Cara Kita Memutuskan Siapa Teman Kita - Humaniora - www.indonesiana.id
x

image: LoveDevani.com

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 Agustus 2022 06:46 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Cara Kita Memutuskan Siapa Teman Kita

    Kita menggunakan kata "teman" untuk menggambarkan berbagai hubungan yang menakjubkan. Menyebut seseorang sebagai teman mungkin tidak ada hubungannya dengan seberapa sering kita benar-benar melihatnya, tetapi itu mengkomunikasikan perasaan kedekatan yang mengangkat orang itu ke status khusus dalam hidup Anda.

    Dibaca : 690 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Persahabatan memiliki batas yang lebih kabur daripada hubungan lainnya.

    Poin-Poin Penting

    • Menentukan batas yang memisahkan teman dari kenalan bisa jadi rumit.
    • Latar belakang budaya seseorang adalah faktor kunci dalam bagaimana persahabatan dikelola.
    • Karena persahabatan membutuhkan investasi waktu dan sumber daya, kita hanya dapat mengelolanya dalam jumlah terbatas pada satu waktu.
    • Memiliki "chemistry" dengan orang lain adalah bahan utama untuk persahabatan yang solid.

     

    Kita menggunakan kata "teman" untuk menggambarkan berbagai hubungan yang menakjubkan. Menyebut seseorang sebagai teman mungkin tidak ada hubungannya dengan seberapa sering kita benar-benar melihatnya, tetapi itu mengkomunikasikan perasaan kedekatan yang mengangkat orang itu ke status khusus dalam hidup Anda.

    Dalam banyak hal, persahabatan memiliki batas-batas yang lebih kabur daripada kebanyakan hubungan lainnya. Misalnya, pergaulan kita dengan rekan kerja dimulai dengan pekerjaan kita dan berakhir ketika kita meninggalkan pekerjaan kita (kecuali rekan kerja itu juga menjadi teman), dan kerabat kita adalah kerabat kita sejak kita lahir sampai saat kita meninggal.

    Awal dan akhir persahabatan jarang ditandai dengan begitu jelas.

    Perubahan dalam persahabatan biasanya menyertai transisi kehidupan besar seperti menempuh pendidikan ke perguruan tinggi atau menikah, tetapi mempertahankan persahabatan lama selama transisi tersebut dapat membantu untuk menahan tekanan dari perubahan besar dalam hidup.

    Dimana Persahabatan Dimulai dan Perkenalan Berakhir?

    Bagaimana kita bisa tahu ketika seorang kenalan telah melewati batas menjadi persahabatan?

    Jawaban atas pertanyaan ini sebagian tergantung pada latar belakang budaya orang-orang yang terlibat. Persahabatan kurang mudah dibangun dalam budaya di mana struktur kekerabatan tetap kuat, dan ini semakin diperumit oleh fakta bahwa pola persahabatan bisa sangat berbeda antara kelas sosial dalam budaya yang sama. Orang Amerika cenderung menggunakan istilah "teman" lebih bebas dan longgar daripada orang-orang di masyarakat non-Barat, mungkin karena kata "kenalan" dalam bahasa Inggris telah memperoleh konotasi yang agak dingin. Jadi, kita dapat menggunakan "teman" untuk memberikan putaran yang lebih positif pada ikatan kita dengan orang lain.

    Beberapa budaya menggunakan kata-kata untuk menggambarkan tingkat persahabatan seperti yang kadang-kadang digunakan oleh anak muda Amerika dengan akronim “BFF” (Best Friends Forever) untuk membedakan beberapa teman dari yang lain. Misalnya, di Polandia, ada kata-kata yang menggambarkan intensitas persahabatan yang berbeda. Seorang przyjaciel adalah orang dengan siapa seseorang mungkin memiliki hubungan jangka panjang yang ditandai dengan banyak pengungkapan diri. Terjemahan bahasa Inggris terbaik mungkin akan menjadi teman terbaik, meskipun frasa ini digunakan lebih bebas di Amerika Serikat daripada przyjaciel digunakan di Polandia.

    Istilah yang paling tidak akrab, znajomy, berhubungan erat dengan kata "kenalan" dalam bahasa Inggris. Ada ritual di mana seorang znajomy secara formal memperoleh status yang lebih akrab dan menjadi seorang kolega, yang kira-kira setara dengan “buddy” dalam bahasa Inggris. Hal ini terjadi ketika kedua pihak – terlepas dari jenis kelamin mereka – memberikan izin bersama untuk saling menyapa di masa depan dengan nama depan mereka alih-alih dengan gelar yang lebih formal seperti Ms. atau Mr. A sering mengikuti perayaan, sering kali dengan pasangan minum, tembakan alkohol sementara lengan mereka terkait.

    Karena persahabatan membutuhkan investasi waktu dan sumber daya lainnya, kita hanya dapat mengelolanya dalam jumlah terbatas pada satu waktu. Akibatnya, para peneliti menyarankan agar kita terus-menerus, jika tidak sadar, melacak berapa banyak teman yang kita miliki sehingga kita dapat menyimpan nomor itu di zona nyaman kita.

    Saat memutuskan siapa yang baru diterima di klub dan siapa yang perlu dibuang, terkadang kita perlu membuat keputusan yang keras. Kami ingin mempertahankan orang-orang yang dapat diandalkan selama masa-masa sulit, tetapi kami juga perlu mengganti orang-orang yang menimbulkan biaya yang tidak diinginkan pada kami dalam hal waktu, uang, atau kelelahan emosional.

    Dan kami hampir pasti ingin mempertahankan orang-orang yang memiliki "kedekatan" dengan kami.

    Seberapa Penting Chemistry dalam Persahabatan?

    Sebagian besar dari kita memiliki perasaan intuitif tentang bagaimana memiliki chemistry dengan seseorang yang terlihat dan terasa. Ada kemudahan dan aliran untuk berinteraksi dengan mereka; kelancaran dan keselarasan dalam perilaku nonverbal, pergantian percakapan, dan cara humor disebarkan. Ada keyakinan bahwa Anda membaca emosi dan niat satu sama lain dengan benar. Semua ini membuat pengalaman interpersonal menjadi energi dan menyenangkan, dan interaksi yang didukung oleh chemistry mendorong hubungan yang lebih dari sekadar jumlah bagian-bagiannya.

    Sebuah instrumen yang disebut "Kuesioner Chemistry Persahabatan" telah dikembangkan yang mengidentifikasi lima faktor utama yang berkontribusi pada chemistry dalam hubungan, yaitu:

    •    Kejujuran dan Keterbukaan Timbal Balik
    •    Kepentingan Bersama
    •    Kehangatan dan Menjadi Kepribadian
    •    Nilai dan Pandangan Dunia yang Serupa (terutama penting dalam persahabatan)
    •    Ketertarikan Fisik (terutama penting dalam hubungan romantis)

    Hubungan interpersonal yang menampilkan kualitas-kualitas ini sedang dalam perjalanan menuju persahabatan. Lemparkan sedikit chemistry dan, yah, seperti yang dikatakan karakter Humphrey Bogart, Rick di baris terakhir film Casablanca, "Louis, aku pikir ini adalah awal dari persahabatan yang indah."

    ***
    Solo, Jumat, 26 Agustus 2022. 11:03 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

     

    Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.