Inilah 5 Obyek Wisata di Kota Jambi - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Jumat, 23 September 2022 19:41 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Inilah 5 Obyek Wisata di Kota Jambi

    Provinsi Jambi adalah sebuah kota yang tepatnya berada di pulau Sumatera, sekaligus merupakan ibu kota dari Provinsi Jambi.

    Dibaca : 296 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Provinsi Jambi adalah sebuah kota yang tepatnya berada di pulau Sumatera, sekaligus merupakan ibu kota dari Provinsi Jambi. Berikut dibawah ini lima obyek wisata yang patut dikunjungi di Provinsi Jambi, yaitu: 

    Danau Gunung Tujuh 

    Danau Gunung Tujuh yang merupakan sebuah danau yang terletak di desa Pelompek, Kabupaten Kerinci, Jambi. Danau ini yang berlokasi di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung ini berada tepat di belakang Gunung Kerinci.

    Gunung Tujuh ini masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Seperti namanya, Danau Gunung Tujuh ini dikelilingi tujuh puncak gunung di Jambi. Tidak heran kalau tempat ini menjadi destinasi wisata yang menawarkan berbagai panorama keindahan.

    Selain itu juga gunung tujuh ini memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah daripada jalur wisata Gunung Kerinci. Danau Gunung Tujuh ini yang merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia, bahkan danau tertinggi di Asia Tenggara.

    Danau ini berada di ketinggian 1.950 mdp. Dengan ketinggian tersebut bisa kita bayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh ketika di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin yang merupakan tantangan tersendiri bagi para pendaki.

    Danau Kaco

    Danau Kaco adalah danau yang terletak di wilayah kabupaten Kerinci, Jambi. Tepatnya di desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Danau ini yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Danau Kaco ini merupakan situs warisan UNESCO.

    Danau kaco memiliki luas sekitar 90 m² dan juga memiliki kedalaman yang belum perlu diketahui peneliti. Danau ini memiliki ketinggian sekitar 1229 mdpl. Danau Kaco dapat memancarkan cahaya terang pada saat malam hari. Pancaran cahaya itu semakin terang pada saat malam bulan purnama atau tepatnya malam tanggal 15 penanggalan Hijriah.

    Warna air di danau ini adalah cyan atau hijau kebiruan yang sangat jernih dan berkilau ketika malam hari. Jika para wisatawan datang ke Danau Kaco pada saat malam bulan purnama tiba maka para wisatawan ini tidak perlu membawa alat bantu penerangan karena air danau ini dapat mengeluarkan cahaya yang sangat terang. 

    Gunung Kerinci

    Gunung Kerinci yang merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera dan gunung berapi tertinggi di Negara Indonesia. Gunung Kerinci memiliki ketinggian sekitar 3.805 mdpl. Gunung ini juga menjadi batas antara wilayah Suku Kerinci dengan suku Etnis Minangkabau yang dikelilingi oleh hutan yang lebat Taman Nasional Kerinci Seblat. Di mana Taman Nasional Kerinci Seblat ini yang menjadi habitat Harimau Sumatera dan juga Badak Sumatera. 

    Candi Muaro Jambi

    Candi Muaro Jambi yang merupakan sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di asia tenggara, dengan luas sekitar 3981 hektar. Kompleks percandian ini yang terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya berlokasi di tepi Batanghari, sekitar 26 kilometer dari arah timur Kota Jambi.

    Candi Muara Jambi adalah sebuah kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di pulau Sumatera. Dan sejak pada tahun 2009 Kompleks Candi Muaro Jambi telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadikan Situs Warisan Dunia. 

    Air Terjun Telun Berasap

    Air Terjun Telun Berasap yang merupakan salah satu dari begitu banyak jumlahnya air terjun yang terdapat di Wilayah Kabupaten Kerinci. Air terjun ini yang memiliki ketinggian kurang lebih Sekitar 50 Meter. Sumber air dari Air Terjun Telun Berasap adalah Air Terjun berasal dari Gunung Tujuh, yaitu air terjun yang mengalir melalui bibir Danau Gunung Tujuh yang terdapat di atas puncak Gunung Tujuh. Air Terjun Telun Berasap ini terdapat di Telun Berasap, Gunung Tujuh, Kerinci.

    Air Terjun Telun Berasap juga menawarkan banyak panorama keindahan alam yang asri. Masyarakat setempat memberikan nama telun berasap karena keunikan air terjun telun tersebut yang selalu diselimuti oleh kabut air yang seolah-olah menyerupai seperti asap putih.

    Akibatnya derasnya air yang terempas ke batu dan juga menguap. Keunikan lain dari Air Terjun Telun Berasap yaitu terdapat sebuah gua yang sangat luas tepatnya di balik air terjun tersebut. Namun karena derasnya Air Terjun Telun Berasap yang membuat belum ada orang yang masuk untuk menelusuri gua tersebut secara keseluruhan.

    Demikian Ulasan tentang 5 Obyek Wisata Yang Berada di Kota Jambi, Semoga Artikel ini sangat bermanfaat bagi anda semua.

     

    Sumber : Paket Wisata Labuan Bajo

    Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.