5 Risiko Kesehatan Bermain Game Online Terlalu Lama - Urban - www.indonesiana.id
x

5 risiko kesehatan bermain game Online yang terlalu lama

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Kamis, 24 November 2022 08:31 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 5 Risiko Kesehatan Bermain Game Online Terlalu Lama

    Main game online di handphone tentu tidak bakal seru, Tapi kalau kelamaan main game, efeknya bagaimana ya, Teman Indonesiana? Kami akan membahas 5 risiko kesehatan bermain game yang terlalu lama

    Dibaca : 400 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Main game online di handphone tentu tidak bakal seru, Tapi kalau kelamaan main game, efeknya bagaimana ya, Teman Indonesiana? Kami akan membahas 5 risiko kesehatan bermain game yang terlalu lama, yuuk simak!

    1. Kecanduan Game Online

    Main game online di handphone yang berlebihan tentu tidak baik untuk teman Indonesiana. Salah satu efeknya adalah kecanduan jika bermain game berlebihan.

    Rasa candu bermain game online ini ditunjukkan dengan muncul obsesi bahwa kamu harus menyelesaikan misi game, mengumpulkan poin atau skor sebanyak-banyaknya, atau menjadi yang paling unggul dalam game online tersebut.

    Akibatnya, kamu yang bela-belain meninggalkan aktivitas rutin (mandi, makan, minum, ibadah) dan pekerjaan demi game online. Ketika kamu jeda sebentar dari game online, kamu jadi akan kurang fokus dan terus-terusan inget main game online. Tidak jarang, kamu juga akan merasakan stress dan cemas berlebihan kalo tidak bermain game online seharian. Betul engga guys?

    Dikutip dari situs Kompas.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan kecanduan main game online sebagai salah satu penyakit gangguan mental pada seseorang (mental disorder).

    2. Penggumpalan Sel darah

    Main game online dari Handphone dan komputer, enaknya sih duduk berlamaan sambil minum kopi. Mungkin kamu akan gerak ketika pergi toilet, makan, mandi, atau ibadah aja, Betul tidak ? Tapi ternyata, kebanyakan duduk akan dapat memicu penggumpalan darah di jantung dan juga otak.

    Dilansir dari situs mediacirebon.co, penggumpalan darah ini bisa terjadi karena darah yang ada di tubuh seseorang lebih banyak diam di bawah. Sementara, tubuh kita yang dirancang untuk mengikuti gravitasi, termasuk aliran darah pada bagian vena. Hasilnya, jika kamu berlamaan duduk, sel darah akan menggumpal dan menyumbat pada jantung atau otak.

    Penyakit yang muncul akibat dari penggumpalan darah yakni trombosis vena. Waduh guys! Kalo dari Jadimin sih, sesekali kamu stretching (peregangan), jalan-jalan atau olahraga untuk mengurangi rasa capej dan melancarkan aliran darah.

    3. Gangguan penglihatan

    Tidak hanya penggumpalan darah di area tertentu saja, main game online yang terlalu lama akan berpengaruh ke risiko kesehatan mata kamu.

    Iya sih, main game online ini memang menghilangkan rasa jenuh dan bosan. Tapi, mata kamu juga perlu istirahat biar otot matanya tidak terlalu tegang dan kelelahan.

    Main game online di HP selama berjam-jam akan bisa meningkatkan risiko gangguan penglihatan mata. Salah satunya adalah glaukoma. Gejala glaukoma ditandakan dengan sebagai berikut :

    - Mata menjadi kemerahan

    - Sakit mata

    - Penglihatan buram saat melihat ke arah samping

    - Melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu

    - Muncul penglihatan yang sempit (tunnel vision)

    Gejala ini muncul karena saraf mata kamu mengalami ketegangan dan letih. Karena terlalu intens bermain game online dan juga terkena paparan sinar biru dari layar smartphone, saraf mata menjadi mati (atrofi). Jadi, gimana dong?

    Kamu bisa beristirahat selama 20 menit sambil menggerakan badan. Bisa juga jalan-jalan keluar rumah, paling mentok ke halaman saja kalau memang ingin mengejar game sampai selesai. Jangan lupa, kedipin kedua mata kamu selama 30 detik biar mata rileks kembali.

    3. Cedera di bagian ibu jari dan pergelangan tangan

    Saat kamu main game online, area tangan beserta ibu jari, pergelangan tangan, dan 10 jarinya itu aktif semua. Khususnya jika kamu main game di PC atau komputer. Namun beda halnya kalo kamu bermain game online di handphone, tangan ibu jari kamu akan lebih intens memencet layarnya.

    Ternyata, anggota tubuh ini rentan mengalami cedera loh guys. Seperti di bagian ibu jari. Terlalu sering menekan tombol atau layar saat main game akan membuat area pangkal ibu jari menjadi bengkak. Ini karena tendon, jaringan ikat yang menghubungkan otot dan tulang kamu sedang mengalami radang. Kondisi yang seperti ini dinamakan De Quervain’s Tenosynovitis.

    Sementara itu, area pergelangan dan jari-jari tangan juga sangat rawan karena aktif pas bermain game online, Gejala pada umumnya sih berawal dari kesemutan. Perlahan-lahan akan menimbulkan rasa nyeri, lemah otot dan mati rasa.

    Penyebabnya karena posisi jari yang sering mengetik dan megang mouse saat bermain game yang tidak seimbang. Maka dari itu kalau duduk dalam jangka waktu yang cukup lama, area tangan kamu bisa terjadi penyempitan saraf. Kondisi yang seperti ini disebut dengan Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

    4. Gangguan tidur

    Yang sudah kecanduan bermain game online, ketika malam sudah tiba? Saatnya tidur. Bentar-bentar, kenapa ko mata masih tetap melek ya?

    Gangguan tidur sudah menjadi kondisi yang membuat kamu tidak nyaman selama kecanduan main game online. Ditambah lagi, handphone kamu yang diletakkan persis di sebelah kasur atau bantal. Selalu aja ada godaan untuk membuka unlock screen dan lanjut bermain game online.

    Efek dari pancaran cahaya sinar biru (bluelight) dari layar handphone, produksi melatonin, hormon yang ngontrol siklus tidur, menjadi tertahan. Maka dari itu, setelah bermain game di handphone, kamu akan mengalami kesulitan tidur.

    Akibatnya, kualitas tidur kamu akan menurun. Badan tidak segar ketika bangun pagi. Waduh bahaya guys!

    5. Gangguan pada otot leher

    Kepala keseringan nunduk ke bawah pas main game online, lama-lama akan membuat otot leher tegang. Kamu pernah merasakan hal ini kan leher jadi kaku dan nyeri? Kondisi seperti ini disebut dengan Text Neck Syndrome yang kami rangkum dari situs Slot Deposit Dana.

     

    Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.