x

Iklan

Adiatman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Selasa, 1 November 2022 09:30 WIB

Peran Profil Pelajar Pancasila dalam Membangun Karakter Peserta Didik

Pembelajaran tanpa nilai-nilai karakter pancasila akan membawa peserta didik ke jurang kehampaan pembelajaran yakni berilmu namun tak beradab. Sehingga sebagai guru atau pendidik seyogyanyalah terus menerus mengarahkan, mengingatkan serta mengatur strategi pembelajaran yang terintegrasi dan mengutamakan nilai-nilai karakter profil pelajar pancasila. Sehingga diharapkan peserta didik tidak hanya berilmu namun juga berakhlak mulia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Profil Pelajar Pancasila (P3) yang digaungkan  saat ini mampu mengubah perilaku dan motivasi para peserta didik ke arah yang lebih positif serta mendukung paradigma baru  berpusat pada peserta didik yang berkarakter.

Pembelajaran yang menguatkan karakter peserta didik akan mewujudkan proses pembelajaran bermakna dan holistik. Pembelajaran tersebut secara menyeluruh yang dapat membelajarkan dirinya dan orang lain, sehingga tercipta ekosistem kelas yang positif .

Peserta didik akan menyadari bahwa proses pembelajarannya akan terarah dan bermakna. Pembelajaran yang lebih menjunjung rasa kemanusiaan. Hal ini telah dijelaskan di dalam enam dimensi profil pelajar pancasila yakni, Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, kreatif dan bernalar kritis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ke-enam dimensi profil pelajar tersebut akan saling berkaitan dalam membentuk dan menguatkan karakter peserta didik. Pembelajaran yang dimulai dengan berdoa dan selanjutnya proses pembelajaran yang dilakukan melalui aktivitas-aktivitas yang mampu menstimulasi daya nalar kritis peserta didik,

Sehingga mereka mampu mengaktualisasikam teori yang diperolehnya dan berdampak  baik untuk dirinya maupun kepada orang lain serta mewujudkan sumber daya manusia yang berorentasi kepada nilai-nilai pancasila.

Selain itu, proses pemecahan masalah melalui diskusi baik antar individu maupun kelompok akan membuat pembelajaran terasa bermakna dan menantang yang mana merupakan perwujudan dari dimensi profil pelajar pancasila.

Hadirnya elemen-elemen tersebut dalam proses pembelajaran akan menciptakan proses  pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik dan tentunya pembelajaran akan berjalan lancar. Hal ini karena masing-masing peserta didik akan bertanggung jawab dengan hasil belajarnya serta proses saling menghargai antar peserta didik melalui konsep dimensi mandiri dan berakhlak mulia.

Para peserta didik begitu antusias dalam menyimak pembelajaran dan aktif berdiskusi dalam proses presentasi.  Tak ada saling menghujat apalagi saling menjatuhkan, mereka berkembang dan bertumbuh bersama dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Tentunya strategi ini tak lepas dari kemandirian peserta didik yang telah mampu meregulasi dirinya, baik dari segi perilaku maupun emosi.

Pembelajaran tanpa nilai-nilai karakter pancasila akan membawa peserta didik ke jurang kehampaan pembelajaran yakni berilmu namun tak beradab. Sehingga sebagai guru atau pendidik seyogyanyalah terus menerus mengarahkan, mengingatkan serta mengatur strategi pembelajaran yang terintegrasi dan mengutamakan nilai-nilai karakter profil pelajar pancasila. Sehingga diharapkan peserta didik tidak hanya berilmu namun juga berakhlak mulia.

Ikuti tulisan menarik Adiatman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan