Mahasiswa Unair-Undar Gelar FGD Cegah Stunting di Desa Mayangan, Jombang - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Kegiatan FGD di Balai Desa Mayangan, Rabu (9/11).

Dimas Bagus Aditya

Jadikan Jiwa Mudamu Mengukir Sejarah!
Bergabung Sejak: 14 Oktober 2021

Kamis, 10 November 2022 05:59 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa Unair-Undar Gelar FGD Cegah Stunting di Desa Mayangan, Jombang

    Desa Mayangan merupakan satu dari sepuluh lokus stunting di Kabupaten Jombang. Tak mengherankan jika di Desa Mayangan mendapatkan jatah mahasiswa MBKM Desa Emas agar desa itu dapat menurunkan angka stunting.

    Dibaca : 628 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    JOMBANG – Presiden Joko Widodo berharap pada tahun 2024 mendatang angka stunting dapat ditekan hingga 14 persen. Melalui instruksinya, Presiden Joko Widodo menekankan agar seluruh kalangan bekerja supaya kasus stunting di Indonesia dapat berkurang secara signifikan. Berkaca dari hal tersebut, maka BKKBN berkolaborasi dengan Forum Rektor Indonesia berusaha melakukan percepatan penurunan angka stunting dengan melibatkan mahasiswa dalam program MBKM Desa Emas.

    Desa Mayangan merupakan satu dari sepuluh desa lokus stunting di Kabupaten Jombang. Desa Mayangan mempunyai 175 keluarga beresiko stunting. Meski begitu, Desa Mayangan telah mengalami penurunan angka stunting dalam setahun terakhir yakni sebanyak 15 (lima belas) anak. Data stunting per 2022 didapat bahwa terdapat 18 anak dengan resiko stunting. Angka ini setidaknya menurun dari tahun sebelumnya, yakni 33 anak.

    Kegiatan Forum Group Discussion (FGD) bertajuk “Penurunan Percepatan Angka Stunting di Desa Mayangan” diharapkan dapat menyelaraskan apa saja hambatan dan kendala yang dihadapi oleh Desa Mayangan dalam menurunkan angka stunting. Hal ini senada dengan apa yang diucapkan oleh Dimas Bagus Aditya, selaku moderator dalam kegiatan itu.

    “Kami berharap kegiatan FGD dapat mengetahui apa saja faktor pendukung, faktor penghambat, dan kendala yang dihadapi oleh Desa Mayangan dalam menurunkan angka stunting,” ujar mahasiswa Unair asal Jombang itu, Rabu (9/11/2022).

    Kepala Desa Mayangan mendukung penuh upaya penurunan angka stunting didesanya. Dana APBD dianggarkan sedemikian rupa agar Desa Mayangan lepas dari bayang-bayang lokus stunting di Kabupaten Jombang.

    “Kami mendukung penuh upaya penurunan angka stunting di Desa Mayangan. APBD Desa Mayangan kami anggarkan sedemikian rupa agar Desa Mayangan terbebas dari lokus stunting di Kecamatan Jogoroto dan Kabupaten Jombang,” tandasnya.

    Kegiatan Forum Group Disscussion (FGD) Penurunan Percepatan Stunting di Desa Mayangan merupakan pilar pertama dari lima pilar yang ada di MBKM Desa Emas. Forum Group Disscussion (FGD) dihadiri oleh Perangkat Desa, Kader Posyandu, Kader Stunting. Acara ini digelar di Balai Desa Mayangan. (*)

    Ikuti tulisan menarik Dimas Bagus Aditya lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.