x

judul

Iklan

hizkia dasdinggo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 November 2022

Senin, 14 November 2022 06:37 WIB

Pengabdian Kepada Masyarakat Pembuatan Curriculum Vitae Berbasis Canva Di SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan

Bertempat di SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, sebagai salah satu bentuk implementasi ilmu yang didapat di Perguruan Tinggi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tangerang Selatan (02/11/2022) -- Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan Tema "PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TEKNIK INFORMATIKA PEMBUATAN CURRICULUM VITAE MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA" di SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, yang berlokasi di Jl. Griya Asri Raya No.7, Jelupang, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15323 pada hari Rabu.

kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dihadiri oleh 34 siswa dan siswi dari salah satu kelas 3 SMK Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Kegiatan ini disetujui oleh dosen pembimbing dari kelompok kami yaitu Bapak Joko Suwarno, S.Kom., M.Kom dan Kaprodi Universitas Pamulang yaitu Bapak Achmad Udin Zailani, S. Kom., M. Kom. Ketua PKM yaitu Hizkia Bayu Wijaya, serta 9 orang mahasiswa semester 5 yaitu Alvin Malik Ibrahim, Aghniatul Fiqriah, Elvan Apriyanto, Fajar Hardiansyah, Fifi Prasetia, Ilham Aji Pangestu, Indah Dwi Febriani, Lutherman Perdana Hulu, dan Seiman Gee.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan PKM ini dilakukan dengan beberapa rangkaian, Pertama pamaterian dilakukan mulai jam 07.00 WIB. Materi yang diberikan ialah pemahaman Currikulum Vitae dan aplikasi Canva secara Intermediate dan Advance. Materi yang disampaikan oleh Sdr. Hizkia, Alvin, serta Ilham adalah cara penulisan juga bagaimana menyusun CV yang baik di aplikasi Microsoft Word maupun di aplikasi Canva. Lalu peserta diberikan kesempatan untuk mempraktekan penyusunan CV melalui aplikasi canva di android yang dipandu oleh kami.
Proses pembuatan CV dimulai dari mendownload aplikasi Canva di Playstore dan pastinya kita wajib mempunyai akun, akun yang digunakan untuk pendaftaran pada aplikasi canva tersebut bisa menggunakan Gmail dan Facebook, lalu dilanjut dengan memilih template sesuai dengan keinginan kita. Kemudian isi biodata seperti nama, alamat, riwayat pendidikan, pengalaman, serta tidak lupa pula untuk upload foto profil pribadi pada CV yang dibuat agar lebih menarik. Setelah proses pengisian biodata selesai maka proses selanjutnya dilakukan penyimpanan dengan mengklik download maka secara otomatis file tamplate akan tersimpan pada penyimpanan smartphone kita, dengan demikian proses pembuatan curriculum viate telah selesai.

 

Acara selanjutnya yaitu mengadakan sebuah diskusi tanya jawab dan games, siswa siswi yang mampu menjawab dengan tepat akan diberikan sebuah hadiah berupa doorprize. Kemudian untuk games kami memilih CV paling menarik yang sudah dibuat. Tujuannya kami berharap semua peserta sudah mengerti materi yang diberikan, sehingga semua peserta bisa menjawab pertanyaan serta pemahaman alur penyusunan CV melalui aplikasi Canva.

Dengan memanfaatkan Teknologi informasi saat ini sebagai media untuk berinovasi dan berkreasi. Juga belajar tentang bagaimana memahami pembuatan CV dengan menggunakan aplikasi Canva. Oleh karena itu, kehadiran aplikasi Canva sebagai media pembuatan CV banyak manfaat yang bisa digunakan di era digital ini antara lain : Hemat waktu untuk mengatur format dan mengedit, menampilkan keterampilan anda dengan cara unik dan dapat menyimpan juga mengedit versi sebanyak yang diinginkan.

Pelatihan ini pun diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk peserta PKM dalam mengikuti perkembangan teknologi khususnya dalam membuat Curriculum vitae menggunakan aplikasi Canva. Kegiatan ini diakhiri sesi foto bersama serta pemberian kenang-kenangan dari pelaksana PKM kepada SMKN 6 Kota Tangerang Selatan yang diwakili oleh Bapak Yurri Matufira, S. Pd, M.T.

 

 

Ikuti tulisan menarik hizkia dasdinggo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler