x

Peta Timur Tengah. Wikipedia

Iklan

Vita Ditya Wardani

Penulis Indonesiana | Mahasiswa S2 Ekonomi dan Keuangan Syariah UI
Bergabung Sejak: 30 Oktober 2022

Senin, 31 Oktober 2022 07:26 WIB

Keberagaman Masyarakat Timur Tengah: Geografi, Demografi & Etnografi

Peradaban tertua di dunia didirikan di wilayah yang dikenal sebagai Timur Tengah sekitar tahun 3500 SM, di Mesopotamia (Irak). Peradaban Sumeria, Akkadia, Babilonia dan Asyur, semua berada di daerah ini. Setelah peradaban Sumeria dimulai, lembah Sungai Nil di Mesir Kuno disatukan di bawah pimpinan Firaun pada milenium ke-4 SM dan peradaban lainnya dengan cepat menyebar di kawasan bulan sabit subur (merujuk kepada kawasan separuh bulatan di rantau Mediterranean timur, termasuk lembah sungai Nil, Tigris dan Euphrates). Wilayah ini termasuk bahagian negara moden Israel, Lubnan, Jordan, Syria, Mesir utara, dan Iraq, dan pantai Laut Mediterranean terletak di sebelah baratnya) Laut Tengah bagian pesisir Barat, bangsa Fenisia dan Israel juga membangun pemerintahan mereka di wilayah ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peradaban tertua di dunia didirikan di wilayah yang dikenal sebagai Timur Tengah sekitar tahun 3500 SM, di Mesopotamia (Irak). Peradaban Sumeria, Akkadia, Babilonia dan Asyur, semua berada di daerah ini. Setelah peradaban Sumeria dimulai, lembah Sungai Nil di Mesir Kuno disatukan di bawah pimpinan Firaun pada milenium ke-4 SM dan peradaban lainnya dengan cepat menyebar di kawasan bulan sabit subur (merujuk kepada kawasan separuh bulatan di rantau Mediterranean timur, termasuk lembah sungai Nil, Tigris dan Euphrates). Wilayah ini termasuk bahagian negara moden Israel, Lubnan, Jordan, Syria, Mesir utara, dan Iraq, dan pantai Laut Mediterranean terletak di sebelah baratnya) Laut Tengah bagian pesisir Barat, bangsa Fenisia dan Israel juga membangun pemerintahan mereka di wilayah ini.

Dalam pertimbangan politik, Timur Tengah memiliki posisi strategis baik pada masa kolonialisme maupun setelahnya. Timur Tengah telah menjadi kawasan yang kaya sejarah sejak pertengahan abad ke-20 dan merupakan pusat terjadinya peristiwa-peristiwa dunia serta menjadi wilayah yang sangat sensitif dari segi kestrategisan lokasi, politik, ekonomi, kebudayaan dan keagamaan.

Timur Tengah adalah sebuah wilayah yang secara politis dan budaya merupakan bagian dari benua Asia atau Afrika-Eurasia.  Pusat wilayah ini adalah daratan di antara Laut Mediterania dan Teluk Persia serta wilayah yang memanjang dari Anatolia, Jazirah Arab dan Semenanjung Sinai. Kadang kala disebutkan juga area tersebut meliputi wilayah dari Afrika Utara di sebelah barat sampai dengan Pakistan di sebelah timur, dan Kaukasus dan/atau Asia Tengah di sebelah utara. Media, dan beberapa organisasi internasional (seperti PBB umumnya menganggap wilayah Timur Tengah adalah wilayah Asia Barat Daya (termasuk Siprus dan Iran ditambah dengan Mesir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Dipandang sebagai bagian dari Asia (Asia Barat Daya), Timur Tengah terletak di dalam zona tengah yang membentang di sepanjang benua raksasa ini, kira-kira antara garis lintang 20o– 40o LU yang berdampak kepada keringnya udara dan rendahnya curah hujan. Disebelah utara zona tengah ini terletak daratan Rusia yang luas. Di sebelah selatannya terdapat ujung-ujung semenanjung Asia, yang sebagian besar berada dalam kontrol Barat.

Kebanyakan sastra barat mendefinisikan Timur Tengah sebagai negara-negara di Asia Barat Daya, dari Iran (Persia) ke Mesir. Mesir dengan semenanjung Sinainya yang berada di Asia umumnya dianggap sebagai bagian dari Timur Tengah, walaupun sebagian besar wilayah negara itu secara geografi berada di Afrika Utara.

Kawasan Timur Tengah berada di tiga benua, yaitu Asia, Afrika dan Eropa. Selain itu, Timur Tengah juga berbatasan dengan laut dan selat yang strategis dan penting untuk jalur perdagangan, khususnya minyak.

Istilah 'Timur Tengah' mengarah kepada wilayah budaya, jadi tidak mempunyai batas tertentu. Secara garis besar, Timur Tengah dibatasi oleh negara Iran di bagian timur, Turki di bagian utara, dan Mesir di bagian barat. Kebalikan dari apa yang dibawakan oleh media massa, tidak semua negara di Timur Tengah didominasi oleh bangsa Arab yang beragama Islam, dan kehadiran bahasa Arab bukan penunjuk bahwa negara tersebut adalah bagian dari Timur Tengah. Dari 16 negara yang termasuk dalam definisi umum wilayah tersebut yang mayoritas berbahasa Arab ada 12 negara, sementara 8 negara yang umumnya dianggap sebagai bagian dari Dunia Arab berada di luar definisi wilayah umum Timur Tengah.

Peningkatan populasi penduduk di Timur Tengah terjadi pada tiap negara khususnya UEA dari 92.417 orang pada tahun 1960 menjadi 9.991.083 orang di tahun 2021. hal ini kontradiktif dengan luas wilayahnya yang lebih kecil dibandingkan negara tetangganya. Peningkatan ini baik sebagai akibat dari imigrasi atau lebih banyak kelahiran dari pada kematian, dapat berdampak pada sumber daya alam dan infrastruktur sosial. Hal ini dapat memberikan tekanan pada keberlanjutan suatu negara. Pertumbuhan penduduk yang signifikan akan berdampak negatif terhadap ketersediaan lahan untuk produksi pertanian, dan akan memperburuk permintaan pangan, energi, air, layanan sosial, dan infrastruktur. Di sisi lain, penurunan ukuran populasi - akibat lebih sedikit kelahiran daripada kematian, dan orang-orang yang pindah dari suatu negara - dapat memengaruhi komitmen pemerintah untuk mempertahankan layanan dan infrastruktur. (Source: World Development Indicators)

Timur Tengah identik dengan kehidupan masyarakat yang hidup dalam peradaban Islam, dan mayoritas masyarakatnya memang beragama Islam, baik Islam Sunni maupun Islam Syiah, namun ada juga agama lainnya seperti, Yudaisme, Kristen, Budha, Hindu serta agama minoritas seperti Baha'i, Yazdânism, Zoroastrianisme. Masyarakat di Timur Tengah juga memiliki suku yang sangat beragam antara lain suku Iran, suku Arab, suku Yunani, suku Yahudi, suku Berber, suku Assyria, suku Kurdi dan suku Turki. Ada dua etnis yang cukup dominan di Timur Tengah yaitu Etnis Arab dan Etnis Turki. Bahasa utama yang digunakan ialah bahasa Persia, Bahasa Arab, bahasa Ibrani, bahasa Assyria, bahasa Kurdi dan bahasa Turki.

Dari segi bahasa, Ada tiga bahasa di Timur Tengah bahasa Arab, Persia dan Turki, yang mewakili Afro-Asia dan Indo-Eropa. Bahasa pertama adalah bahasa Arab, yang paling luas dan resmi digunakan di semua negara-negara Arab. Bahasa ini juga digunakan di beberapa daerah tetangga sekitar di negara-negara Timur Tengah yang non-Arab.

Bahasa kedua yang paling banyak dipakai adalah bahasa Persia. Meskipun terbatas pada Iran dan beberapa daerah perbatasan di negara-negara tetangga, negara ini merupakan salah satu daerah terbesar dan paling padat penduduknya. Bahasa ini milik cabang Indo-Iran dari keluarga bahasa Indo-Eropa. Bahasa ini banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab (melalui Islam) dan bahasa Aram (pra-Arab lingua franca Timur Tengah).

Bahasa lisan ketiga yang paling banyak adalah bahasa Turki, terbatas ke Turki, yang juga merupakan salah satu daerah terbesar dan paling padat penduduknya di negara itu. Bahasa ini hadir di daerah di negara-negara tetangga. Bahasa ini adalah anggota bahasa Turki yang berasal dari Asia Tengah.

Timur Tengah mempunyai cadangan minyak mentah dalam jumlah besar, dan merupakan tempat kelahiran, dan pusat spiritual Islam, Kristen, Yahudi. Timur Tengah terdiri dari beragam tingkat ekonomi, mulai dari yang sangat miskin seperti Gaza dan Yaman, sampai dengan negara-negara yang sangat kaya seperti Qatar, UAE dan Arab Saudi. Struktur ekonomi negara-negara Timur Tengah berbeda. Beberapa negara sangat bergantung pada ekspor minyak (seperti Arab Saudi, UAE dan Kuwait), sementara yang lain memiliki basis ekonomi yang sangat beragam (seperti Siprus, Israel, Turki dan Mesir).

Mayoritas penduduk kawasan timur tengah diberkahi fisik yang cukup sempurna, dengan ras Kaukasian, mereka di anugerahi fisik yan besar seperti bangsa semit di arab, kepala yang besar dan tentunya volume otak yang besar, sehingga bisa mendorong untuk meningkatkan kecerdasan berpikir mereka, ini bisa dilihat dari banyaknya bangunan yang hebat seperti piramida di mesir yang tidak kalah bagusnya dengan bangunan yang dibuat oleh manusia zaman sekarang.

Industri wilayah Timur Tengah termasuk minyak dan produk minyak yang terkait, pertanian, kapas, ternak, susu, tekstil, produk kulit, instrumen bedah, peralatan pertahanan (senjata, amunisi, tank, kapal selam, pesawat tempur, dan rudal). Perbankan merupakan sektor penting dalam ekonomi, terutama dalam kasus dan Bahrain UEA. Dengan pengecualian dari Siprus, Turki, Mesir, Libanon dan Israel. Dalam tahun-tahun terakhir, negara-negara seperti UEA, Bahrain, dan Yordania mulai menarik lebih banyak wisatawan dengan meningkatkan fasilitas serta kebijakan pariwisata.

Timur tengah tidak terlepas dari isu internasional yang kerap melanda, beberapa disebutkan isu geopolitik yang sedang dihadapi, seperti isu di bidang Ekonomi misalnya yang sering dibahas ialah isu minyak.  Kawasan Timur Tengah sendiri menguasai 48,3 persen dari total cadangan minyak dunia. Timur Tengah menjadi tuan rumah lima ladang minyak terbesar di dunia yaitu Ghawar dan Safaniya di Arab Saudi, Burgan di Kuwait, serta Qurna-2 Barat dan Rumaila di Irak.

Isu lainnya ialah sosial politik yang meliputi pertikaian antar suku di kawasan Timur Tengah, perbatasan, dan intervensi asing. Isu pertikaian antar suku antara lain pertikaian antara Suku Kurdi dengan Suku Turki dan Arab. Isu perbatasan wilayah muncul karena perbatasan merupakan simbol kedaulatan dan kekuasaan suatu negara. Serta isu permasalahan ideologi, yaitu antara Sunni, Syiah, dan Yahudi yang ,uncul sejak abad ke-20 diakibatkan oleh dua mazhab besar Islam yaitu Sunni ayng diwakili oleh Arab Saudi dan Syiah yang diwakili oleh Iran.

Ikuti tulisan menarik Vita Ditya Wardani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB