Berapa Lama Gangguan Kecemasan Berlangsung? - Analisis - www.indonesiana.id
x

image: RSUD - Read-post

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 9 September 2022 19:33 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Berapa Lama Gangguan Kecemasan Berlangsung?

    Penting untuk dipahami bahwa masing-masing gangguan kecemasan ini muncul secara berbeda untuk setiap orang, dan mereka dapat sangat melumpuhkan kehidupan penderitanya. Namun, dengan perawatan dan pengobatan, seseorang biasanya dapat menjalani kehidupan yang sukses dan bahagia di samping gangguan kecemasan yang didiagnosis.

    Dibaca : 651 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kecemasan adalah penyakit yang jahat, kejam, tidak terlihat yang dalam, gelap, dan melemahkan.

    Kecemasan mengambil bentuk banyak gejala fisik dan mental. Seseorang dengan gangguan kecemasan mungkin mengalami jantung berdebar, sakit perut, dan nyeri tubuh. Mereka mungkin juga berjuang untuk melakukan tugas sehari-hari.

    Meskipun kecemasan adalah perasaan yang dimaksudkan untuk membuat seseorang tetap aman, ketika perasaan itu mulai mengganggu kehidupan, dan menjadi sulit untuk tenang, inilah saatnya untuk mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter Anda karena Anda mungkin memiliki gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan dapat diobati, tetapi kesabaran diperlukan.

    Misalkan Anda baru didiagnosis atau mendukung orang yang dicintai dengan gangguan kecemasan. Dalam hal ini, Anda mungkin bertanya-tanya berapa lama itu akan bertahan. Meskipun lamanya waktu gangguan kecemasan akan berlangsung berbeda untuk setiap orang, ada beberapa variabel dan faktor penting yang perlu dipertimbangkan yang akan membantu Anda memahami berapa lama gangguan kecemasan akan berlangsung.

    Ada beberapa gangguan kecemasan yang berbeda, masing-masing bervariasi dalam intensitas dan presentasi yang berbeda juga. Beberapa gangguan kecemasan yang paling umum adalah: gangguan kecemasan umum, gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, gangguan terkait fobia, dan gangguan kecemasan perpisahan.

    Penting untuk dipahami bahwa masing-masing gangguan kecemasan ini muncul secara berbeda untuk setiap orang, dan mereka dapat sangat melumpuhkan kehidupan penderitanya. Namun, dengan perawatan dan pengobatan, seseorang biasanya dapat menjalani kehidupan yang sukses dan bahagia di samping gangguan kecemasan yang didiagnosis.

    Gangguan Kecemasan Umum (GKU)

    Salah satu gangguan kecemasan umum dikenal sebagai GKU atau Gangguan Kecemasan Umum. Seperti namanya, itu adalah perasaan cemas tentang hal-hal umum. Menjalani hidup dengan gangguan kecemasan umum membawa banyak tantangan.

    Orang dengan gangguan kecemasan umum mengalami perasaan khawatir dan panik yang hampir konstan. Ini adalah kekhawatiran tentang segalanya, dan rasanya tidak mungkin untuk dikendalikan.

    Gejala GKU termasuk perasaan gelisah dan resah, sulit berkonsentrasi, sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan, ketidakmampuan untuk mengendalikan perasaan yang berhubungan dengan kekhawatiran, dan masalah dengan tidur — terlalu banyak atau terlalu sedikit.

    Dalam kehidupan nyata, ini bisa terlihat seperti tidak dapat menyelesaikan tugas pekerjaan karena Anda tidak bisa fokus, sakit kepala terus-menerus, sakit perut yang tidak berpola, dan kehilangan kesabaran dengan orang lain. Mungkin juga membuat hubungan romantis menantang dan menghambat persahabatan. Sulit untuk mengelola gangguan kecemasan ini. Ini membutuhkan penetapan batasan yang jelas, perawatan diri, dan kunjungan rutin ke penyedia layanan kesehatan Anda.

    Sayangnya, banyak orang berjuang dengan gangguan kecemasan umum untuk waktu yang lama sebelum mereka mencari bantuan. Jika gangguan kecemasan berasal dari masa kanak-kanak, dapat menjadi rumit bagi seseorang untuk mengenali bahwa mereka memiliki masalah karena mereka telah menghabiskan seluruh hidup mereka mengkhawatirkan segala sesuatu dan apa saja dan percaya itu normal.

    Ketika saya pertama kali didiagnosis dengan gangguan kecemasan saya, GKU, saya terkejut. Saya sedang dinilai untuk ketidakseimbangan suasana hati dan ketidakstabilan; saya terkejut mengetahui bahwa saya hidup dengan kecemasan yang tidak terdiagnosis. Ketika Anda tumbuh dengan itu, Anda tidak tahu apa-apa yang berbeda. Tetapi, pada akhirnya, itu tidak normal dan dapat dan harus diobati.

    Setelah didiagnosis dengan gangguan kecemasan umum, Anda mungkin akan memiliki banyak pertanyaan. Aku tahu aku melakukannya. Pertanyaan membanjiri otakku. Apakah aku akan selalu mengalami gangguan kecemasan ini? Apakah aku selalu memilikinya? Apa yang aku lakukan sekarang? Dan jawaban atas semua pertanyaan ini tidak sesederhana ya atau tidak. Tetapi, saya akan membagikan beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika Anda bertanya-tanya tentang itu.

    Kenyataannya adalah, jika Anda didiagnosis dengan GKU, kemungkinan Anda juga mengalaminya di masa kanak-kanak. Saat itu, kesehatan mental tidak seperti yang dibicarakan, dan semuanya sama sekali berbeda. Anak-anak belajar menenangkan diri, dan kita tidak membicarakan tentang betapa khawatir yang berlebihan itu berbahaya dan tidak perlu. Tetapi itu bisa diobati dan Anda bisa mendapatkan bantuan.

    GKU sepenuhnya dapat diobati, tetapi tidak dapat disembuhkan. Ini berarti bahwa melalui obat-obatan, terapi, penguatan keterampilan manajemen stres, dan faktor-faktor lain seperti membatasi alkohol dan kafein, Anda dapat belajar mengendalikannya dan mengurangi intensitas gejala Anda.

    Beberapa musim dalam hidup Anda mungkin penuh dengan kecemasan yang intens, lumpuh dengan gejala yang parah, dan itu bisa sangat mengganggu seluruh hidup Anda. Sedangkan waktu lain bisa tentram, damai, dan tenang. Selalu ingat bahwa pemulihan, penyembuhan, dan adaptasi tidak linier. GKU surut dan mengalir sama seperti kehidupan.

    Pengobatan GKU

    Membuat dan tetap berpegang pada rencana perawatan untuk gangguan kecemasan umum membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan keyakinan. Saya mengatakan ini karena ini bukan satu ukuran yang cocok untuk semua jenis barang. Setiap orang dengan gangguan kecemasan ini unik, dan apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk yang lain dan sebaliknya.

    Perawatan biasanya mencakup beberapa bentuk psikoterapi dan pengobatan. Namun, ada banyak obat, dan perlu kesabaran untuk mencobanya, menjalani efek sampingnya, dan kemudian menentukan apakah itu cocok atau tidak.

    Hal-hal lain yang membantu dengan GKU adalah mempertahankan rutinitas, memantau konsumsi kafein dan alkohol, menjaga pola makan yang sehat, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

    Meskipun hidup dengan gangguan kecemasan tentu saja merupakan perjuangan yang berat, itu bukan tidak mungkin. Memperlakukan dan memperkuat keterampilan mengatasi dapat membuat pendakian sedikit lebih mudah. Terhubung dengan orang yang Anda cintai tentang perasaan Anda sehingga mereka dapat membantu dan mendukung Anda. Anda tidak sendiri!

    Berapa lama gangguan kecemasan umum berlangsung?

    Kecemasan itu sendiri adalah sesuatu yang mungkin harus selalu Anda kelola. Beberapa hari akan kurang cemas daripada yang lain, dan mempelajari teknik dan alat penghilang stres dapat sangat memengaruhi kehidupan dan kemampuan Anda secara keseluruhan untuk berfungsi. Gangguan kecemasan umum dapat diobati tetapi tidak disembuhkan. Gejala dapat muncul selama berbagai musim kehidupan dan menetap dengan orang lain.

    Penting untuk diingat bahwa ada bantuan dan perawatan yang tersedia, dan mendapatkan diagnosis yang tepat adalah langkah pertama. Lakukan panggilan telepon dan cari bantuan jika Anda berada di sana. Kecemasan sulit untuk dihadapi, dan Anda tidak perlu berjuang sendirian.

    Gangguan Panik

    Gangguan panik adalah gangguan kecemasan yang terdiri dari setidaknya dua serangan panik. Serangan panik memiliki banyak gejala, dan orang yang mengalaminya biasanya merasakan beberapa gejala secara bersamaan. Serangan panik membawa rasa teror pada individu. Anda merasa seperti berada dalam bahaya yang ekstrem, dan jantung Anda berdebar kencang, bahkan mungkin beberapa kilogram. Anda gemetar, bahkan berkeringat. Anda tidak yakin apakah Anda panas atau dingin; tidak ada yang benar-benar masuk akal.

    Orang mungkin mencoba memberi tahu Anda bahwa Anda aman, semuanya baik-baik saja, tetapi Anda bahkan tidak yakin apakah itu nyata. Apa yang sedang terjadi? Biasanya, perasaan itu berlalu dalam waktu sepuluh menit, tetapi kadang-kadang tetap ada. Ini adalah serangan panik, dan itu terjadi tanpa peringatan, apakah Anda siap atau tidak. Ini adalah penyakit mental yang sulit untuk dijalani; tanpa pengobatan, itu bisa sangat menggagalkan hidup Anda.

    Pengobatan Gangguan Panik

    Perawatan untuk penyakit mental ini dapat terdiri dari salah satu atau keduanya psikoterapi dan obat-obatan. Terapi perilaku kognitif, khususnya, bermanfaat bagi orang dengan gangguan panik karena mengajarkan berbagai cara berpikir dan bereaksi terhadap perasaan, gejala fisik, dan pemicu. Seiring waktu, serangan dapat berkurang dengan pengelolaan gejala kecemasan fisik.

    Obat yang digunakan untuk gangguan panik bervariasi. Selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), serotonin-norepinephrine reuptake inhibitor (SNRI), beta-blocker, dan berbagai obat anti-kecemasan adalah beberapa pilihan untuk mengobati gangguan panik. Ingatlah bahwa beberapa obat membutuhkan waktu beberapa minggu untuk mendapatkan efek penuh, jadi bersabarlah dan buatlah rencana krisis yang solid yang dapat Anda capai dengan cepat.

    Beberapa hal lain yang dapat dilakukan seseorang dengan gangguan panik untuk membantu mendidik diri mereka sendiri adalah membicarakannya dengan orang yang dicintai dan mengetahui batasan dan tanda-tanda krisis mereka.

    Kapan gangguan panik hilang?

    Dengan pengobatan, kesabaran, dan kerja keras, konsisten, gejala gangguan panik dapat dikurangi dan kadang-kadang terhapus sama sekali dalam beberapa bulan. Namun, ingatlah bahwa dibutuhkan kunjungan rutin ke penyedia layanan kesehatan Anda, menemukan obat yang tepat, dan mempelajari teknik untuk mengurangi intensitas gejala kecemasan.

    Gangguan Kecemasan Sosial (GKS)

    Gangguan kecemasan sosial adalah penyakit mental yang sangat menantang untuk dijalani. Meskipun perasaan malu adalah hal yang normal, orang dengan GKS berjuang dengan interaksi sehari-hari dan sering kali diliputi kecemasan, rasa malu, dan ketakutan akan dihakimi secara kasar oleh orang lain.

    Hidup dengan gangguan kecemasan ini dapat secara signifikan memengaruhi kehidupan pribadi, karier, hubungan, dan kemampuan seseorang untuk berfungsi. Tanpa pengobatan dan perawatan, orang dapat mengisolasi diri untuk menghindari situasi sosial.

    Gejala GKS berkisar dari kekhawatiran akan rasa malu dan penghinaan, ketakutan yang mengamuk untuk berbicara dengan orang lain, menghindari situasi di mana Anda akan menjadi fokus, dan ketakutan yang parah di lingkungan sosial. Ada gejala lain juga, tetapi ini adalah yang paling umum.

    GKS bukan hanya masalah rasa malu, tetapi perasaan penilaian yang intens oleh orang lain, khawatir bahwa Anda akan mengatakan hal yang salah, kecemasan menjadi sorotan, dan banyak lagi. GKS lebih dari sekadar rasa malu, tetapi masih bisa diatasi.

    Bagaimana cara mengobati gangguan kecemasan sosial?

    Gangguan kecemasan sosial dapat diobati secara efektif dengan psikoterapi. Bekerja dengan terapis yang berkualifikasi dapat membantu seseorang meningkatkan kepercayaan diri dan narasi batin mereka, yang dapat mengurangi gejala gangguan. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan ini berkisar dari SSRI umum, SNRI, anti-depresan, dan beta blocker.

    Berapa lama gangguan kecemasan sosial berlangsung?

    GKS memengaruhi setiap orang secara berbeda; oleh karena itu, lamanya waktu itu diperparah dan dipicu berbeda untuk masing-masing juga. Semakin cepat seseorang mencari pengobatan dan dukungan, semakin cepat mereka dapat menangani gejala mereka dengan lebih baik. Ingatlah bahwa banyak rencana perawatan membutuhkan waktu untuk melihat bagaimana mereka memengaruhi kecemasan sosial Anda sepenuhnya. Tetap sabar dan terus bekerja untuk mengurangi gejala Anda.

    Gangguan Terkait Fobia

    Gangguan terkait fobia adalah bentuk kecemasan yang menyebabkan seseorang merasakan ketakutan yang sama sekali tidak rasional dan ekstrem terhadap sesuatu. Orang yang berjuang dengan ini bahkan mungkin menyadari bahwa ketakutan itu sepenuhnya tidak rasional tetapi tidak bisa mengendalikannya. Rasa takutnya sangat kuat, dan gejala fisik dapat menyebabkan banyak gangguan dalam kehidupan seseorang.

    Meskipun ada beberapa bentuk fobia yang berbeda, gejala gangguan terkait fobia tetap relatif sama. Gejala dapat muncul secara fisik berupa berkeringat, detak jantung berdebar kencang, hot flashes, mulut kering, kesemutan, dan banyak lagi. Selain itu, orang dengan gangguan terkait fobia akan memiliki ketakutan dan kecemasan yang tidak terkendali saat terpapar pemicunya dan perasaan bahwa pemicunya harus dihindari.

    Berapa lama gangguan terkait fobia berlangsung?

    Biasanya, gangguan terkait fobia cenderung seumur hidup. Namun, di situlah intervensi dan pengobatan sangat penting. Melalui berbagai teknik psikoterapi, orang dengan gangguan terkait fobia dapat belajar mengatasi gejala fisik yang ditimbulkan oleh gangguan tersebut dan mengurangi dampak keseluruhannya terhadap kehidupan mereka.

    Seperti halnya semua penyakit mental, dibutuhkan usaha dan konsistensi untuk muncul, minum obat yang diresepkan, dan berpartisipasi aktif dalam terapi. Misalkan Anda melakukan semua hal. Dalam hal ini, Anda dapat berharap untuk mendapatkan penanganan yang baik pada gangguan terkait fobia Anda dan mengurangi intensitas gejala Anda.

    Gangguan Kecemasan Perpisahan (GKP)

    Meskipun lebih sering terjadi pada remaja dan remaja, gangguan kecemasan perpisahan dapat muncul pada orang dewasa. Hal ini dapat menyebabkan banyak hambatan dalam hidup seseorang. Ini bisa menyangkut pekerjaan, rumah, atau hubungan lain dan menyebabkan kekacauan dan stres yang sangat besar.

    GKP pada anak-anak diperlakukan berbeda dari pada orang dewasa, sama seperti gangguan kecemasan lainnya. Orang dewasa yang hidup dengan GKP dapat berpartisipasi dalam terapi dan belajar keterampilan untuk mengatasi lebih baik. Setelah keterampilan yang baru diperoleh ini diterapkan untuk jangka waktu yang lama, gejala biasanya akan berkurang intensitasnya.

    Apakah gangguan kecemasan perpisahan akan hilang?

    Dengan dedikasi, ketekunan, dan kesabaran, seseorang dengan gangguan kecemasan perpisahan dapat bekerja untuk menghilangkan atau setidaknya secara signifikan mengurangi gejala mereka. Faktor kuncinya terletak pada mengenali kapan kecemasan perpisahan menjadi masalah dan kapan itu hanya khas. Jika itu mengganggu aktivitas hidup biasa, itu adalah masalah dan harus didiskusikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

    Cara menjalani kehidupan yang penuh dengan gangguan kecemasan.

    Pada titik ini dalam artikel, Anda mungkin kewalahan atau cemas. Ini adalah beberapa gangguan kecemasan parah yang kami bagikan hari ini dan beberapa efek samping yang berpotensi melemahkan. Namun, penting untuk dicatat bahwa adalah mungkin untuk memiliki kehidupan yang bahagia dan penuh bersama dengan gangguan kecemasan.

    Namun, diagnosis, pengobatan, dan perawatan berkelanjutan merupakan faktor penting. Untuk menjalani kehidupan yang penuh dengan gangguan kecemasan, seseorang dapat mengambil manfaat dari membatasi kafein dan alkohol, makan makanan yang sehat dan padat nutrisi, berpartisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur, dan berkomitmen untuk perawatan diri dan pengembangan diri.

    Gangguan kecemasan dapat melemahkan, tetapi dengan perawatan, terapi, dan dukungan medis, seseorang dapat memperbaiki dan mengurangi intensitas gejalanya. Seseorang dengan gangguan kecemasan dapat mempelajari keterampilan mengatasi dan tips manajemen stres untuk mengurangi keparahan gejala mereka.

    Tentu saja, kecemasan itu sendiri akan selalu ada. Ini adalah perasaan normal yang memiliki tujuan—untuk memandu pengambilan keputusan dengan penekanan pada keselamatan. Tetapi orang dapat memperkuat kontrol mereka atas gejala mereka dan berpartisipasi dalam berbagai terapi untuk meningkatkan kesehatan mental mereka.

    Bisakah gangguan kecemasan kembali?

    Setelah Anda mendapatkan kendali atas gejala Anda dan semuanya berjalan dengan baik dan stabil, sebuah pemikiran mungkin muncul di benak Anda: "Apakah kecemasan saya akan kembali?" Sekali lagi, penting untuk berhati-hati dan pada saat ini. Sadarilah pikiran Anda dan kembalikan diri Anda ke satu napas pada satu waktu.

    Gangguan kecemasan tidak linier, seperti segala sesuatu dengan kesehatan mental. Ada pasang surut yang besar. Beberapa musim dalam hidup Anda mungkin terasa luar biasa dan tidak terkendali. Sebaliknya, yang lain akan dikemas dengan meditasi, yoga, dan latihan pernapasan. Berhati-hatilah untuk tidak membandingkan perjalanan Anda dengan orang lain tetapi hanya untuk hadir dan fokus merawat diri sendiri dan melakukan hal-hal baik untuk kesehatan mental Anda.

    Bisakah gangguan kecemasan menjadi lebih buruk?

    Tanpa perawatan atau intervensi yang tepat, gangguan kecemasan, sayangnya, bisa menjadi lebih buruk. Pemicunya mungkin menjadi lebih sensitif, dan gejalanya bisa bertambah parah. Yang terbaik adalah selalu menjaga kontak yang konsisten dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk memeriksa dan mengevaluasi perasaan Anda.

    Gangguan kecemasan yang tidak diobati dan tidak terdiagnosis dapat menyebabkan masalah parah dalam kehidupan manusia. Ini berpotensi memicu masalah kesehatan lain juga, seperti depresi. Jika gangguan kecemasan Anda tidak membaik, dan Anda tidak merasa lebih baik bahkan setelah memulai perawatan, hubungi penyedia medis Anda lagi. Penting untuk mencari bantuan, perhatian, dan dukungan sesegera mungkin.

    Apakah gangguan kecemasan permanen?

    Biasanya, gangguan kecemasan dapat meningkat secara signifikan dengan perawatan medis, psikoterapi, dan, jika diperlukan, pengobatan. Sangat penting untuk mengakui bahwa tingkat kecemasan yang rendah dalam kehidupan sehari-hari adalah normal dan bahwa gangguan kecemasan biasanya mengganggu kehidupan dan tugas-tugas kehidupan sehari-hari. Sementara gangguan kecemasan tidak akan "disembuhkan", itu bisa diperbaiki. Seseorang dengan gangguan kecemasan dapat membaik dan, dengan perawatan yang memadai, sangat mengurangi gangguan kecemasan mereka.

    Kunci yang Bisa Kita Bawa

    Jika Anda berjuang dengan gangguan kecemasan yang terdiagnosis atau tidak terdiagnosis, Anda mungkin merasa kewalahan, putus asa, dan bingung. Meskipun Anda mungkin telah berjuang dengan kecemasan selama beberapa waktu, Anda dapat belajar lebih banyak dan mengembangkan keterampilan mengatasi setelah Anda menerima diagnosis resmi.

    Mendidik diri sendiri tentang gangguan Anda itu penting, seperti berhubungan dengan orang-orang yang mendukung Anda dan berkomitmen untuk mempelajari keterampilan untuk meredakan pemicu Anda. Gangguan kecemasan dapat diobati melalui kombinasi psikoterapi dan obat-obatan. Seringkali membutuhkan kesabaran untuk menemukan yang tepat, tetapi teruskan karena itu mungkin.

    Melalui dukungan, pengobatan, dan keterampilan mengatasi yang kuat, seseorang dapat sangat mengurangi gejalanya dan berpotensi meringankannya sepenuhnya.

    Gangguan kecemasan berbeda untuk setiap orang dan dapat berubah seiring dengan naik turunnya kehidupan. Tetap fokus untuk merawat diri sendiri, mempraktikkan perawatan diri dan cinta diri, dan tampil untuk diri sendiri. Mempertahankan pola pikir positif dapat menghasilkan dampak jangka panjang pada gangguan kecemasan.

    Ingin meredakan gejala kecemasan Anda lebih cepat dan merasa lebih baik dalam waktu yang lebih lama? Berbicara dengan seseorang benar-benar dapat membantu Anda menangani apa pun yang dilemparkan kehidupan kepada Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menghilangkan pikiran dan kekhawatiran Anda sehingga Anda dapat mengatasinya.

    Kami sangat menyarankan Anda berbicara dengan terapis daripada teman atau anggota keluarga. Mengapa? Karena mereka dilatih untuk membantu orang dalam situasi seperti Anda. Mereka dapat membantu Anda untuk lebih memahami gangguan kecemasan Anda sambil juga menyediakan mekanisme yang disesuaikan untuk membantu Anda mengatasi gejalanya.

    Meskipun Anda mungkin mencoba menyelesaikannya sendiri, ini mungkin masalah yang lebih besar daripada yang bisa diatasi oleh swadaya. Dan jika itu memengaruhi kesejahteraan mental, hubungan, atau kehidupan Anda secara umum, itu adalah hal penting yang perlu diselesaikan.

    Terlalu banyak orang yang mencoba mengatasi dan melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah yang tidak pernah benar-benar mereka atasi. Jika memungkinkan dalam keadaan Anda, terapi adalah 100% cara terbaik ke depan.

    Anda sudah mengambil langkah pertama hanya dengan mencari dan membaca artikel ini. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan saat ini adalah tidak melakukan apa-apa. Yang terbaik adalah berbicara dengan terapis. Hal terbaik berikutnya adalah menerapkan semua yang telah Anda pelajari di artikel ini sendiri. Pilihan ada pada Anda.

    ***
    Solo, Jumat, 9 September 2022. 9:11 am
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

     

    Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.