Kemah Literasi Jawa Barat 2022 Deklarasikan Taman Bacaan Ramah Anak - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 5 September 2022 07:20 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Kemah Literasi Jawa Barat 2022 Deklarasikan Taman Bacaan Ramah Anak

    Deklarasikan TBM Ramah Anak, Forum TBM Jawa Barat tutup Kemah Literasi 2022. Ajak pegiat literasi perkuat literasi budaya tanah Sunda

    Dibaca : 745 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kemah Literasi Jawa Barat 2022 resmi ditutup dengan pembacaan Deklarasi TBM Ramah Anak di Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor Sumedang (4/9/2022). Dibacakan Aam Siti Amanah (Ketua Forum TBM Jawa Barat), pegiat litetasi se-Jawa Barat bertekad menerapkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ramah Anak. TBM yang membebaskan anak-anak dari kekerasan fisik dan nonfisik, perundungan dan mampu menjadi sahabat baik anak-anak Indonesia.

    Diikuti lebih dari 200 pegiat literasi se-Jawa Barat, Kemah Literasi 2022 ini mengusung tema "Literasi Budaya Bandung Purba Sebagai Wadah Melestarikan Kembali Pusaka Bumi Bandung" sebagai upaya memperkuat literasi budaya tanah Sunda. Kemah Literasi 2022 resmi ditutup oleh Kang Opik (Ketua Umum PP Forum TBM) didampingi Kang Maman Suherman (Penasehat Forum TBM) sambil seluruh pegiat literasi yang hadir pun berjabat tangan sebagai bukti komitmen menegakkan aktivitas taman bacaan dan budaya literasi masyarakat.

    Sebagai sarana menambah wawasan dan sikap mental pegiat literasi, Kemah Literasi Jawa Barat 2022 kali ini lebih berkualitas dengan menampilkan narasumber seperti 1) Pengenalan Sejarah Bandung Purba oleh T. Bachtiar (Ahli Geologi dan Penulis Bandung Purba), 2) Penguatan Organisasi Forum TBM oleh Opik, M.Pd (Ketua Forum TBM Pusat), 3)  Merawat Semangat Kerelawanan dalam Gerakan Literasi oleh Bayu Gautama (Founder Sekolah Relawan), 4) Budaya Sunda dari Perspektif Orang Asing oleh Prof. Davidescu Cristiana Victoria (Direktur Pasca Sarjana UNLA), 5) Jati Diri Masyarakat Sunda oleh Etty RS (Budayawan/Sing Rancage), 6) Pendokumentasiaan Budaya oleh Kusnandar, M.Si (Dosen UNPAD), dan 7) Menyempurnakan Gerakan TBM dengan Menulis oleh Maman Suherman (Penasehat Forum TBM). Tidak kalah menarik acara menarik di Kemah Literasi 2022 ini adalah presentasi artefak dari masing-masing pegiat literasi di berbagai daerah di Jawa Barat dan final lomba baca puisi Sunda.

     

    Aroma tanah Sunda begitu kental di Kemah Literasi Jawa Barat 2022. Mulai dari tari jaipong, dalang cilik Sunda, penulisan sejarah desa, hingga senam khas tanah Sunda. Melalui Kemah Literasi 2022 ini, Forum TBM Jawa Barat berharap pegiat literasi di TBM dapat terus mengembangan gerakan sosial untuk menajdikan taman bacaan lebih inklusif. Di samping tetap saling bahu-membahu dalam menegakkan tradisi baca di taman bacaan.

     

    Kemah Literasi 2022 pun mampun menjadi media afirmatif pegiat literasi untuk memompa semangat berkiprah di taman bacaan secara lebih kreatif dan berkualitas. Untuk itu, pegiat literasi di Jawa Barat harus terus meningkatkan kapasitas diri, di samping berani untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Demi tegaknya TBM yang ramah anak dan mampu berkontribusi lebih siginifikan di masyarakat.

     

    Apapun tantangannya, taman bacaan dan kiprah pegiat literasi harus terus dialirkan. Sehingga literasi mampu mengajak banyak orang mengubah niat baik jadi aksi nyata. Menuju masyarakat Indonesia yang lebih literat. Karena itu, taman bacaan dan gerakan literasi adalah jalan, bukan tujuan. Salam litetasi. #kemahLiterasi #ForumTBMJawaBarat #TBMLenteraPustaka

     

    Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.