Malas Membaca? Metode SQ3R Soulisinya!

Rabu, 30 November 2022 16:19 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

SQ3R merupakan teknik membaca pemahaman yang banyak dikenal dan lazim digunakan dalam membaca studi, Karena bisa membuat membaca lebih efektif.

Di era sekarang tak jarang anak muda bosan dengan membaca, sedangkan keterampilan membaca merupakan salah satu alat yang sangat ampuh untuk memperoleh berbagai macam informasi tertentu, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, membaca adalah kebutuhan dasar bagi masyarakat maju. Demikian pula dalam dunia pendidikan, peranan membaca sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa. Hal ini dapat dibuktikan bahwa semakin kalian banyak membaca, semakin tinggi pula pengetahuan yang dimiliki.

Salah satu teknik membaca yang ingin  diterapkan dalam pengajaran membaca adalah dengan teknik SQ3R, karena teknik ini dianggap efektif jika digunakan dalam pengajaran membaca. Dengan menggunakan teknik membaca SQ3R pembaca lebih cepat menguasai keseluruhan isi bahan bacaan tersebut dalam waktu yang relatif singkat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelumnya, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bahwa SQ3R merupakan singkatan dari (Survey, Question, Read, Recite, Review), penerapan metode SQ3R dalam membaca menurut Amin (2022: 534) dilakukan untuk dapat membaca dengan baik yakni membaca dengan benar-benar memahami isi bacaan dari sejumlah teknik membaca yang ada.

SQ3R merupakan teknik membaca pemahaman yang banyak dikenal dan lazim digunakan dalam membaca studi. Meskipun teknik SQ3R merupakan suatu teknik atau strategi membaca buku yang terutama ditujukan untuk kepentingan studi, namun juga dapat diterapkan untuk kepentingan strategi atau teknik pengajaran membaca di sekolah, terutama siswa-siswa yang sudah tergolong membaca tingkat lanjut.

Adapun berikut langkah-langkah menggunakan metode SQ3R. Pertama survey, kita harus  melakukan review teks atau bacaan untuk mendapatkan makna awal dari judul, tulisan-tulisan, bagan-bagan maupun bentuk lainnya. Kedua Question, disini kita mulai membuat pertanyaan-pertanyaan tentang bacaan yang telah kita pelajari dari hasil pembelajaran awal.

Ketiga Read, Ketika kita membaca kita harus mencari jawaban-jawaban atas beragam pertanyaan yang telah di formulasikan saat mereview teks sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan ini didasarkan pada struktur teks yang akan membantu konsentrasi dan fokus kita.

Keempat Recite, ketika kita tengah melewati teks itu, kita harus membacakan dan melakukan pengulangan terhadap jawaban-jawaban atas beragam pertanyaan yang telah dibuat dan membuat catatan mengenai jawaban yang telah kita tulis untuk pembelajaran selanjutnya.

Kelima Review, setelah selesai membaca dan mempelajarinya, kita melakukan review teks untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya dengan mengingat kembali peragam pertanyaan yang telah kita jawab sebelumnya.

Metode ini menurut Tarigan (1994: 35) merupakan suatu rencana membaca yang terdiri dari mensurvei isi, membuat pertanyaan, membaca isi, menceritakan isi bacaan dan meninjau kembali bacaan. Dengan demikian, diharapkan dengan metode ini para pembaca dapat lebih mudah memahami isi teks bacaan. 

Di era sekarang tak jarang anak muda bosan dengan membaca, sedangkan keterampilan membaca merupakan salah satu alat yang sangat ampuh untuk memperoleh berbagai macam informasi tertentu, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, membaca adalah kebutuhan dasar bagi masyarakat maju. Demikian pula dalam dunia pendidikan, peranan membaca sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa. Hal ini dapat dibuktikan bahwa semakin kalian banyak membaca, semakin tinggi pula pengetahuan yang dimiliki.

Salah satu teknik membaca yang ingin  diterapkan dalam pengajaran membaca adalah dengan teknik SQ3R, karena teknik ini dianggap efektif jika digunakan dalam pengajaran membaca. Dengan menggunakan teknik membaca SQ3R pembaca lebih cepat menguasai keseluruhan isi bahan bacaan tersebut dalam waktu yang relatif singkat.

Sebelumnya, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bahwa SQ3R merupakan singkatan dari (Survey, Question, Read, Recite, Review), penerapan metode SQ3R dalam membaca menurut Amin (2022: 534) dilakukan untuk dapat membaca dengan baik yakni membaca dengan benar-benar memahami isi bacaan dari sejumlah teknik membaca yang ada.

SQ3R merupakan teknik membaca pemahaman yang banyak dikenal dan lazim digunakan dalam membaca studi. Meskipun teknik SQ3R merupakan suatu teknik atau strategi membaca buku yang terutama ditujukan untuk kepentingan studi, namun juga dapat diterapkan untuk kepentingan strategi atau teknik pengajaran membaca di sekolah, terutama siswa-siswa yang sudah tergolong membaca tingkat lanjut.

Adapun berikut langkah-langkah menggunakan metode SQ3R. Pertama survey, kita harus  melakukan review teks atau bacaan untuk mendapatkan makna awal dari judul, tulisan-tulisan, bagan-bagan maupun bentuk lainnya. Kedua Question, disini kita mulai membuat pertanyaan-pertanyaan tentang bacaan yang telah kita pelajari dari hasil pembelajaran awal.

Ketiga Read, Ketika kita membaca kita harus mencari jawaban-jawaban atas beragam pertanyaan yang telah di formulasikan saat mereview teks sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan ini didasarkan pada struktur teks yang akan membantu konsentrasi dan fokus kita.

Keempat Recite, ketika kita tengah melewati teks itu, kita harus membacakan dan melakukan pengulangan terhadap jawaban-jawaban atas beragam pertanyaan yang telah dibuat dan membuat catatan mengenai jawaban yang telah kita tulis untuk pembelajaran selanjutnya.

Kelima Review, setelah selesai membaca dan mempelajarinya, kita melakukan review teks untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya dengan mengingat kembali peragam pertanyaan yang telah kita jawab sebelumnya.

Metode ini menurut Tarigan (1994: 35) merupakan suatu rencana membaca yang terdiri dari mensurvei isi, membuat pertanyaan, membaca isi, menceritakan isi bacaan dan meninjau kembali bacaan. Dengan demikian, diharapkan dengan metode ini para pembaca dapat lebih mudah memahami isi teks bacaan. 

Di era sekarang tak jarang anak muda bosan dengan membaca, sedangkan keterampilan membaca merupakan salah satu alat yang sangat ampuh untuk memperoleh berbagai macam informasi tertentu, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, membaca adalah kebutuhan dasar bagi masyarakat maju. Demikian pula dalam dunia pendidikan, peranan membaca sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa. Hal ini dapat dibuktikan bahwa semakin kalian banyak membaca, semakin tinggi pula pengetahuan yang dimiliki.

Salah satu teknik membaca yang ingin  diterapkan dalam pengajaran membaca adalah dengan teknik SQ3R, karena teknik ini dianggap efektif jika digunakan dalam pengajaran membaca. Dengan menggunakan teknik membaca SQ3R pembaca lebih cepat menguasai keseluruhan isi bahan bacaan tersebut dalam waktu yang relatif singkat.

Sebelumnya, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bahwa SQ3R merupakan singkatan dari (Survey, Question, Read, Recite, Review), penerapan metode SQ3R dalam membaca menurut Amin (2022: 534) dilakukan untuk dapat membaca dengan baik yakni membaca dengan benar-benar memahami isi bacaan dari sejumlah teknik membaca yang ada.

SQ3R merupakan teknik membaca pemahaman yang banyak dikenal dan lazim digunakan dalam membaca studi. Meskipun teknik SQ3R merupakan suatu teknik atau strategi membaca buku yang terutama ditujukan untuk kepentingan studi, namun juga dapat diterapkan untuk kepentingan strategi atau teknik pengajaran membaca di sekolah, terutama siswa-siswa yang sudah tergolong membaca tingkat lanjut.

Adapun berikut langkah-langkah menggunakan metode SQ3R. Pertama survey, kita harus  melakukan review teks atau bacaan untuk mendapatkan makna awal dari judul, tulisan-tulisan, bagan-bagan maupun bentuk lainnya. Kedua Question, disini kita mulai membuat pertanyaan-pertanyaan tentang bacaan yang telah kita pelajari dari hasil pembelajaran awal.

Ketiga Read, Ketika kita membaca kita harus mencari jawaban-jawaban atas beragam pertanyaan yang telah di formulasikan saat mereview teks sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan ini didasarkan pada struktur teks yang akan membantu konsentrasi dan fokus kita.

Keempat Recite, ketika kita tengah melewati teks itu, kita harus membacakan dan melakukan pengulangan terhadap jawaban-jawaban atas beragam pertanyaan yang telah dibuat dan membuat catatan mengenai jawaban yang telah kita tulis untuk pembelajaran selanjutnya.

Kelima Review, setelah selesai membaca dan mempelajarinya, kita melakukan review teks untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya dengan mengingat kembali peragam pertanyaan yang telah kita jawab sebelumnya.

Metode ini menurut Tarigan (1994: 35) merupakan suatu rencana membaca yang terdiri dari mensurvei isi, membuat pertanyaan, membaca isi, menceritakan isi bacaan dan meninjau kembali bacaan. Dengan demikian, diharapkan dengan metode ini para pembaca dapat lebih mudah memahami isi teks bacaan. 

Di era sekarang tak jarang anak muda bosan dengan membaca, sedangkan keterampilan membaca merupakan salah satu alat yang sangat ampuh untuk memperoleh berbagai macam informasi tertentu, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, membaca adalah kebutuhan dasar bagi masyarakat maju. Demikian pula dalam dunia pendidikan, peranan membaca sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa. Hal ini dapat dibuktikan bahwa semakin kalian banyak membaca, semakin tinggi pula pengetahuan yang dimiliki.

Salah satu teknik membaca yang ingin  diterapkan dalam pengajaran membaca adalah dengan teknik SQ3R, karena teknik ini dianggap efektif jika digunakan dalam pengajaran membaca. Dengan menggunakan teknik membaca SQ3R pembaca lebih cepat menguasai keseluruhan isi bahan bacaan tersebut dalam waktu yang relatif singkat.

Sebelumnya, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bahwa SQ3R merupakan singkatan dari (Survey, Question, Read, Recite, Review), penerapan metode SQ3R dalam membaca menurut Amin (2022: 534) dilakukan untuk dapat membaca dengan baik yakni membaca dengan benar-benar memahami isi bacaan dari sejumlah teknik membaca yang ada.

SQ3R merupakan teknik membaca pemahaman yang banyak dikenal dan lazim digunakan dalam membaca studi. Meskipun teknik SQ3R merupakan suatu teknik atau strategi membaca buku yang terutama ditujukan untuk kepentingan studi, namun juga dapat diterapkan untuk kepentingan strategi atau teknik pengajaran membaca di sekolah, terutama siswa-siswa yang sudah tergolong membaca tingkat lanjut.

Adapun berikut langkah-langkah menggunakan metode SQ3R. Pertama survey, kita harus  melakukan review teks atau bacaan untuk mendapatkan makna awal dari judul, tulisan-tulisan, bagan-bagan maupun bentuk lainnya. Kedua Question, disini kita mulai membuat pertanyaan-pertanyaan tentang bacaan yang telah kita pelajari dari hasil pembelajaran awal.

Ketiga Read, Ketika kita membaca kita harus mencari jawaban-jawaban atas beragam pertanyaan yang telah di formulasikan saat mereview teks sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan ini didasarkan pada struktur teks yang akan membantu konsentrasi dan fokus kita.

Keempat Recite, ketika kita tengah melewati teks itu, kita harus membacakan dan melakukan pengulangan terhadap jawaban-jawaban atas beragam pertanyaan yang telah dibuat dan membuat catatan mengenai jawaban yang telah kita tulis untuk pembelajaran selanjutnya.

Kelima Review, setelah selesai membaca dan mempelajarinya, kita melakukan review teks untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya dengan mengingat kembali peragam pertanyaan yang telah kita jawab sebelumnya.

Metode ini menurut Tarigan (1994: 35) merupakan suatu rencana membaca yang terdiri dari mensurvei isi, membuat pertanyaan, membaca isi, menceritakan isi bacaan dan meninjau kembali bacaan. Dengan demikian, diharapkan dengan metode ini para pembaca dapat lebih mudah memahami isi teks bacaan.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Meilisna Maulina

Mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra indonesia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua