5 Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit

Kamis, 25 Agustus 2022 13:27 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu penyebab perut buncit dan juga berat badan naik secara drastis adalah begadang, mungkin banyak di antara kamu saat ini yang sering sekali tidur larut malam bahkan sampai begadang semalaman entah itu hanya untuk nonton film, main game, dan juga kerja, tapi tahu kah kamu kalau kamu sering sekali melakukan hal seperti ini maka sangat wajar sekali jika perut kamu buncit atau beratbadan kamu naik secara drastis.

Memiliki perut buncit pastinya sangat tidak nyaman banget apalagi kalau setiap nongkrong atau ketemu dengan teman selalu ada saja ejekan seperti perut kamu buncit banget ngga pernah olahraga yaa atau seperti itu perut apa hamil ko buncit banget, memang kadang ejekan seperti ini membuat kita menjadi kesel, oleh karena itu kami ada beberapa tips buat kamu yang memilki perut buncit dan ingin perut kamu kecil atau menjadi tidak buncit lagi yuk simak 5 cara paling ampuh mengatasi perut buncit.

Tidur Yang Teratur Dan Jangan Begadang

Tidur Yang Teratur Dan Jangan Begadang

Salah satu penyebab perut buncit dan juga berat badan naik secara drastis adalah begadang, mungkin banyak di antara kamu saat ini yang sering sekali tidur larut malam bahkan sampai begadang semalaman entah itu hanya untuk nonton film, main game, dan juga kerja, tapi tahu kah kamu kalau kamu sering sekali melakukan hal seperti ini maka sangat wajar sekali jika perut kamu buncit atau beratbadan kamu naik secara drastis.

Mungkin banyak dari kamu yang baru tau mengenai fakta ini kenapa begadang bisa membuat perut buncit dan juga membuat berat badan naik, Memangnya apa hubungannya begadang dengan bertambahnya berat badan? Nahh ini sangat Berhubungan banget lohh Yuk, simak penjelasan kami biar semakin paham.

Penelitian dari jurnal Sleep yang terbit pada tahun 2010 telah menemukan fakta bahwa seseorang yang memiliki kurang tidur lebih rentan mengalami kenaikan berat badan dibandingkan dengan orang yang tidur nya secara teratur dan stabil sekitar 7 jam, Hal ini terjadi akibat penambahan nafsu makan saat begadang, kok bisa nafsu makan malah naik saat begadang?

Dalam kondisi tersebut terjadi karena begadang dapat menurunkan kadar gula darah dan memicu hormon ghrelin untuk mengirim sinyal lapar ke otak sehingga terjadi NES atau Night Eeating Disorder Jika kamu terbiasa begadang sambil makan, maka hal itu akan menjadi kebiasaan buruk yang susah untuk dihilangkan.

Oleh karena itu cara paling ampuh adalah tidur dengan teratur sebelum larut malam dan berhenti begadang dan mengatur jadwal tidur kamu seideal mungkin, seperti contohnya dari jam 9 malam sampai 5 pagi atau maksimal jam 10 malam sampai 6 pagi namun jika sebelum jadwal tidur kamu merasakan lapar maka kamu harus memperbaiki pola makan sehari-hari kamu lalu Bagaimana caranya? Yuk kita lanjut ke tips kedua!

Mengatur Asupan Makan Dan Pola Makan

Mengatur Asupan Makan Dan Pola Makan

Jika kamu sudah mengatur jadwal tidur kamu dengan baik dan kamu sudah tidak lagi begadang semalaman namun ketika kamu ingin tidur kamu merasa lapar dan ingin sekali makan coba tahan lah rasa lapar tersebut dan lakukan cara lain yaitu dengan mengatur asupan pola makan kamu sehari hari, ini sangat ampuh buat kamu untuk mengurangi rasa lapar ketika ingin tidur berikut adalah caranya.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mulailah dengan sarapan yang penuh dengan kalori seperti karbohidrat, protein dan lemak baik, lalu setelah itu cobalah lengkapi juga dengan memakan buah buahan gunanya untuk mencegah kadar gula darah dalam tubuh kamu turun dan juga menstabilkan nya.

Selain mengubah asupan makanan saat sarapan kamu juga harus mengganti jadwal makan malam kamu sebelum jam 6 sore, untuk makan malam nya kamu bisa mengkonsumsi dengan buah, sayur dan kacang kacangan saja, selain itu kamu juga harus menghindari makan makanan manis atau yang mengandung MSG karena itu dapat membuat kamu tidak berhenti makan.

Selain memperbaikin asupan makanan untuk menghindari perut buncit kamu juga bisa menjaga pola makan kamu dengan dengan mengurangi makanan yang berkarbohidrat tinggi, kalori yang tinggi, makanan asin yang mengandung banyak garam dan juga makan makanan manis yang mengandung banyak gula, gantilah semua jenis makanan tersebut dengan pola makan yang lebih sehat seperti makanan yang berserat tinggi, protein, cuka apel, air putih dan juga teh hijau untuk mendapatkan hasil yang maksimal cobalah ketika kamu makan kunyah secara perlahan hal ini agar kamu cepat merasakan kenyang dan tidak membuat perut kamu kembung, dan jika kamu mengalami night eating disorder yang sudah sangat parah dan membuat kamu stres cobalah untuk buat diri kamu merasa rileks terlebih dahulu dengan meditasi atau meminum susu hangat yang rendah lemak tentunya dan jangan lupa untuk mandi air hangat sebelum tidur.

Mengurangi Stres

Mengurangi Stres

Apakah kamu sering mendapatkan tekanan entah itu dari pekerjaan kamu, dari pasangan kamu, dan juga dari kehidupan yang kamu jalani sehari hari ? Atau mungkin kamu sedang merasa tidak nyaman dengan lingkungan kamu ? hati hati lah karena ketika kamu merasakan ini semua ini bisa membuat kamu stres dan juga berlanjut dengan depresi, karena selain mendatangkan rasa gelisah stres juga dapat membuat yang berujung dengan berat badan kamu naik hingga perut buncit, bahaya banget kan efek dari stres ini yang bisa membuat berat badan kamu naik dan mungkin beberapa dari kamu pasti akan bertanya tanya apakah mungkin stres bisa jadi seperti itu

Berdasarkan studi yang sudah dijalankan oleh Garvan Institute of Medical Research di Australia, makanan yang kamu konsumsi ketika kamu mengalami stres akan membuat kamu mudah gemuk ketimbang orang yang makan saat kondisi tidak stres, bahkan orang yang sedang mengalami stres akan cenderung mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi, gula dan juga lemak.

Hal ini dapat terjadi karena otak melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang dapat memerintah tubuh kamu untuk merasakan lapar lapar walaupun sebenarnya perut kamu masih memiliki cukup makanan di dalamnya, selain itu koristol juga juga bisa membuat kamu cenderung mengkonsumsi makanan yang berlemak jahat dan juga tinggi karena dapat menstimulasi otak untuk meredakan tekanan stres dan depresi.

Oleh karena itu jagalah diri kamu agar terhindar dari stres yang berlebihan agar koristol tidak berlebihan dan dapat memicu perut buncit,lalu bagaimana caranya agar tidak mengalami stres yang berlebihan ? lakukan hal hal yang bisa membuat kamu senang misalnya kamu suka bermain basket atau olah raga lain nya, lakukan minimal seminggu 2 atau 3 kali agar membuat diri kamu senang dan terhindar dari stres dan depresi, atau misalnya kamu suka bermain gitar, mendaki gunung, traveling, dan liburan bareng sama teman teman kamu, intinya lakukanlah hal yang dapat membuat diri kamu senang sehingga kamu tidak mengalami stres dan depresi yang berlebihan

Melakukan Banyak Aktifitas Yang Menyenagkan

Melakukan Banyak Aktifitas Yang Menyenagkan

Bersantai dirumah bersama keluarga sambil menonton tv ataupun aktifitas yang lain nya pasti sangat menyenangkan, namun jangan terlalu santai juga lakukan lah hal lain yang bisa membuat aktifitas kamu banyak bergerak, karena jika kamu terlalu banyak bersantai itu akan menyebabkan perut kamu buncit ini bisa terjadi karena kurang nya gerak dan aktifitas pada tubuh kamu sehingga banyak lemak yang menupuk di beberapa bagian termasuk perut.

Buat kamu yang males gerak saat sedang kumpul dengan keluarga apalagi pastinya ketika berkumpul dengan keluarga banyak makanan yang menyebabkan perut buncit, oleh karena itu cobalah perbanyak aktifitas kamu ketika bersama dengan keluarga kamu misalnya seperti masak bareng keluarga, membersihkan halaman rumah, mencuci piring kamu yang baru saja kamu pakai makan, mencuci baju, mencuci piring, dan juga menyapu atau mengel lantai, jika kamu melakukan hal ini tubuh kamu akan selalu bergerak sehingga lemak lemak yang menumpuk dalam tubuh kamu akan berkurang.

Mungkin beberapa dari kamu memang sudah banyak yang masuk kerja atau datang ketempat kerja langsung, namun pasti ada beberapa dari kamu yang masih menjalankan perkerjaan nya dirumah atau WFH hal ini terjadi karena adanya COVID-19, nah buat kamu yang masih menjalankan WFH pastinya intensitas mager kamu pasti meningkat nihh oleh karena itu kami akan memberikan saran yang bagus buat kamu yang masih WFH agar perut kamu tidak buncit karena kurang nya aktifitas, jika kamu malas untuk berolahraga cobalah untuk berpuasa setidak nya 2 kali dalam seminggu dalam rentang waktu tertentu, dan biasanya puasa bisa kamu lakukan dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore.

Rajin Berolahraga

Rajin Berolahraga

Buat kamu yang masih WFH karena untuk menghindari virus Covid-19 sebaiknya kamu meningkatkan metabolisme tubuh kamu dengan berolahraga secara rutin, dengan begini kamu lemak dalam tubuh dan perut kamu juga akan berkurang, bahkan jika kamu rajin berolahraga ada gerakan yang dapat mengecilkan lingkar perut kamu lohh lalu apa saja sih olahraga nya.

Manfaatkanlah pagi hari kamu saat sedang menjalankan WFh dengan joging di pagi hari karena jika kamu rajin melakukan nya lingkar perut kamu akan mengecil dan perut buncit kamu pasti nya juga akan berkurang, cukup lakukan selama 30 menit secara rutin setiap harinya agar lemak dalam dalam perut kamu hilang secara maksimal, selain itu olahraga selain joging yang bisa kamu lakukan adalah sit up, gerakan olahraga ini memang sangat di fokuskan untuk mengecilkan area perut lakukan gerakan ini selama 30 kali setiap harinya agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Selain sit-up dan jogging, senam aerobik dan berenang juga merupakan olahraga yang sangat ampuh untuk mengecilkan lingkar perut. Lakukan olahraga di atas agar perut buncit dapat teratasi. Semangat, ya!

Bagikan Artikel Ini
img-content
Bayu Firmansyah

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler