x

Iklan

aurel zettirah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Oktober 2022

Senin, 31 Oktober 2022 06:14 WIB

Perjalanan Cinta Hamid dan Zainab dalam Novel Di Bawah Lindungan Kakbah

Novel ini menceritakan tentang perjalanan kisah kasih Hamid dan Zainab dengan nuansa islami.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

IDENTITAS NOVEL

  • Judul: Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Penulis: Hamka
  • Penerbit: Gema Insani
  • Jumlah Halaman: 91 Halaman
  • Cetakan: Pertama
  • Harga Buku: Rp 38.000

SINOPSIS

Novel ini menceritakan tentang seorang pemuda yatim yang miskin, bernama Hamid, jatuh cinta terhadap teman sebayanya yang kaya dan rupawan, bernama Zainab. Sayangnya, perbedaan latar belakang sosial dan ekonomi menjadi penghalang bagi cinta mereka. Karena perbedaan yang sangat tinggi di hadapan mereka, Hamid memilih untuk merelakan cintanya dan menuruti permintaan ibunda Zainab, Mak Asiah, untuk meluluhkan hati Zainab menikahi pemuda lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Orangtua Zainab tak menyetujui hubungannya dengan Hamid karena perbedaan status sosial. Usai dijebak pada sebuah kasus perzinaan dan diusir dari desa, Hamid bersumpah untuk menunggu Zainab selamanya. Puncak kepedihan hatinya ketika ibunya, Asiah, mengatakan kepadanya bahwa Zainab akan dijodohkan dengan pemuda lain yang dekat dengan almarhum suaminya. Bahkan, Mak Asiah meminta Hamid untuk membujuk Zainab agar mau menerima pemuda pilihannya. Bagai raga tanpa jiwa, Hamid melarikan remuk redam hatinya ke tanah suci, Mekah, la berharap Sang Pemilik jiwa, Allah SWT, berkenan membasuh luka hati dengan kasih sayang-Nya.

UNSUR INTRINSIK NOVEL

• Tema: Percintaan dalam nuansa Islami

• Alur: Maju-mundur

• Latar tempat: Kantor, rumah Zainab, mekkah, kampung Hamid, rumah paman Zainab, sekolah

• Latar suasana: Sedih, gembira, takut, haru

UNSUR EKSTRINSIK NOVEL

• Sosial Agama: Dari jalan cerita, yang diceritakan pengarang yaitu seorang muslim.

• Sosial Ekonomi: Keadaan ekonomi dalam novel tersebut menggambarkan seorang pria yang kurang mampu dan selalu rendah hati.

• Sosial Budaya: Dalam novel ini, memiliki kebudayaan yang sangat kental.

KEKURANGAN NOVEL

Terdapat beberapa kata yang sulit dipahami sehingga perlu dibaca berulang-ulang. Isi cerita dari novel ini tidak sempurna (jalan cerita bertele-tele), dan akhir ceritanya juga sulit di tebak oleh pembaca, menggunakan bahasa yang sangat baku, sehingga pembaca kesulitan untuk mengetahui maksud dari cerita.

KELEBIHAN NOVEL

Buku ini sangat tipis sehingga nyaman dibaca, tidak membosankan. Walaupun buku ini tipis namun didalamnya terdapat banyak pesan moral yang mendalam. Novel ini berkisah sederhana yang berkesan. Novel ini sangat menarik, karena menceritakan tentang seorang pemuda muslim. Dan mempunyai jalan cerita yang menarik sehingga menarik perhatian dan minat pembaca untuk untuk terus membaca sampai akhir cerita. Perwatakan tokoh mudah dimengerti, Menceritakan kehidupan para pemuda, Bersifat religi, novel ini sangat baik dibaca karena berkisahkan tentang seorang pemuda muslim, dan kisahnya yang begitu religius.

 

Ikuti tulisan menarik aurel zettirah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu