x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Minggu, 28 Agustus 2022 07:29 WIB

Tahu; Manfaat, Resep serta Olahannya

Tahu adalah kedelai olahan yang dicairkan dan dikentakan menjadi kotak-kotak. Berdasarkan strukturnya, tahu dapat dibedakan menjadi tahu kuat, tahu lunak, dan tahu sutra.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahu adalah kedelai olahan yang dicairkan dan dikentakan menjadi kotak-kotak. Berdasarkan strukturnya, tahu dapat dibedakan menjadi tahu kuat, tahu lunak, dan tahu sutra.

Namun, ketiga jenis tahu ini memiliki kandungan makanan yang hampir sama. Hanya saja, tahu dengan struktur padat memiliki lebih banyak kalori dan nutrisi di dalamnya daripada tahu dengan penampilan yang lembut.

Selain memberi protein, tahu juga mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat, dan lemak. Kandungan asam amino esensial dan juga berbagai mineral, seperti kalsium, selenium, fosfor, magnesium, dan zat besi, juga dapat ditemukan pada tahu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berbagai Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya, tak heran jika tahu ini bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan dan kebugaran bagi kesehatan tubuh. Berikut ini di bawah ini adalah beberapa manfaat tahu yang dapat diperoleh:

1. Mampu menurunkan kadar gula darah

Tahu ini memiliki isoflavon yang berasal dari sumber utamanya, khususnya kedelai. Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai dapat menurunkan kadar glukosa darah dan juga menjaganya tetap aman.

Akibatnya, tahu adalah makanan enak yang dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun demikian, hubungan antara konsumsi tahu dan penurunan kadar gula darah masih memerlukan studi penelitian tambahan.

2. Meningkatkan stamina tulang

Selain dipercaya dapat mengatur gula darah, kandungan isoflavon pada tahu juga dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa isoflavon dapat meningkatkan kepadatan tulang, sehingga menurunkan risiko terjadinya pengeroposan tulang, terutama pada wanita yang baru saja memasuki masa menopause. Tidak hanya itu, tahu ini juga kaya akan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Menjaga fitur pikiran serta kesehatan.

Makan tahu diakui sangat baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Keunggulan ini berasal dari kandungan isoflavon serta lesitin pada tahu yang dapat meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi, khususnya pada lansia.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti tahu dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan demikian, manfaat tahu ini bermanfaat menghindari penumpukan kolesterol di pembuluh darah, sehingga mengurangi bahaya penyakit kardiovaskular dan juga aterosklerosis.

5. Mencegah perkembangan sel kanker

Tahu memiliki isoflavon dan antioksidan yang diduga dapat menghambat perkembangan sejumlah sel kanker, seperti sel kanker prostat, sel kanker usus besar, dan sel kanker payudara.

Selain beberapa manfaat di atas, tahu juga disebut sebagai sumber zat besi, sehingga dapat menjaga produksi sel darah merah dalam tubuh dan juga melindungi dari anemia.

Resep dari Tahu

Untuk mendapatkan berbagai manfaat tahu di atas, Anda bisa mengolahnya sesuai dengan selera anda. Salah satu menu lezat yang bisa Anda coba adalah Pepes Tahu. Berikut di bawah ini adalah bahan aktif dan cara membuatnya:

Bahan-bahan

- 6 buah tahu putih ukuran sedang

- 2 siung bawang putih

- 2 siung bawang merah

- 2 butir telur

- 1,5 sendok teh lada bubuk

- Daun bawang secukupnya

- Daun kemangi secukupnya

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

- Daun pisang

Cara memasak

- Haluskan bawang merah dan bawang putih.

-Iris daun bawang tipis-tipis.

-Lembutkan tahu, kemudian masukkan bawang putih dan juga bawang merah yang sudah ditumbuk halus.

- Masukan daun bawang yang sudah di potong, daun kemangi, garam, gula, dan telur ke dalam adonan tahu yang sudah dihancurkan.

- Aduk secara merata semua bahan-bahan sampai tercampur dan bungkus menggunakan daun pisang yang sudah di cuci.

- Rebus Selama kurang lebih sekitar 20 menit.

- Angkat dan pepes tahu pun siap dihidangkan untuk keluarga anda.

Tidak hanya enak atau mudah diolah, Anda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari tahu. Meskipun demikian, jika Anda memiliki masalah tertentu atau mengalami reaksi alergi setelah makan tahu, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat.

 

Sumber : Tempat Kuliner Malam Cirebon

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler