Efektivitas E-Mail sebagai Saluran Media dalam Penerapan Komunikasi Bisnis - Urban - www.indonesiana.id
x

Email sebagai sarana komunikasi bisnis

Alfina Nur Eka Damayanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Desember 2022

Minggu, 4 Desember 2022 07:51 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Efektivitas E-Mail sebagai Saluran Media dalam Penerapan Komunikasi Bisnis

    Email adalah salah satu saluran media komunikasi tertulis yang sering dipakai dalam bisnis. Email digunakan untuk mengirimkan surat undangan atau hanya sekadar memberitahukan informasi terkini seputar perusahaan.

    Dibaca : 1.565 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Seiring perkembangan zaman, terdapat perubahan perubahan yang terjadi seperti demam internet yang terus melanda dunia usaha. Kini dapat diperkirakan bahwa orang pribadi maupun badan usaha yang tergabung di internet telah mencapai lebih dari 500 juta. Pada umumnya, orang pribadi dan badan usaha yang tergabung dalam lingkungan internet tersebut telah terbiasa untuk memanfaatkan fitur dan aplikasi yang tersedia di internet, seperti email, mailing list, web, blog dan situs jejaring sosial.

    Dalam sejarah masyarakat manusia teknologi komunikasi dan informasi, khususnya internet dan media lainnya sebagai “produk” dari perkembangan teknologi komunikasi telah mengubah dunia menjadi sebuah desa global (global village) yang mampu diakses oleh setiap individu yang ada disetiap belahan dunia dalam hitungan detik, yang tak mungkin dicapai hanya dengan berbicara dalam jarak yang normal. Internet telah berkembang menjadi sebuah teknologi yang tidak saja mampu mentransmisikan berbagai informasi, namun juga telah mampu menciptakan dunia baru dalam realitas kehidupan manusia, yaitu sebuah realitas materialistis yang tercipta dalam dunia maya.

    Komunikasi memiliki berbagai macam tujuan dan harapan. Salah satu tujuan dari komunikasi adalah menyampaikan informasi tentang suatu produk dalam bisnis. Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang terdiri atas berbagai macam bentuk komunikasi baik verbal maupun non verbal untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan kepentingan bisnis pelaku komunikasi tersebut (Djoko Purwanto, 2011). 

    Pengguna badan usaha telah memanfaatkan fitur web untuk membangun situs bisnis untuk memperkenalkan produk, maupun memberikan layanan informasi dan transaksi, serta email dan mailing list untuk komunikasi bisnis. Sedangkan pengguna perorangan telah memanfaatkan email dan aplikasi jejaring sosial untuk memperluas relasi dan memperlancar komunikasi.

    Email merupakan salah satu alat komunikasi yang dapat mengirimkan pesan dengan cepat (Ali & David, 2014). Email dapat mengakomodir kebutuhan pengiriman dokumen, gambar, maupun video yang diperlukan dalam menjalani bisnis maupun pemasaran. 

    Fitur email telah dikenal sebagai salah satu fasilitas yang tersedia di dalam internet yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran, khususnya promosi dengan biaya yang sangat murah. Namun, tidak semua pemilik alamat email mau menerima email promosi. Kenyataannya sebagian orang atau badan usaha merasa terganggu, bahkan mereka menganggap email promosi sebagai sampah, sehingga tidak banyak orang atau badan usaha memberitahukan secara luas alamat emailnya. Selain itu, sejumlah aplikasi email, seperti Yahoo dan GMail juga membatasi jumlah pengiriman email, sehingga kesempatan para pemasar untuk mengirimkan email promosi secara gencar akan terhambat. Oleh karena itu, pentingnya mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dalam menyampaikan ide atau gagasan, informasi kolaborasi antar perusahaan agar terciptakan hubungan yang harmonis antara pemberi informasi dengan penerima informasi.

    Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa para pengguna perorangan maupun badan usaha yang memanfaatkan program internet E-Mail dinilai efektif dalam menerapkan proses komunikasi bisnis, juga sebagai salah satu contoh komunikasi bisnis verbal yang berbentuk tulisan. Pada saat menyampaikan informasi melalui E-Mail ini komunikator menyampaikan informasi kepada komunikan yang diharapkan informasi tersebut diterima dengan baik oleh komunikan sehingga menciptakan hubungan timbal balik (feedback).

    Disimpulkan bahwa E-Mail sebagai salah satu sarana saluran komunikasi bisnis digunakan membantu adanya penyampaikan pesan atau infromasi terhadap komunikan dengan tepat dan akurat tanpa tidak ada orang lain yang mengetahui, lebih cepat penyampainnya, dan dapat berupa rahasia. Email dapat mempermudah kita untuk mendapatkan dan menyimpan informasi rahasia, kontak dalam alat media komunikasi. Selain itu dalam kecepatan dan efisiensi, kemampuan untuk menjangkau pelanggan, teman kerja dan vendor secara cepat dapat meningkatkan efisiensi dari operasi bisnis lainnya.

     

    Alfina Nur Eka Damayanti
    Mahasiswi Universitas Pamulang
    Program Studi Akuntansi Program Sarjana
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis

    Ikuti tulisan menarik Alfina Nur Eka Damayanti lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 465 kali