassny, Novinka Sinta Isnainiyah, Nafila Syahrani, dan Siti Hamidah dengan dr. Yudha Nurdian, M.Kes sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bekerjasama dengan Bidan Desa dan Kader Posyandu untuk ikut mensukseskan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). BIAN merupakan program pemerintah yang bertujuan agar seluruh anak - anak bisa mendapatkan imunisasi secara lengkap serta dapat terlindung dari berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Penyakit - penyakit tersebut meliputi Campak, Rubella, Polio, dan Difteri.

Foto: Kegiatan Mahasiswa KKN UNEJ kelompok 267 Bulan Imunisasi Anak Nasional di Tegal Mijin

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program BIAN yang diadakan di Desa Tegal Mijin merupakan pemberian imunisasi Campak - Rubella yang ditujukan untuk usia kurang dari 5 tahun dengan syarat - syarat tertentu, seperti anak harus dalam keadaan sehat dan sudah makan minimal 2 jam sebelum imunisasi. Ibu Nurul selaku bidan Desa Tegal Mijin bersama para kader posyandu dan mahasiswa KKN UNEJ saling bersinergi untuk mensukseskan program BIAN ini. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya imunisasi.

“Penyakit campak ini sangat fatal bagi manusia apabila tidak dilakukan pencegahan, apalagi untuk anak - anak di usia lima tahun ke bawah yang tergolong sangat rentan terhadap paparan virus - virus dan penyakit menular lainnya. Jadi, imunisasi ini sangat perlu bagi anak - anak agar terhindar dari penyakit tersebut,” ujar Ibu Nurul selaku Bidan Desa Tegal Mijin.

Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional ini dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Agustus  2022 dan bertempat di Balai Desa Tegal Mijin. Selain dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, serta pengecekan buku Posyandu untuk dilakukan kroscek data sebagai bagian dari proses administratif, juga dilakukan pemberian injeksi untuk imunisasi campak - rubella yang dilakukan oleh Bidan Desa Tegal Mijin. Mahasiswa KKN UNEJ 267 juga ikut membantu dalam memberikan vitamin A kepada para balita dan batita dengan prosedur yang ada serta aman dan higienis.

Foto: Salah satu anggota kelompok 267 memberikan vitamin kepada balita

Keesokan harinya pada hari Kamis, 11 Agustus 2022, Imunisasi Campak - Rubella dilanjutkan di Dusun Utara yang bertempat di salah satu rumah warga. Kegiatan ini disambut dengan baik oleh masyarakat terutama warga yang memiliki anak usia lima tahun ke bawah yang dapat dilihat dengan para ibu yang berbondong - bondong datang ke tempat imunisasi agar anaknya mendapatkan imunisasi campak - rubella ini.

Foto: Salah satu anggota kelompok 267 memberikan vitamin kepada balita

Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Tegalmijin - Grujugan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB