Kolaborasi Perangkat Desa dan Mahasiswa KKN Unej Sosialisasikan JKN-KIS hingga Pelosok Desa - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

sosialisasi jkn kis ke rumah warga di desa taman bersama mahasiswa kkn unej

KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Kamis, 18 Agustus 2022 23:06 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Kolaborasi Perangkat Desa dan Mahasiswa KKN Unej Sosialisasikan JKN-KIS hingga Pelosok Desa

    Artikel ini berisi tentang sosialisasi dan pendataan JKN-KIS kepada masyarakat khususnya di desa Taman agar masyarakat

    Dibaca : 196 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bondowoso, 08 Agustus 2022 – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuka akses yang lebih besar untuk mendapatkan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia tak terkecuali di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Lebih lanjut peserta (JKN-KIS) terbagi menjadi 2 golongan yaitu peserta penerima bantuan iuran (PBI) dan peserta yang bukan penerima bantuan ( Non – PBI).

    Daerah pedesaan adalah tempat dimana masih banyak orang yang berada di luar jangkauan pemerintah pusat. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bondowoso telah berusaha memperkenalkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk menjangkau masyarakat miskin di Kabupaten Bondowoso dan memastikan akses yang sama terhadap layanan kesehatan.

    Namun, masih disayangkan masih banyaknya penerima yang kurang tepat ssaran. Masyarakat yang harusnya mendapat hak untuk dikategorikan sebagai penerima kartu JKN-KIS PBI justru dikategorikan pada penrima kartu JKN-KIS Non-PBI. Hal inilah yang menjadikan mahasiswa KKN Unej Kelompok 268 dibawah bimbingan dr. Yudha Nurdian M.Kes. dan beranggotakan Adhyasta Yuda Adrianto, Aditya Faradina Salsabilla, Anis Fila Klaudia, Dewi Sulistiawati, Efga Chanda Alifiandhi, Fatimatus Zahroh, Irfan Maulana, Lien Govi Yezavado, Tiara Puspita Arisanti, dan Yusrian Darus Syifa termotivasi untuk turut serta membantu Perangkat Desa Taman dalam mensosialisasikan program ini dengan tujuan agar masyarakat Desa Taman mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih layak.

    Dengan dipandu  oleh Bapak Adi Sonhaji selaku Kepala Desa Taman, Mahasiswa KKN Unej melakukan sosialisasi dan pendataan warga yang akan menjadi sasaran penerima JKN-KIS Non PBI secara door to door. Setelah data calon penrima JKN-KIS dikumpulkan, selanjutnya data dikirimkan ke Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso untuk ditindak lanjuti.

                “Terima kasih sudah membantu mendampingi saya selaku Kepala Desa Taman dalam pengubahan data masyarakat yang seharusnya mendapat bantuan pembayaran dari pemerintah,” ujar pak Adi Sonhaji selaku Kepala Desa Taman.

    Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.