x

Penyerahan dana dari Pemkot Bandung ke Masjid

Iklan

indra margana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Oktober 2022

Senin, 17 Oktober 2022 07:41 WIB

Pemerintah Kota Bandung Anggarkan Dana untuk Memakmurkan Masjid

Pemerintah Kota Bandung makmurkan masjid di Bandung dengan bantuan dana

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pemerintah Kota Bandung mengeluarkan anggaran dana khusus diperuntukkan untuk masjid di Bandung, kamis (13/1022). Anggaran dana ini ditujukan untuk memakmurkan setiap masjid di Bandung melalui koordinasi dengan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. Adanya anggaran ini diharapkan masjid akan menjadi poros peradaban umat seperti masa kenabian, yang dapat dilihat dari kegiatan pusat keagamaan meliputi pendidikan, ekonomi, sosial dan lainnya secara mudah diakses oleh masyarakat di masjid.

Pemerintah Kota Bandung menurut Nu’man Kamil, selaku kepala KUA di Buah Batu, rutin mengadakan tarawih keliling masjid di Bandung. Kegiatan tersebut ditujukan untuk survei dan silaturahmi dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang ada di Bandung. Pemkot Bandung cukup cepat menanggapi permasalahan masjid, karena pemkot Bandung menilai sedikitnya jamaah yang menghadiri shalat berjamaah, salah satu faktornya ialah karena biaya operasional masjid belum memadai. 

Masjid harus mempunyai identification (ID) yang terdaftar di Kementerian Agama Kota Bandung sebagai syarat pendistribusian anggaran. “ID itu tentang kondisi objektif profil masjid. Kan lengkap tuh, nama masjid, alamat, IMB-nya, sertifikatnya, jamaahnya berapa. Gitu kan, ada semua disitu. Yang namanya profil itu kan sangat banyak isinya,” ujar Nu’man Kamil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nu’man Kamil mengatakan bagi masjid yang belum mempunyai ID yang terdaftar di Kemenag Bandung dapat mengajukan pendaftaran ke Departemen Agama Kota Bandung. Pencatatan data masjid tersebut ditujukan agar pendistribusian tidak salah sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah pendistribusian, KUA setempat melakukan monitoring terhadap masjid di Bandung, khususnya masjid yang telah mendapatkan anggaran dari pemerintah. Monitoring tersebut meliputi pertama, operasional masjid. Kedua, status tanah. Ketiga, pemateri.

“Harapan bapak dari anggaran pemerintah tadi. Satu, jamaahnya penuh. Dua, pengurusnya juga cermat mendatangkan pemateri, sehingga jamaah wawasannya luas, tidak fanatik, terus perhatian dari pemerintahpun ada dan merata,” ujar Nu’man Kamil

Anggaran tersebut dibagikan saat tarawih keliling yang dilakukan oleh Pemkot Bandung dan KUA setempat setelah melalui proses survei dan verifikasi data yang telah ditentukan oleh Pemkot Bandung, anggaran tersebut sejumlah uang tunai sebesar Rp 5-20 juta.

Ikuti tulisan menarik indra margana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB